5 Fenomena Alam Ini Aneh Terjadi, Tapi Malah Bikin Kagum

5 Fenomena Alam Ini Aneh Terjadi, Tapi Malah Bikin Kagum 1

Dunia ini sangatlah luas. Di bumi tempat kita tinggal, terdapat banyak sekali hal-hal yang aneh terjadi akibat ulah fenomena alam yang sering kali membuat kita takjub dan bertanya-tanya mengapa itu bisa terjadi. Manusia selalu penasaran, haus akan ilmu pengetahuan.

Apa yang terjadi di sekitarnya membuat manusia meneliti dan mencari tahu hal itu. Ya, memang lebih baik begitu, daripada kita merusak alam, mencari tahu dan mendapat ilmu darinya lebih bermanfaat.

Fenomena alam yang sering terjadi menjadi hal biasa bagi manusia. Seperti halnya hujan bagi orang-orang yang berada di musim hujan. Hujan besar maupun kecil bukanlah hal yang aneh. Bagi orang yang tinggal di Eropa, turunnya salju atau badai salju merupakan hal yang biasa bagi mereka. Ketika ada keanehan dan hal yang berbeda dari biasanya, disitulah menariknya.

Berikut ini beberapa fenomena alam yang aneh terjadi, tapi malah bikin manusia takjub. 

1. Aurora Borealis

rmets.org
rmets.org

Aurora ialah fenomena cahaya terang yang dapat dilihat di langit malam, biasanya terjadi di kawasan kutub. Fenomena aurora di utara sangatlah indah yang dikenali sebagai Aurora Borealis atau Cahaya Utara. Di Eropa, ia kerap muncul di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut.

Aurora Borealis selalu terjadi di antara bulan September dan Oktober serta Maret dan April. Sedangkan fenomena aurora di selatan disebut Aurora Australis atau Cahaya Selatan dan mempunyai sifat-sifat yang serupa.

2. Ice Circles

pinterest.com
pinterest.com

Lingkaran es ini merupakan fenomena alam yang sangat langka. Rupanya seperti piringan bulat layaknya piring, tetapi yang ini adalah es. Fenomena ini ada dikarenakan terjadinya pembekuan pusaran air di sungai. Kejadian menakjubkan ini terjadi di daerah Skandinavia dan Amerika Utara, sementara lingkaran es dengan ukuran lebih kecil pernah ditemukan di Inggris, tepatnya Januari 2009.

3. Columnar Basalt

mountainproject.com
mountainproject.com

Columnar basalt juga sering dikenal dengan sebutan columnar joint. Columnar basalt atau batuan berbentuk menyerupai bidang segi enam ini terbentuk akibat aliran lava yang mendingin saat bertemu air laut. Fenomena ini dapat dijumpai di Giant’s Causeway – Irlandia Utara, Fingla’s Cave – Staffa, Skotlandia, Cape Stolbchaty – Pulau Kuril, Rusia dan tempat-tempat lainnya.

4. Cave Of The Crystals

ripleys.com
ripleys.com

Banyak penemuan-penemuan purba kala yang ditemukan di dalam gua. Entah itu fosil atau artefak serta fenomena alam yang terjadi di dalamnya. Nah, gua yang ini memiliki kristal kristal yang menyeruak di seluruh bagian gua. Gua Kristal atau Gua Kristal Raksasa (Spanyol : Cueva de los cristales).

Lokasinya ada di sebuah situs wilayah Chihuahua, Meksiko. Gua itu ditemukan pada April 2000 oleh Juan dan Pedro Sanchez saat mengebor di tambang. Pada Oktober 2015 , tambang telah terbanjiri kembali dan gua terisi sekali lagi dengan air yang kaya akan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan kristal.

5. Red Tides

gachd.org
gachd.org

Red Tides, fenomena ini adalah air laut pasang merah yang terjadi saat mikroorganisme dalam jumlah sangat banyak terkumpul di daerah pantai akibat terbawa aliran air sungai atau gelombang laut. Akibatnya, air laut berwarna jingga atau merah. Beberapa mungkin akan terkejut berpikir bahwa itu adalah darah. Tapi sebenarnya itu adalah fenomena alam Red Tides.

Itulah beberapa fenomena alam yang aneh terjadi dan bisa membuat kita menyadari betapa indahnya alam ini. Jagalah Alam, Ekosistem Aman. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

waperkejoe

   

Seorang pelajar yang hobi menulis dan membaca.