5 Cara Mencegah Datangnya Maag Saat Lagi Berpuasa

5 Cara Mencegah Datangnya Maag Saat Lagi Berpuasa 1

Mempunyai maag saat berpuasa memang sulit jika yang tidak kuat menahannya. Karena itu baiknya kamu harus mengetahui bagaiman mencegah maag saat kamu pada saat kamu sedang berpuasa. Penyakit maag menyerang bagian dari sistem pencernaan kita, untuk menyembuhkan penyakit ini masih bisa diatasi tetapi jika kamu tidak mengatasi penyakit ini dari awal maka akan semakin berbahaya buat kesehatanmu.

5 Cara Mencegah Datangnya Maag Saat Lagi Berpuasa 3

Pada saat berpuasa memang sulit untuk menyembuhkan penyakit maag ini karena tidak boleh makan dan minum dalam beberapa jam sehingga kamu harus menahan rasa sakit seharian sampai jam berbuka puasa, karena itu kami memiliki 5 cara mencegah datangnya maag saat kamu sedang berpuasa.

1. Konsumsi Makanan Yang Berserat Tinggi

Makanan yang mengandung kaya serat akan membuat kamu lebih kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlebih lagi kamu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

2. Tidak Melewatkan Waktu Sahur

Kebanyakan orang karena sudah tidur pulas biasanya akan melewati waktu sahur, padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan saat berpuasa apalagi buat kamu yang penderita maag. Penyakit maag bisa kambuh kapan saja jika perutmu kosong, karena itu manfaatkan waktu sahurmu dengan mengisi perutmu bila kamu penderita maag.

3. Hindari Minuman Bersodan dan Berkafein

Waktu berpuasa juga kamu harus memperhatikan minuman yang akan kamu minum saat berbuka dan sahur. Yang perlu kamu hindari adalah minuman yang mengandung soda dan kafein seperti kopi, teh dan minuman dalam kemasan. Baiknya kamu mengkonsumsi minuman air putih minimal 8 gelas sehari.

4. Hindari Makanan Yang Membuat Maag Kambuh

Hindari makanan yang berlemak seperti goreng – gorengan, dan yang manis – manis seperti kue tart, yang bersantan dan berkeju. Terlebih lagi makanan yang pedas karena dapat merusak lapisan pada lambung dalam tubuhmu. Makanan seperti mie juga wajib kamu hindari karena lambungmu bisa saja terluka.

5. Makan Dengan Porsi Yang Secukupnya

Saat berbuka puasa bukan berarti kamu harus makan dengan makanan dalam porsi yang besar. Terlalu banyak mengisi perutmu akan membuat lambungmu terasa penuh dan itu tidak baik untuk kesehatanmu karena saat bulan puasa pola makan dan semuanya berubah total. Berbuka puasa sebaiknya dalam porsi yang kecil saja kemudian kamu bisa lanjutkan makan dengan porsi normal nanti pada saat setelah kamu sholat magrib. Dan satu hal yang penting buat kamu perhatikan adalah saat mengkonsumsi makanan sebaiknya kamu makan secara perlahan agar proses mencerna bisa di cerna secara baik dan lancar.

Inilah beberapa cara mencegah maag saat bulan puasa terlebih lagi buat kamu yang punya masalah maag tersebut. Semoga ini bisa bermanfaat dan bisa kamu coba lakukan.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng