5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi


pulau beras basah

Industri pariwisata di Kalimantan Timur memang tidak segemerlap propinsi-propinsi lain, meski kain tenun yang dihasilkan di sini dikenal di seluruh penjuru tanah air.

Namun demikian, bukan berarti propinsi yang beribukota di Samarinda ini miskin dengan destinasi wisata. Bahkan, cukup banyak tempat wisata di Kalimantan Timur yang tidak kalah dari tempat-tempat wisata yang ada di propinsi-propinsi lain.

Berikut beberapa tempat wisata di Kalimantan Timur yang menarik untuk dikunjungi:

1. Pulau Beras Basah

5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi 1

Pulau yang berdiri menjulang di Selat Makassar ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bontang. Pemandangan yang indah dan alami akan menyambut para pengunjung, begitu menginjakkan kaki di pantainya yang berpasir putih.

Demikian juga dengan mercusuar tua yang sudah tidak terpakai, seolah mempersilahkan pengunjung untuk sejenak bersantai menikmati jernihnya air laut yang berwarna kebiru-biruan.

Pulau yang tidak berpenghuni ini, juga memiliki taman bawah laut yang sangat indah, sehingga memanjakan mata mereka yang menyukai aktifitas diving dan snorkeling.

2. Air terjun Tanah Merah

5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi 2

Berlokasi di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara yang berjarak sekitar 14 km dari Kota Samarinda, air terjun berketinggian 15 meter ini cukup unik, karena aliran air yang tampak jernih saat masih berada di ketinggian, tapi begitu sampai di bawah ternyata berubah keruh dengan warna kemerahan.

Tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi, karena dilengkapi dengan bangunan-bangunan gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai sambil kenikmati keindahan suasana sekitar. Selain itu, di sekitar lokasi juga disediakan sarana bermain anak-anak.

3. Kebun Raya Unmul Samarinda

5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi 3

Tempat wisata di Kalimantan Timur  lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Kebun Raya Unmul Samarinda. Hutan Pendidikan milik Universitass Mulawarman yang terbuka untuk umum ini memiliki danau besar yang bisa dikelilingi dengan menggunakan sepeda air.

Di sini juga didirikan Kebun Binatang Mini serta Museum Kayu yang memiliki data lengkap tentang berbagai jenis kayu yang ada di Pulau Kalimantan.

4. Pulau Kumala

5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi 4

Pulau yang berada di tengah Sungai Mahakam ini tidak ubahnya seperti Taman Mini Indonesia Indah, karena di atasnya berdiri berbagai macam miniatur budaya Kalimantan, seperti candi, patung, dan bangunan-bangunan adat.

Tidak hanya itu, Pulau Kumala juga dilengkapi dengan wahana permainan modern, seperti: komedi putar, kereta gantung, kereta mini, juga sky tower yang berketinggian 75 meter. Jika ingin bermalam, di pulau ini juga disediakan resort lengkap dengan cottage dan kolam renangnya.

5. Kampung Tenun Samarinda

5 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi 5

Berkunjung ke Kalimantan Timur rasanya kurang lengkap tanpa membawa pulang kain tenun Samarinda yang khas dengan motif kotak-kotaknya.

Untuk membelinya, bisa datang ke Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid yang menjadi sentra kerajinan kain tenun Samarinda. Di kedua kampung ini, para pengunjung selain bisa berbelanja kain, juga dapat melihat proses pembuatan kain tenun yang masih menggunakan alat tenun tradisional yang bernama Gedokan.

Demikian 5tempat wisata di Kalimantan Timur  yang wajib dikunjungi, selain tempat-tempat wisata lainnya yang juga cukup menarik, yakni: Desa Budaya Pampang, Telaga Permai Batu Besaung, Masjid Islamic Centre, Air Terjun Pinang Seribu, dan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kalimantan Timur. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments