5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya !


5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 1

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya atau yang biasa disebut Masjid Cheng Hoo ini adalah masjid yang unik dan menarik karena bentuk bangunannya mirip seperti bangunan budaya Tionghoa. Yang dimana bentuk masjid ini dikira seperti kelenteng. Masjid Cheng Hoo sebenarnya bukan hanya berada di Surabaya, tetapi ada di beberapa tempat di indonesia. Lalu kenapa bisa bangunan masjid ini mirip seperti bangunan klenteng ? Berikut 5 fakta menariknya.

1. Latar Belakang dan Nama Masjid

5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 3

Dilansir dari berbagai sumber, bahwa penamaan masjid ini merupakan bentuk dari penghormatan pada Cheng Hoo, seorang laksamana berkebangsaan Tionghoa yang memilih Islam sebagai agamanya. Bentuk penghormatan ini tidak lain karena kontribusinya menyebarkan Islam yang dimana dikenal dengan nama Indonesia sambil berdagang. Selain itu, dilansir dari laman Sistem Informasi Masjid bahwa Cheng Hoo atau Admiral Zhang Hee ini mendarat di pantai Simongan, Semarang, pada tahun 1410 dan 1416 M bersama armada yang dipimpinnya langsung.

2. Arsitek Masjid Cheng Hoo

5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 4

Seperti yang diketahui bahwa pembuat atau arsitek dari masjid cheng hoo ini adalah Ir. Abdul Aziz dari Bojonegoro. Desain yang dibuatnya diduga kuat terinspirasi dari salah satu masjid yang ada di Beijing lalu dipadukan dengan budaya setempat dan budaya Islam itu sendiri.

3. Peresmian Masjid Cheng Hoo

5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 5

Seperti yang diketahui bahwa pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama pada 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Lalu kemudian pada tanggal 13 Oktober 2002 proses pembangunan masjid selesai dan sudah dapat digunakan untuk beribadah. Setelah itu pada tanggal 28 Mei 2003 Masid Cheng Hoo ini diresmikan oleh Menteri Agama Bapak Prof.Dr.Said Agil Husin Al Munawar.

4. Designnya Yang Mirip Dengan Klenteng

5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 6

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa masjid ini sangat mirip dengan klenteng tionghoa karena perwujudan akulturasi dari budaya Islam dengan Tionghoa itu sendiri. Menarik untuk dikunjungi serta bisa beribadah juga di masjid ini.

5. Arsitektur Masjid Cheng Hoo

5 Fakta Menarik Masjid Cheng Hoo Surabaya, Mirip Dengan Klenteng ya ! 7

Arsitektur masjid yang mirip seperti klenteng ini berlokasi di Surabaya diduga terinspirasi dari Masjid Niu Jie (Ox Street) di Beijing yang dibangun pada tahun 996 M. Masjid dengan dominan warna merah ini memiliki delapan sisi yang melambangkan Pat Kwa (keberuntungan atau kejayaan dalam bahasa Tiongkok).

Selain dari bentuknya yang unik, terdapat angka sebelas yang dimaknai sebagai ukuran ka’bah saat baru dibangun dan angka sembilan yang melambangkan jumlah Wali Songo.

Itulah ke – 5 fakta menarik dari masjid cheng hoo yang mirip dengan klenteng ini. Bagaimana menurutmu ? menarik bukan untuk dikunjungi ? Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap