5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan !


5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 1

Merangsang kecerdasan sang anak bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah melalui kegiatan menggambar dan mewarnai. Biasanya anak – anak sangat menyukai kegiatan tersebut, namun ada juga beberapa anak yang cepat merasa bosan dengan kegiatan ini. Namun dengan belajar menggambar dan mewarnai juga bisa membuat sang anak menjadi lebih kreatif serta melatih kemampuan kognitif dan menstimulasi kemampuan motoriknya.  Karena itu, belajar menggambar dan mewarnai memang memiliki banyak sekali manfaat untuk si kecil, lalu bagaimana cara yang tepar untuk mengajarkan anak mewarnai dan menggambar serta tidak membuat mereka cepat bosan ? Berikut 5 caranya !

1. Peralatan Yang Menarik

5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 3

Agar sang anak lebih semangat lagi dalam belajar menggambar dan mewarnai, ada baiknya para orang tua memilihkan peralatan gambar yang menarik dan lucu. Mungkin para orang tua bisa melibatkan si buah hati untuk memilih sendiri buku gambar, pensil warna, atau krayon agar dia lebih semangat lagi dalam belajar. Pilihlah juga alat gambar yang sesuai dengan usia anak, contohnya seperti non – toxic crayon untuk anak usia dini atau pensil warna dengan grip segitiga agar kemampuan menulisnya semakin berkembang.

2. Kenalkan Gambar Yang Sederhana

5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 4

Untuk lebih mengasah kemampuan si buah hati dalam hal menggambar dan mewarnai, para orang tua bisa mengajarkanya dengan memilih konsep gambar yang sederhana terlebih dahulu. Misalnya dengan mengenalkan dia bentuk gambar kotak, lingkaran atau segitiga. Para orang tua bisa membimbing tangan si kecil untuk menggambar bersama, setelah agak mahir, barulah memintanya untuk menggambar dengan sendiri. Dan perlu diingat bahwa para orang tua harus selalu sabar dalam mengajarinya agar dia tidak takut dan tetap bisa berkonsentrasi dan selalu motivasi sang anak agar dia lebih tertantang untuk membuat gambar dengan lebih baik lagi.

3. Ajarkan Warna Melalui Lingkungan Sekitar

5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 5

Kemampuan imajinasi yang dimiliki oleh sang anak tentang berbagai hal memang terkadang membuatnya senang mengaplikasikan ke beragam warna pada gambar yang dia buat. Hal ini sebenarnya tidak salah, tetapi para orang tua juga harus mengarahkan si buah hati untuk belajar mewarnai sesuai dengan alam sekitarnya agar warna yang diberikan bisa lebih sesuai dengan objek yang dia gambar. Karena itu, para orang tua bisa mulai mengajarkan warna pada sang anak dengan hal – hal yang kecil seperti benda – benda yang ada di sekitar rumah. Misalnya seperti, memberi tahu bahwa bunga ditaman rumah memiliki warna merah atau kucing peliharaan memiliki warna cokelat dan lain sebagainya.

4. Biarkan Anak Berkreasi

5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 6

Para orang tua juga bisa mengajarkan sang anak untuk menggambar dan mewarnai dengan cara membiarkannya berkreasi sesuai dengan imajinasi yang dia miliki. Walaupun mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberi warna pada gambar, tetapi namanya seni tidak ada batasan yang harus dilanggar. Karena itu, biarkan si buah hati memberikan warna pada objek yang dia buat sesuai dengan apa yang ada didalam imajinasinya untuk membuatnya lebih kreatif lagi.

5. Jangan Terlalu Memaksakan Anak Untuk Menggambar dan Mewarnai

5 Cara Mengajarkan Anak Menggambar dan Mewarnai, Dijamin Anak Tidak Cepat Bosan ! 7

Seperti yang kita tahu bahwa anak – anak memang masih sangat labil dalam melakukan sebuah kegiatan misalnya saat dia menggambar dan mewarnai. Mungkin akan ada saat dimana dia mulai merasa bosan dan perlu diingat bahwa para orang tua di sini jangan sampai memaksanya untuk terus menggambar dan mewarnai. Berilah dia waktu jeda sampa mood untuk mewarnai dan menggambarnya muncul kembali. Jangan terlalu memaksakan anak yang sudah tidak ingin melakukan kegiatan tersebut karena akan mempengaruhi hasilnya.

Itulah ke – 5 cara mengajarkan anak untuk menggambar dan mewarnai. Jika para orang tua terus mengajarkan sang anak untuk menggambar dan mewarnai, maka akan sangat baik juga untuk tumbuh kembang dan kecerdasan si buah hati ke depannya. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments