5 Cara Untuk Mengatasi Jerawat di Punggung

5 Cara Untuk Mengatasi Jerawat di Punggung 1

Biasanya jerawat akan muncul pada daerah wajah saja, tapi tahukah kamu bahwa jerawat juga bisa tumbuh di punggung ? Sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh atau bagi kamu yang belum pernah mendengarnya karena tubuh sendiri juga memproduksi minyak atau yang biasa disebut sebum. Jerawat asal mulainya tumbuh akibat sebum yang berlebih di tambah tumpukan sel kulit yang sudah mati.

5 Cara Untuk Mengatasi Jerawat di Punggung 3

Beda letak jerawat beda juga cara mengatasi dan menghilangkan jerawat tersebut. Berikut ini ada 5 cara untuk mengatasi jerawa di punggung. Yuk simak cara berikut ini.

1. Mengganti Produk Sabun

Dikutip dari GQ bahwa hampir semua dermatolog menyarankan untuk mengganti sabun mandi dengan sabun yang mengandung benzoyl peroxide yang terdapat 5 – 10 persen kandungan di dalam sabun. Bahan ini terbukti bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan munculnya jerawa di area punggung. Tapi, yang perlu di perhatikan adalah, jika memakai sabun yang mengandung benzoyl peroxide ini, saat membilasnya harus benar – benar bersih karena kandungan ini bisa meninggalkan noda pada handuk atau pakaian yang kamu kenakan.

2. Memakai Pakaian Yang longgar

Selama proses menghilangkan jerawat di punggung sebaiknya kamu memakai pakaian yang longgar alias tidak ketat untuk tubuhmu. Pakaian yang ketat bisa menyebabkan dan menyimpan lebih banyak bakteri, kotoran dan keringan pada por – pori. Pakailah pakaian yang longgar agar kulitmu bisa bernafas dengan nyaman.

3. Perhatikan Pola Makan

Jerawat mudah muncul pada orang yang memiliki kulit yang berminyak atau rentan dengan jerawat. Makanan juga adalah salah satu faktor yang memicu tumbuhnya jerawat. Dilansir dari Healthline, riset menunjukkan bahwa makanan yang tinggi indeks glikemik akan menyebabkan gula darah cepat naik dan bisa memicu tumbuhnya jerawat yang sangat parah. Makanan dengan kandungan indeks glikemik yang sangat tinggi seperti roti putih, pasta dan nasi putih. Sebaiknya kamu imbangi dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan seperti sayuran, buah – buahan dan berprotein.

4. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree ini berasal dari daun pohon tea tree atau melaleuca alternifolia. Pohon ini berasa dari Australia yang ternyata orang – orang di sana telah memakai minyak ini untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Penggunaan minyak tea tree ini diyakini bisa mengatasi jerawat di punggung karena minyak ini bisa mengatasi bakteri jerawat yang berlebihan.

5. Eksfoliasi Punggung

Yang dimaksud dengan Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit agar lapisan kulit lama yang sudah mati hilang sehingga lapisan kulit baru dapat muncul ke permukaan kulit. Tumpukan sel kulit yang telah mati juga menjadi salah satu timbulnya jerawat pada punggung. Kamu perlu mengeksfoliasi punggungmu secara rutin dengan menggunakan scrub. Pakailah scrub deengan kandungan salicylic acid untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit. Selain scrub, kamu juga dapat membersihkan punggungmu menggunakan sikat atau spons yang bergagang panjang. Saat mandi memang paling sulit untuk membersihkan daerah punggung dengan menggunakan tangan karena tidak mampu untuk meraihnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng