5 Cara Menghindari Penipuan di Toko Online


5 Cara Menghindari Penipuan di Toko Online 1

Masa pandemi saat ini, membuat semua orang lebih memilih untuk membeli barang secara online disamping membeli barang secara langsung dengan mengunjungi tokonya. Keuntungan berbelanja secara online memang sangat banyak, seperti bisa memilih produk-produk satu sama lain, sehingga bisa membandingkan kuantitas dan kualitasnya saat itu juga. 

Selain itu, kita bisa mengetahui komentar-komentar orang sebelumnya yang membeli produk sama dengan kita. Meskipun membeli barang dengan cara datang secara langsung pun memiliki kelebihannya juga, seperti halnya jika kita ingin membeli baju maka kita bisa dengan bebas melihat warna, merasakan bahan yang dipakai secara nyata dan melihat bajunya secara realistis, jika ingin membeli barang lain pun kita bisa memastikan bahwa barang tersebut mulus dan tidak memiliki kecacatan.

Sebagai calon customer yang masih pemula mungkin kita akan sangat berhati-hati untuk membeli, memilih dan melakukan proses lainnya saat menginginkan belanja barang tertentu secara online. Maka dari itu perlu sekali untuk melakukan lima hal berikut sebelum kita melakukan pembelian dan melakukan pembayaran.

1. Beli dari toko resmi atau terpercaya

toko resmi
toko resmi

Setelah kamu memikirkan barang apa yang ingin dibeli, jangan lupa untuk mem-filter pencarian barang dengan toko yang resmi atau terpercaya. Bagaimana cara kita melihat toko tersebut benar-benar resmi atau tidak? Kamu bisa melihat tanda ceklis atau tanda lain yang biasanya dijadikan kode bagi toko yang resmi atau terpercaya. Biasanya pada setiap aplikasi belanja online tanda ini tidak dimiliki oleh toko-toko yang biasa saja atau belum naik peringkat. Boleh-boleh saja sih kamu belanja di toko yang memang belum resmi atau belum terpercaya, tapi kamu harus mempertimbangkan empat poin lainnya lagi dibawah ini.

2. Baca dengan seksama deskripsi produk

deskripsi produk
deskripsi produk

Banyak sekali customer yang kurang teliti dalam membaca nama produk yang dijual atau deskripsi lengkapnya, sehingga kebanyakan orang yang sudah membeli merasa tertipu dengan barang yang dijual, padahal memang kita sendiri yang salah dalam membaca nama barang yang dijual. Maka dari itu membaca dengan seksama apa saja detail produk itu sangat penting sekali.

Kenapa penting sekali? Karena pada beberapa kasus, contohnya saat ingin membeli sebuah handphone. Jika kita tidak membaca dengan teliti, terkadang yang dijual oleh toko hanya casing-nya saja, atau aksesoris lain dalam handphone tersebut. Kadang kita tergoda dengan harga yang sangat murah makanya langsung tergoda dengan cepat oleh harga yang membuat kita ingin langsung checkout. Jadi, baca dengan teliti dari mulai nama produk yang dijual dan deskripsinya dengan lengkap.

3. Lihat review atau komentar pembeli sebelumnya

review pelanggan
review pelanggan

Sebagai calon pembeli dan belum pernah melakukan transaksi di toko yang kita inginkan, pasti ada keragu-raguan dalam hati kan? Ragu atau khawatir barangnya yang tidak sesuai, entah dari warna, bahan, ukuran, tipe dan lain sebagainya. Nah, untuk mengurangi keraguan tersebut kita bisa melihat komentar orang-orang yang pernah membeli di toko tersebut sebelumnya.

Biasanya dalam komentar tersebut juga disisipkan dengan berbagai foto dan video produk yang telah sampai pada tangan pembeli. Jadi, kamu bisa melihat bagaimana barang tersebut sampai dan sesuai dengan gambar yang dijual atau tidak. Jika menurut kamu komentar yang disampaikan baik terhadapa barangnya, kamu bisa membuang jauh-jauh rasa khawatir terhadap produk tersebut, namun jika ternyata ada banyak komentar negatif kamu bisa mencari toko lain yang lebih menjanjikan lagi.

4. Lihat rating toko

rating toko
rating toko

Rating yang didapatkan toko adalah akumulasi dari review para pelanggannya, jadi jika banyak yang memberikan komentar atau review negatif maka otomatis mereka juga akan memberikan poin bintang rendah seperti satu atau dua, ada pula yang memberikan bintang tiga dengan komentar atau review produk karena mempunya kekurangan dan kelebihan seimbang pada produk yang telah dibeli.

Nah, yang perlu kita lihat atau pertimbangkan adalah rating empat dan lima. Karena toko yang memiliki rating tersebut biasanya sudah banyak yang beli, barangnya bagus, pelayanannya cepat, dan punya keunggulan lain yang membuat pembeli sudah percaya terhadap toko tersebut. Jadi, disarankan untuk memilih toko yang memiliki rating bagus seperti empat dan lima.

5. Cek harga dan promo

promo barang
promo barang

Setelah empat poin diatas kamu lakukan, saatnya kamu melakukan pembayaran. Namun sebelum itu cek ulang harga barang yang kamu beli, khawatirnya kamu membeli sesuatu dengan harga diluar dari ekspektasi. Cek juga promo yang tersedia di toko atau mungkin potongan harga lain yang biasanya kita lupa menambahkannya. Sementara promo itu lumayan bisa kita manfaatkan, apalagi jika kita mendapatkan promo yang cukup besar.

Itu dia lima poin yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan pembelian secara online untuk meminimalisir kita tertipu atau tidak mendapatkan barang sesuai ekspektasi. Lebih berhati-hatilah dalam memilih dan membeli sebuah barang. Selamat mencoba dan selamat berbelanja dengan aman dan nyaman.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap