5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Kuda Nil merupakan hewan mamalia asli yang mempunyai hobi berendam sepanjang . Hewan ini mempunyai bobot mencapai 4,5 ton, jadi tidak heran jika termasuk hewan darat terbesar ketiga . Kamu bisa menemukan kawanan terbanyaknya di danau dan sungai, sekitar wilayah Zambia dan . dari Kuda Nil bisa menjadi tambahan untuk mengenalnya lebih dalam. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Tidak Punya Kelenjar Keringat 

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Kelenjar keringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar dapat mengeluarkan keringat. Ada beberapa hewan seperti Kuda Nil yang tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga tubuhnya mudah dehidrasi. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa Kuda Nil tidak keluar dari kubangan , terutama pada siang hari yang terik. Meskipun begitu, Kuda Nil tetap mempunyai alami berupa cairan berwarna merah.

 

2. Identik dengan Usia yang  

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Jika hewan lain masa hidupnya kurang dari 10 tahun, maka Kuda Nil justru punya usia yang panjang. Mereka bisa dengan rentang usia 40-60 tahun, dan tinggal bersama kelompoknya. unik dari Kuda Nil ini membuatnya menjadi hewan tertua di dunia. Umumnya Kuda Nil betina bisa bertahan lebih lama dibandingkan si jantan, dengan berat tubuh yang lebih berat. Contohnya Bertha, Kuda Nil betina dari Filiphina yang mati di usia 65 tahun.

Baca juga  Hal yang Akan Kamu Sesali Kalau Kamu Tidak Biasakan Sejak Dini

 

3. Sanggup Berendam Sampai 16 Jam

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Kuda Nil dikenal tidak mempunyai kelenjar keringat, sehingga tubuhnya tidak tahan dengan terik . Hal unik ini membuat Kuda Nil harus berendam di danau atau sungai sepanjang hari. Ia mampu berendam selama 16 jam dalam satu hari, dan sanggup bertahan lama di dalam kubangan. Agenda berendam ini membuat Kuda Nil bisa mengatur suhu tubuhnya yang besar, sehingga ia bisa kembali beraktivitas pada hari dan mencari makan.

Baca juga  8 Hal Aneh Seputar Jepang Bagi Orang Asing

Fakta unik dari Kuda Nil ialah saat ia akan membuka mulutnya lebar-lebar. Hal ini menjadi penanda bahwa tersebut merupakan wilayahnya. Esok harinya ketika hendak berendam, Kuda Nil akan pergi ke kubangan yang sudah ditandai. Biasanya, hewan ini mencari kubangan jika airnya terasa kurang menyegarkan di badan.

 

4. Perenang yang Handal 

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Meskipun tubuh Kuda Nil besar, bukan berarti tidak gesit dalam bergerak. Anggapan bahwa hewan besar cenderung lamban nyatanya tidak berlaku pada Kuda Nil. Hewan ini bisa berlari kencang dengan kecepatan sekitar 28-30 km per jam. Jadi, tidak heran jika ia mampu mengejar mangsa tanpa perlu strategi sembunyi-sembunyi. Selain itu, Kuda Nil sanggup menahan nafas di dalam air dalam lebih dari 5 menit.

Baca juga  6 Sifat Wanita Berzodiak Leo, Apakah Kalian Termasuk?

 

5. Aktif di  

5 Fakta Unik dari Kuda Nil, Si Hewan Asli Afrika

Fakta unik dari Kuda Nil yang paling menonjol ialah aktivitasnya sering berlangsung di malam hari. Hal ini terkait dengan tubuhnya yang tidak memiliki kelenjar keringat, dan suhu malam hari cenderung dingin. Ia akan mencari makanan dan menyimpannya dalam empat bilik perut. Dalam sekali makan bisa mencapai porsi besar, serta mencadangkannya untuk asupan esok hari. Sehingga siang harinya ia tidak perlu mencari cadangan makanan lagi.

Kuda Nil menjadi salah satu mamalia bertubuh besar dengan masa yang panjang. Hewan ini tidak mempunyai kelenjar keringat yang membuatnya harus berendam di siang hari. Meskipun bobotnya berat, tetapi Kuda Nil mampu berlari kencang dan merupakan perenang yang handal. Ia mencari makanan di malam hari dan menyimpannya di empat bilik perut, sehingga cukup untuk menyimpan cadangan makanan untuk esok harinya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado