5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka!

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 1

Anak-anak terpapar dengan apa yang dinamakan “fat-phobic” lebih sering daripada yang mungkin kita sadari, baik di dalam maupun di luar rumah.   Terdapat penelitian yang memberi tahu kita bahwa anak-anak berusia 5 tahun sadar akan praktik diet, terutama jika mereka terpapar diet orang tua. Dan survei terhadap anak perempuan berusia 10 tahun mengungkapkan bahwa 81% dari partisipan takut “menjadi gemuk”.

Terlepas dari apakah orang tua mereka sadar atau tidak telah mempengaruhi cara pandang mereka, hal ini menakutkan. Tapi anda bisa mengubah narasi seputar citra tubuh, kesehatan dan kata “gemuk” di dalam keluarga anda. Mungkin kita tidak dapat meminta, atau mengharapkan, mereka untuk memahami konsep-konsep yang besar dan rumit ini, tetapi kita dapat mencoba menciptakan lingkungan rumah yang membantu mereka merasa aman, dalam tubuh apa pun yang mereka tempati.Beginilah sekiranya 5 cara yang dapat dilakukan :

1. Pertama, jangan katakan “gemuk” adalah hal yang jelek

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 3

Kata “gemuk” masih kontroversial. Sebuah gerakan aktivis lemak bekerja untuk menormalkan “lemak” tidak lebih dari deskripsi tubuh (yang dapat dipilih untuk digunakan untuk menggambarkan diri mereka sendiri, atau tidak). Namun secara sosial, dan bahkan dalam budaya perawatan kesehatan, “gemuk” didengar sebagai sesuatu yang buruk, sesuatu yang perlu ditakuti. Asumsi negatif dibuat tentang seseorang jika tubuhnya tidak cocok dengan ideal kurus, yang disebut sebagai stigma berat badan.

Terdapat suatu kasus dimana seorang peneliti bernamakan Brianna Campos, bertanya kepada seorang anak,  “Apa definisi gemuk bagi mereka?” dan ketika anak tersebut menjawab bahwa gemuk adalah hal yang “jelek” , peneliti tersebut lalu bertanya lagi “Apakah memiliki rambut berwarna cokelat atau pirang itu jelek?” Dan dari sinilah peneliti tersebut merasa bahwa kata “gemuk” tersebut harus dinormalkan. Ia berpendapat, bahwa kata “gemuk” sendiri telah memiliki sejarah panjang pada bullying, yang nantinya berakibat pada kesehatan mental dll.

Anda sebagai orang tua, dapat mulai mengajarkan pada anak anda, bahwa gemuk bukan berarti jelek atau tidak sehat. Gemuk yang dimana lemaknya terdapat di bagian belakang lengan, paha, dan bokong, dapat dikatakan sebagai lemak subkutan yang dimana lemak tersebut dapat dikendalikan. Bahkan terdapat lemak subkutan putih, yang berfungsi memproduksi adiponektin, yaitu hormon yang membantu kerja hati dan otot mengatur insulin serta berfungsi menyimpan kalori.

2. Kedua, mengevaluasi kembali cara Anda membicarakan dan memperlakukan tubuh Anda sendiri

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 4

Anak-anak belajar secara observasi, apabila anda secara tidak sadar pernah memaki tubuh anda sendiri secara terbuka dihadapan anak anda, tentunya anak anda akan meniru perbuatan yang anda lakukan. Anak akan mulai berpikir, bahwa tubuh yang mereka miliki tersebut juga sama tidak baiknya, seperti dengan tubuh anda yang anda maki.

Dengan orang tua yang dari dini telah secara tidak langsung mengajarkan apa itu “diet” kepada anak mereka , anak mereka yang masih berusia muda, juga akan mulai berpikiran untuk diet. Padahal, ketika mereka masih muda, mereka perlu memperbanyak nutrisi tubuh. Dan hal ini dapat memicu kondisi anak-anak yang kurus dan terlihat seperti kekurangan gizi, yang nantinya dapat membuat mereka depresi karena bentuk tubuh mereka.

Citra tubuh adalah hal yang rumit. Setiap orang tua, memiliki cara masing-masing dalam menavigasi dan membesarkan anak mereka. Tetapi hal yang pasti, anda sebagai orang tua tidak boleh menghina tubuh anda di depan anak anda, karena hal inilah yang nantinya mempengaruhi pandangan anak terhadap bentuk tubuh. Penulis menyarankan supaya orang tua untuk memulai  menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak untuk bertanya, menjelajahi topik ini, dan menormalkan ketidaknyamanan tubuh.

3. Ketiga, lihatlah ke sekeliling dan lihat bagaimana stereotip tubuh tersebar luas

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 5

Bahkan di beberapa buku anak-anak kita, kita dapat melihat bahwa terdapat bahasa fat-phobic dan karakter fat-phobic. Sangat jarang melihat keragaman tubuh yang sebenarnya yang dimana tidak diejek dalam acara TV atau film anak-anak. Anak-anak juga menginternalisasi ini. Menyadari hal ini dapat menjadi awal percakapan yang baik dengan si kecil, membuka ruang untuk berdialog dan menghilangkan mitos tentang tipe tubuh.

4. Keempat, pikirkan kembali definisi sehat bagi anda

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 6

Perasaan malu dengan berat badan atau tipe tubuh dapat mengakibatkan penghindaran perawatan kesehatan, perilaku makan yang maladaptif dan bahkan menghindari gerakan dan aktivitas karena ruang untuk fitnes dan olah raga tidak terasa aman bagi orang tersebut. Selain itu, menurut penelitian yang disediakan di situs web National Eating Disorders Association (NEDA), idealisasi tubuh yang kurus adalah “penyumbang lingkungan yang paling terkenal untuk perkembangan gangguan makan”.

Akan lebih baik apabila anda dapat mengerti bahwa sehat belum tentu kurus, sehat pula belum tentu gemuk. Anak anda yang merasa tidak nyaman dengan tubuh mereka karena tubuh mereka tidak ideal, perlu anda beritahu bahwa asalkan mereka menjaga tubuh mereka dengan makan makanan yang sehat, dengan menjaga pola hidup yang sehat seperti tidur teratur, dan olahraga akan menjadikan tubuh mereka baik. Dan nantinya, tubuh mereka akan menyesuaikan dengan keadaan tersebut, tidak ada yang perlu distresskan. Apabila anda memberitahu definisi sehat yang sebenarnya, anak anda sendiri akan belajar dari hal tersebut, dan entah apakah tubuh mereka gemuk atau kurus, mereka dapat merasa aman, nyaman dan dapat menerima tubuh mereka.

5. Kelima, tempat yang baik untuk memulai adalah mendorong aktivitas dan eksplorasi makanan tanpa agenda yang berat

5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka! 7

Anak-anak sering kali ingin aktif dan mungkin ingin menjelajahi berbagai jenis makanan. Cobalah untuk mengembangkan dinamika rumah dan keluarga dengan merayakan keragaman makanan  termasuk segala sesuatu mulai dari buah-buahan hingga biji-bijian hingga es krim dan ciptakan ruang untuk aktivitas yang menyenangkan, tanpa hal-hal tersebut terikat pada beban. Jika anak anda pulang dari sekolah khawatir tentang tidak baiknya kentang goreng, buka dialog tentang bagaimana semua makanan bisa muat. Jika mereka mengungkapkan kekhawatiran tentang tubuh mereka, terbukalah untuk diskusi dan lakukan normalisasi.

Sebagai orang tua, tentu anda ingin anak-anak anda aman, dicintai, dan sehat. Tetapi kita harus memperluas pandangan dan definisi kita tentang kesehatan. Itu tidak turun ke berat badan mereka, dan mungkin definisi kesehatan itu sendiri terserah kita, penggemar dan pengasuh nomor satu mereka, untuk dengan lembut dan penuh kasih mengingatkan mereka tentang hal itu. Itulah 5 cara yang patut anda coba dalam menerangkan gemuk belum tentu tidak baik, dan apakah sehat itu kepada anak anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel