5 Cara Menghadapi Orang yang Merendahkan Dirimu

5 Cara Menghadapi Orang yang Merendahkan Dirimu 1

Di kehidupan sehari-hari, tak jarang kita akan menemukan orang-orang dengan sikap yang tak menyenangkan. Salah satunya adalah orang yang selalu merendahkan kita. Apapun yang kita lakukan, katakan, dan pencapaian kita akan selalu buruk di mata mereka. Lewat perbuatan atau perkataan mereka bisa saja melukai hati kita.

Namun, tak semua orang blak-blakan menunjukn sikap itu. Ada juga orang yang seakan memuji, padahal ia hanya ingin merendahkanmu. Orang-orang bersikap merendahkan untuk berbagai alasan, tetapi kebanyakan karena mereka arogan. 

Siapa sih yang ngga kesal saat direndahkan orang lain? Tak ada orang yang ingin direndahkan, apalagi kalau dihadapan banyak orang. Kalau kamu sudah bosan dengan orang-orang seperti itu, lakukan 5 cara ini untuk menghadapinya. 

1. Jangan terlalu diambil hati

sumber : pexels.com/@oleg-magni
sumber : pexels.com/@oleg-magni

Kamu tidak perlu memasukan perkataan mereka ke dalam hati. Komentar  merendahkan yang mereka lontarkan justru menunjukan diri mereka yang tidak baik. Daripada menunjukan raut wajah kesal, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan berpikiran positif. Bila kamu merespon dengan emosi, mereka justru akan semakin senang merendahkanmu.

2. Pertimbangkan komentar mereka sebagai motivasi

sumber : pexels.com/@gabby-k
sumber : pexels.com/@gabby-k

Daripada menyimpan kata-kata yang menyakitkan, coba petik kalimat baik dari komentarnya. Pertimbangkan komentar mereka sebagai motivasi supaya kamu bisa melakukan hal yang lebih baik lagi. Kamu mungkin bisa mempelajari hal-hal baru untuk memenuhi keingintahuanmu, mendalami bakatmu, atau meningkatkan kemampuan yang kamu miliki sekarang. Sehingga, di lain waktu kamu tidak akan merasa kecil hati pada diri sendiri saat mendengarkan komentar yang merendahkan.

3. Ajak orang tersebut untuk bertemu dan mintalah penjelasan

sumber : unsplash.com/@linkedinsalesnavigator
sumber : unsplash.com/@linkedinsalesnavigator

Namun, bagaimana kalau komentar merendahkan itu kita dapatkan lewat media sosial? Atau dari cerita orang lain? Kalau perbuatan atau perkataan orang tersebut sudah sangat berlebihan, kamu bisa mengajaknya  bertemu dan meminta klarifikasi.

Bertindaklah secara tenang dan profesional agar tidak menimbulkan keributan dan hal dramatis lainnya. Kamu bisa mulai dengan pertanyaan sopan seperti, “Komentarmu itu terdengar agak merendahkan saya. Apa yang membuat kamu mengatakan hal seperti itu?” Kamu juga perlu memperhatikan siapa lawan bicaramu. Namun, bila kamu sulit untuk mengontrol emosi, lebih baik abaikan saja dan tidak perlu berurusan dengan orang yang seperti itu.   

4. Bertanggung jawablah atas kendali dirimu sendiri

Ketika seseorang bersikap merendahkan, jangan takut untuk membela diri sendiri. Apalagi kalau kamu tidak melakukan apapun seperti yang dikatakannya. Kamu perlu jujur atas perasaanmu dan mengatakan apa yang kamu rasakan sebenarnya. Saat berbicara dengan orang yang merendahkanmu, tetap perhatikan nada bicaramu. Bila kamu berbicara dengan nada tinggi atau menyindir, ini hanya akan memperburuk situasi. 

5. Jangan mengharapkan tanggapan baik dari orang tersebut

Bila kamu telah direndahkan, sudah pasti orang tersebut tidak akan memberikan tanggapan yang baik pada dirimu. Bahkan mungkin mereka tetap akan bersikap menyebalkan ketika kamu memberitahu kalau mereka telah melakukan hal yang tidak pantas. Bila mereka tetap melakukannya lagi di lain waktu, sebaiknya jangan menanggapi komentar mereka. 

Itulah tadi 5 cara sederhana yang bisa kamu lakukan ketika ada orang yang merendahkan kamu. Semoga bermanfaat dan ingatlah bahwa kamu tidak bisa mengubah sifat seseorang. Namun, yang bisa kamu lakukan adalah belajar untuk menghindari konflik dengannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.