5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya


5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 1

Menjalin sebuah hubungan apapun tentunya tidak akan terbebas dari masalah bukan ? Salah satunya adalah hubungan persahabatan. Dari kebanyakan suatu hubungan yang tejalin, justru hubungan persahabatan ini cenderung lebih rentan daripada hubungan keluarga maupun percintaan. Di saat ada konflik dengan orang terdekat, seringkali kita merasa tidak nyaman untuk mengungkapkannya secara langsung.

Seperti dilansir dari idntimes, bahwa menurut psikolog Dr. Nancy Zapolski mengatakan kalau seringkali masalah muncul dan dibiarkan menumpuk serta tidak dikatakan. Hal ini yang sering terjadi pada kebanyakan orang yang sedang menjalin hubungan persahabatan, karena itu berikut ini ada 5 cara terbaik mengungkapkan kekecewaan pada sahabatmu tanpa adanya rasa canggung atau melakukan hal – hal yang aneh.

1. Evaluasi Dulu Sebenarnya Apa Yang Terjadi Sebelum Mengatakannya

5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 3

Sebelum kamu ingin pergi menemui sahabatmu dan mengatakan semuanya, sebaiknya kamu melakukan dulu evaluasi mengenai apa sebenarnya yang telah terjadi. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, “mengapa yang dilakukannya sangat mempengaruhi perasaanku ? “, “kenapa aku benar – benar marah ? “dan kenapa dia bersikap seperti itu, kebiasaan atau justru aku yang memiliki kesalahan buruk tentang masalah ini ?”

Carilah jawaban dari pertanyaan Рpertanyaan di atas yang akan membantu untuk lebih memahami perasaan dan fokus pada apa yang akan kamu katakan kepadanya nantinya. Identifikasi hal apa saja  yang membuatmu kesal, kecewa, atau marah. Mungkin bukan karena situasinya tetapi bisa saja dari pribadi masing Рmasing ? Cobalah untuk menemukan jawaban dari semua itu.

2. Kendalikan Emosi

5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 4

Mungkin akan ada saat dimana kamu akan kesulitan untuk mengendalikan emosi ketika mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan. Namun caramu untuk merespon akan menentukan nasib hubungan kalian ke depannya. Karena itu, ingatlah bahwa berbicara maupun bertindak dalam keadaan marah, justru akan sangat berisiko memperburuk keadaan.

Karena itu, kendalikan emosimu sebelum mengungkapkan semua kekesalanmu. Hal ini dapat membantu memunculkan sisi rasional otak sebelum sisi emosionalnya bekerja. Selain itu, kamu juga bisa mengendalikannya dengan berjalan – jalan atau memikirkan hal yang menenangkan maupun menyenangkan. Saat pikiranmu sudah jernih, barulah kamu memulai untuk mengajaknya berbicara.

3. Tentukan Tujuan Dari Semua Perkataanmu, Agar Tidak Salah Fokus

5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 5

Selain mengendalikan emosi, ada hal penting yang perlu kamu lakukan untuk menentukan tujuanmu saat ingin berbicara. Menurut Dr. Nancy Zapolski, tujuan kamu berbicara bukan untuk meluapkan kekesalan atau mengharapkan belas kasihan darinya tetapi lebih pada memperbaiki kesalahpahaman serta mengembalikan rasa kasih sayang dalam hubungan pertemanan tersebut.

4. Mulailah Percakapan Dengan Menunjukkan Betapa Pentingnya Hubungan Ini Bagimu

5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 6

Mungkin kita tidak bisa membaca pikiran orang. Sehingga sangat penting untuk memberi tahu mereka apa yang kamu inginkan atau apa yang sedang kamu rasakan. Karena itu, untuk memulai percakapan, sebaiknya gunakan kata – kata yang menunjukkan bahwa kamu masih merasa hubungan ini sangat penting bagimu atau betapa sulitnya keadaan ini untukmu.

Menurut Angel Montfort, psikolog di Pusat Kesehatan mental ibu, menyarankan untuk memulai sebuah percakapan dengan bahasa yang normal, seperti “bisakah kita berbicara tentang sesuatu ?”, “kamu sudah menjadi bagian penting dalam hidupku, sahabat yang hebat selama ini dan aku selalu menghargai hubungan yang kita jalani. Karena itu, ada sesuatu hal yang ingin aku bicarakan denganmu”.

5. Gunakanlah Kata “Aku” Bukan “Kamu” Saat Menjelaskan Perasaanmu Kepadanya

5 Cara Terbaik Ungkapkan Rasa Kekecewaan Kepada Sahabat, Jangan Ragu Untuk Melakukannya 7

Saat kamu sudah siap untuk memulai percakapan, jangan sekali – kali menggunakan bahasa yang menghakimi. Sebaiknya gunakan kata ganti “aku” bukan “kamu” untuk mengutarakan kekecewaanmu. Seperti contohnya, “aku merasa kesal ketika kamu melakukan hal itu kepadaku”.

Bukan mengatakan “kamu salah, kamu seharusnya tidak melakukan ini kepadaku”. Dengan mengatakan kalimat barusan, maka hal itu hanya akan semakin memperburuk keadaan. Selain itu, cari tahu juga alasan mengapa sahabatmu bertindak demikian, “Aku tahu, mungkin kamu tidak bermaksud menyakitiku, mengapa kamu melakukannya ?”. Beri dia juga kesempatan untuk menjelaskan semua dan terbuka dengan apa yang dia katakan.

Mungkin bagi beberapa orang hubungan seperti ini adalah hubungan yang biasa atau tidak penting bagi kehidupan mereka, tetepa bagi mereka yang sudah menjalin hubungan persahabatan bahkan sampai bertahun – tahun, pasti akan mengerti dan tahu bahwa hubungan seperti ini sangat penting untuk menentukan kebahagiaan hidup kita kedepannya.

Walaupun cara diatas tidak sepenuhnya bisa menghilangkan luka, tetapi setidaknya bisa membuat kamu kuat untuk menghadapi rasa sakit dengan lebih bermakna tentunya bagi hubungan yang kalian jalani. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap