5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih – pilih Makanan


5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 1

Mengkonsumsi makanan yang bergizi tentunya merupakan salah satu kunci penting agar si anak dapat tumbuh sehat dan kuat. Karena itu, Salah satu hal penting yang harus para orang tua perhatikan adalah urusan makanan. Biasanya, tidak semua anak yang suka menyantap makanan sehat, bahkan mereka lebih cenderung suka memilih – milih makanan. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Berikut ini ada 5 caranya ! Yuk simak.

1. Buat Suasana Makan Selalu Menyenangkan

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 3

Pada umumnya, kesalahan yang sering dibuat oleh orang tua adalah memaksa anaknya untuk makan saat dia sedang tidak ingin makan. Hal ini justru akan membuat sang anak menangis dan semakin tidak ingin untuk menyentuh makanan. Oleh sebab itu, cara mengatasinya adalah para orang tua bisa membuat kegiatan piknik kecil – kecilan di halaman belakang rumah, makan bersama, atau kegiatan yang membuat suasana makan si anak menjadi lebih menyenangkan.

2. Buatlah Jadwal Makan dan Ngemil

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 4

Memberi sang anak biskuit, cokelat, atau permen merupakan hal yang paling mereka sukai. Tetapi, walaupun memberi si anak camilan bukanlah hal yang salah, namun tidak berarti mereka boleh memakan camilan kapan pun mereka inginkan. Hal ini karena makanan yang berbahan dasar manis, memiliki jumlah kalori yang cukup banyak sehingga membuat sang anak akan merasa kenyang dan menolak untuk makan makanan yang bergizi. Karena itu, buatlah jadwal makan dan ngemil, misalnya waktu mengemil satu jam setelah makan siang.

3. Buat Makanan Dengan Cara Yang Berbeda

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 5

Membuat atau mengolah makanan untuk anak – anak memanglah membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi. Khususnya untuk anak – anak yang suka memilih – milih makanan, para orang tua harus dituntut untuk pintar dalam mengolah makanan. Selain rasa yang harus enak, penampilan makanan juga tentunya harus terlihat menarik bagi si anak. Misalnya seperti sang anak tidak suka makan sayuran, para orang tua bisa mengakalinya dengan memotong sayuran tersebut menjadi lebih kecil dan menyembunyikannya di antara makanan yang dia suka.

4. Memberikan Sang Anak Pilihan

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 6

Sayuran merupakan salah satu makanan yang penting bagi pertumbuhan sang anak. Masalahnya adalah anak – anak yang cenderung menghindari sayuran karena rasanya yang dianggap kurang cocok di lidah mereka. Karena itu, jika sang anak tidak suka mengkonsumsi sayuran, para orang tua yang bisa mengakalinya dengan menawarkan beberapa makanan lain yang masih memiliki gizi dan nutrisi yang sama. Dengan begitu, sang anak akan tetap makan dan bisa memenuhi kebutuhan gizinya.

5. Konsultasi Dengan Dokter Ahli Gizi

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan 7

Kebiasaan suka memilih makanan memang menjadi masalah yang sulit dipecahkan bagi sang anak. Karena itu, salah satu alternatifnya, para orang tua bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter ahli gizi. Hal ini akan membantu para orang tua untuk mengetahui apakah yang disukai oleh anak – anak dan bagaimana cara mengatasinya.

Itulah ke – 5 cara mengatasi anak susah makan dan pilih – pilih makanan. Para orang tua bisa mencobanya di rumah ya. Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap