5 Danau Garam Selain Laut Mati yang Patut Dikunjungi


5 Danau Garam Selain Laut Mati yang Patut Dikunjungi 1

Ternyata danau garam tak hanya ada di Israel, yang terkenal dengan sebutan Laut Mati. Masih ada banyak danau garam lain di berbagai belahan bumi dunia. Semua lokasi danau garam itu juga mudah dicapai. Mungkin sesekali nanti kita bisa menyambanginya. Sekarang asal tahu saja dulu lokasinya ada dimana saja. 

1. Danau Assal – Djibouti

Mungkin nama negara Djibouti agak terdengar aneh di kuping. Sekarang saatnya kita tahu, ada dimana negara itu. Djibouti terletak di benua Afrika, jadi kalau mau kesana, siap-siap bertemu dengan suku-suku di Afrika yang eksotis itu. 

Di Djibouti selain ada gunung berapi, juga ada danau garam bernama Danau Assal. Keberadaan danau garam tersebut sudah diketahui dari zaman nenek moyang manusia yang hidup di Djibouti. Kebanyakan mereka menggunakan area tersebut untuk mendapatkan garam, penyedap masakan. Karena fungsi pentingnya maka daerah itu menjadi lintasan interaksi antar ras disana. Kini danau tersebut juga menjadi wahana untuk menjaga kesehatan, karena tingginya kandungan mineral didalamnya. 

Danau Assal di Djibouti. (Photo: Alexander Bee/Shutterstock)
Danau Assal di Djibouti. (Photo: Alexander Bee/Shutterstock)

2. Danau Urmia – Iran

Danau garam berikutnya yang tak kalah menarik adalah Danau Urmia, yang terletak di negara Iran. Mungkin sudah banyak yang tahu, negara Iran ada dimana. Namun mungkin masih banyak yang belum tahu, kalau Danau Urmia merupakan danau garam terbesar kedua di dunia, dan terbesar nomor satu di kawasan Timur Tengah. 

Wilayah tersebut dipenuhi oleh populasi burung flamingo dan pelikan. Kehadiran dua jenis unggas itu jelas, lantaran banyaknya udang yang hidup di dalam danau Urmia. 

Ada satu keunikan danau ini, yaitu air danau kerap berwarna merah. Setelah ditelusuri penyebabnya, ternyata bakteri bernama Halophile menjadi penyebab warna merah di danau tersebut. 

Danau Urmia di Iran. (Photo: Tolga Subasi/Shutterstock)
Danau Urmia di Iran. (Photo: Tolga Subasi/Shutterstock)

3. Danau Mono – Amerika Serikat

Satu danau garam lain yang agak berbeda mungkin adalah Danau Mono di Amerika Serikat (AS). Bedanya danau yang satu ini, jauh dari hiruk pikuk kehidupan manusia. 

Terletak tak jauh dari daerah pegunungan Sierra Nevada, menjadikan lokasi Danau Mono menjadi tempat yang tepat bagi para penyuka lokasi alam, yang jauh dari kehidupan manusia. 

Lokasinya juga yang tak jauh dari deretan tebing Yosemite, menjadikan danau tersebut menjadi area berkumpulnya berbagai burung yang hidup di AS. Salah satu burung yang paling eksotik adalah camar California. 

Danau Mono di utara California, Amerika Serikat. (Photo: chatursunil/Shutterstock)
Danau Mono di utara California, Amerika Serikat. (Photo: chatursunil/Shutterstock)

4. Danau Don Juan – Antartika

Kalau berbicara masalah keterpencilan, mungkin Danau Don Juan bisa menjadi juaranya. Sebab apa? Karena danau ini berada di kawasan paling terpencil dunia, benua Antartika yang terletak di Kutub Selatan. 

Namun kalau masalah salinitas kandungan garam yang terdapat di Danau Don Juan, tak bisa diremehkan dibanding danau yang lain. Sebab menurut penelitian Danau Don Juan memiliki kadar garam hingga 40 persen, bila dibandingkan dengan jumlah air yang ada disana. Hanya sayangnya suhu air di danau tersebut teramat dingin, hingga membuat orang berpikir ratusan kali untuk berenang didalamnya. 

Danau Don Juan di Antartika. (Photo: topworldtraveldestination)
Danau Don Juan di Antartika. (Photo: topworldtraveldestination)

5. Danau Kaspia – Asia Tengah 

Danau Kaspia yang berada di Asia Tengah, merupakan danau garam terbesar yang ada di dunia. Panjangnya mencapai 12.000 kilometer (km), dan lebarnya sejauh 320 km. Maka wajar orang-orang mengenal kawasan tersebut sebagai Laut Kaspia, ketimbang danau. 

Sayangnya danau besar itu sekarang banyak yang rusak karena terkena polusi. Kerusakan lingkungan tersebut juga membuat kadar salinitas garam berkurang, serta membunuh banyak ikan yang sebelumnya kerap berenang dikawasan tersebut. 

Bangkai kapal yang terdampar di pesisir Danau Kaspia bagian negara Kazahkstan. (Photo: Andrei Bortnikau/Shutterstock)
Bangkai kapal yang terdampar di pesisir Danau Kaspia bagian negara Kazahkstan. (Photo: Andrei Bortnikau/Shutterstock)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap