5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 1

Baru – baru ini telah beredar bahwa virus china atau virus Corona ini sudah menyebar dimana – mana dan sudah dihimbau agar berhati – hati agar tidak tertular atau terserang virus tersebut. Pencegahan virus corona sendiri dapat dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Pencegahan ini dipercaya adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit karena sampai sekarang belum ada obat dan vaksinnya.

Sampai saat ini jumlah kasus terinfeksi virus corona baru (2019-nCoV) tercatat sudah mencapai lebih dari 2.700 kasus dan 80 kematian yang telah terjadi. Para peneliti memprediksi bahwa jumlahnya akan terus meningkat. Oleh karena itu, berikut ini ada 5 cara pencegahan virus corona yang bisa kamu terapkan dalam hidup keseharianmu agar tetap aman dan tidak tertular.

1. Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 3

Menurut dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas mengatakan bahwa kalau bisa harus menggunakan masker N95 karena masker ini dapat menutup rapat area hidung dan mulut sehingga mampu memberikan perlindungan yang lebih baik serta dapat mencegah masuknya virus corona daripada masker lainnya. Karena itu, sebaiknya saat kamu sedang melakukan aktivitas diluar ruangan, ada baiknya menggunakan masker agar terhindar dari berbagai virus serta bakteri dan mengurangi resiko penularan.

2. Cuci Tangan Selalu

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 4

Beberapa kasus yang sudah terjadi karena penularan virus ini diprediksi terjadi karena tangan yang menyentuh orang yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut kemudian tidak sengaja memegang area wajah. Llau, virus corona tersebut berpindah dari tangan ke hidung atau mulut. Karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya biasakan diri kamu untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan segala aktivitas yang ada.

3. Selalu Tutup Mulut Saat Bersin dan Batuk

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 5

Pencegahan virus corona juga bisa dilakukan dengan cara kesadaran diri sendiri untuk selalu menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk.  Hal ini bertujuan agar kuman dan bakteri tidak mudah tersebar atau menular ke orang lain.

4. Hindari  Makan Daging Yang Mentah atau Dimasak Setengah Matang

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 6

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan agar masyarakat Indonesia juga harus menghindari kebiasaan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak sampai matang atau mentah. Hal ini karena beberapa penyakit, yang salah satunya adalah virus corona bermula dari hewan yang sebelum menginfeksi ke manusia.

5. Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Tertular ya 7

Menurut beberapa kasus yang ada, bahwa tidak semua orang yang terinfeksi virus corona bisa meninggal. Karena ada beberapa orang yang berhasil sembuh karena kondisi sistem kekebalan tubuhnya yang kuat serta layanan kesehatan mendukung sehingga bisa sembuh total. Karena itu mengkonsumsi makanan yang berigizi serta beristirahat yang cukup.

Itulah ke – 5 cara pencegahan virus corona, agar kondisi tubuhmu tetap terjaga dan sehat, selalu perhatikan kebersihan serta pola hidup yang sehat ya. Semoga bermanfaat !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng