5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton!

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 1

Film drama Korea memang identik dengan percintaan dan romantis. Kisahnya pun banyak yang membuat penontonnya meneteskan air mata. Namun, 5 film korea ini tidak hanya membuat air matamu terkuras. Terlebih film ini diangkat dari kisah nyata.

Hemm.. siap-siap tisu yah, saat menonton 5 film ini. Karena kisahnya sangat mengharu biru. Jika kamu penggemar film korea, wajib nih nonton! Yuk, simak ulasan kami tentang 5 film korea yang diangkat dari kisah nyata!

 

1. The Himalayas

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 3

The Himalayas menceritakan tentang dua sahabat yang berprofesi sebagai penakluk gunung-gunung ekstrim di dunia. Dua sahabat tersebut Hong Gil (Hwang Jun-Min) dan Mu Taek ( Jung Woo) terpilih dalam tim 14 untuk menaklukan gunung Himalaya.

Namun, perjalanan mendaki gunung Himalaya tidaklah mulus. Hong Gil mengalami cidera cukup parah yang mengharuskannya pensiun dari dunia mendaki. Beberapa tahun berlalu, akhirnya Hong gil berpindah haluan menjadi pelatih terkenal, sementara Mu Taek masih berprofesi sebagai pendaki.

Suatu hari Mu Taek ditugaskan untuk mendaki gunung Everest. Namun naas, Mu Taek meninggal dunia dalam perjalanan pendakian tersebut. Hong Gil merasa bersalah karena ia sangat mendukung apa yang di lakukan Mu Taek.

Hong Gil berinisiatif untuk mencari keberadaan Mu Taek dan membentuk tim penyelamatan. Mampukan Hong Gil menemukan jenazah mu Taek? Jangan lupa nonton yah! Selain mengharukan kisah ini juga sarat akan makna sebuah persahabatan.

 

2. Hope

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 4

Film Hope bercerita tentang kisah seorang anak berumur 8 tahun yang menjadi korban kekerasan seksual. Sowon (Lee Re) adalah gadis kecil yang cantik dan pintar. Dalam perjalanannya menuju sekolah Sowon diperkosa dan dipukuli oleh pria tua yang sedang mabuk. Akibat kejadian tersebut Sowon mengalami trauma berat yang membuatnya tidak mau bertemu dengan orang dewasa termasuk dengan ayahnya sendiri.

Untuk menyembuhkannya di butuhkan dukungan dari orang-orang terdekatnya. Karena bukan hanya fisik yang terluka namun juga psikologis.

 

3. Silenced

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 5

Film Silenced diangkat dari novel yang menceritakan kisah nyata seorang guru yang menyelidiki kasus penyiksaan yang dialami oleh murid-muridnya. Film ini rilis pada tahun 2011. Seorang guru kesenian  bernama Kang In Hoo ( Gong Yoo) yang mengajar disebuah sekolah khusus anak-anak tunga rungu di Mujin, sebuah desa yang jauh dari kota Seul.

Disana In Hoo menemukan fakta mengejutkan bahwa anak-anak mengalami kekerasan fisik maupun seksual oleh para guru dan kepala sekolah. Tak tinggal diam In Hoo bersama seorang aktivis HAM Seo Yu Ji ( Jung Yu Mi) bersama-sama membantu anak-anak untuk mengekspos kasus tersebut. Namun mereka memiliki rintangan berat. Pasalnya baik staff, guru, kepala sekolah, polisi, bahkan hakim berupaya menutupi kasus tersebut.

 

4. New Trial

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 6

Film New Trial merupakan film yang diangkat dari kisah nyata dalam lingkup hukum. Film ini menceritakan seorang saksi Hyung Woo ( Kang Ha Neul). Ia adalah satu-satunya saksi pembunuhan sopir pada 15 tahun yang lalu. Namun, penegak hukum ia salah di hukum dan divonis karena telah membunuh sopir, ia sudah menjalani 10 tahun penjara.

Hingga pada suatu hari seorang pengacara Joon Young ( Jung Woo) yang merupakan penhacara bidang utang keuangan tertarik dengan kasus Hyung Woo. Ia berusaha melakuakan penyelidikan mendalam untuk membersihkan nama Hyung Woo.

Dalam film ini memperlihatkan keadilan yang sangat sulit di peroleh. Apalagi bagi orang biasa, yang tidak memiliki harta, tahta dan koneksi.

 

5. The Attorney

5 Film Drama Korea Yang di Angkat Dari Kisah Nyata, Wajib Nonton! 7

Masih seputar dunia hukum. The Atthorney merupaka film yang diangkat dari kisah nyata tragedi Burim pada tahun 1981. Saat rezim otoriter berkuasa, 22 siswa, guru dan pekerja kantoran dari sebuah perusahaan klub buku ditangkap dengan tuduhan simpatisan korea utara.

Roh Moo Hyun merupakan pengacara pajak dari Busan, membentuk tim kuasa untuk membela orang-orang yang ditangkap oleh pemerintah tersebut. Ia kemudian menjadi pengacara hak asasi manusia yang sangat terkenal pada era 80-an. Roh Moo Hyun kemudian menjadi presiden kesembilan Korea Selatan. Dalam film tersebut pengacara membela mati-matian siswa yang tidak bersalah.

Nah, itulah 5 film, Korea yang diangkat dari kisah nyata. Sayang sekali kan untuk dilewatkan. Daripada penasaran yuk ditonton filmnya. Karena selain memilukan kamu juga bisa dapat hikmah dari berbagai kisah nyata yang ada di film.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty