5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 1

Robert Downey Jr, siapa yang asing dengan nama tersebut. Robert Downey Jr. atau yang lebih sering disingkat RDJ adalah aktor terkenal dengan bayaran mahal di Hollywood. RDJ paling dikenal sebagai Tony Stark dalam film Iron Man dan film-film Marvel Cinematic Universe. Tapi terlepas dari itu, ada beberapa film RDJ yang iconic dan layak untuk ditonton, termasuk perannya sebagai Iron Man. Penasaran? Berikut beberapa film RDJ yang iconic:

Chaplin [1992]

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 3

Chaplin adalah sebuah film komedi-drama sekaligus biografi seorang komedian legendaris, Charlie Chaplin. Film yang tayang ditahun 1992 ini mengisahkan tentang kehidupan komedian Inggris Charlie Chaplin. Film tersebut diproduksi dan disutradarai oleh Richard Attenborough dan dibintangi oleh Robert Downey sebagai pemeran utamanya.

Bagi yang suka film lawas, film ini cocok untuk menemani kalian sambil bernostalgia. Dari film biografi ini juga bakal menambahkan pengetahuan mengenai kisah hidup Charlie Chaplin, komedian legendaris dunia.

Iron Man [2008]

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 4

Iron Man adalah sebuah film yang diangkat berdasarkan tokoh Marvel Comics, Iron Man. Film ini adalah film pertama dari Marvel Cinematic Universe. Film ini disutradarai oleh Jon Favreau dan dibintangi oleh Robert Downey Jr. sebagai Iron Man sekaligus tokoh utamanya. Film ini dirilis pada 2 Mei 2008 di Amerika Serikat.

Alur film ini mengisahkan bagaimana seorang pengusaha dan jutawan bernama Tony Stark harus bebas dari tawanan teroris yang mengurungnya di dalam gua. Dalam gua tersebut, Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. berhasil membuat sebuah baju zirah yang ia tempa sendiri di dalam gua. Dalam perkembangannya, ia menamai dirinya sebagai Iron Man

Film ini adalah film pertama yang mengantarkan Robert Downey Jr. dalam puncak karirnya. Melalui film ini, Robert Downey Jr. berhasil menjadi aktor yang sangat lekat kaitannya dengan Iron Man. Orang-orang akan mengingat Robert Downey Jr. sebagai Iron Man dan juga akan mengingat Iron Man sebagai Robert Downey Jr. Melalui kesuksesannya memerankan karakter Tony Stark dalam franchise Iron Man, RDJ menjadi aktor dengan bayaran termahal kala itu.

Robert Downey Jr. akhirnya mendapatkan kontrak untuk bermain di berbagai film Marvel Cinematic Universe lainnya. Seperti Spiderman Homecoming dan Avengers. Jika merasa cocok dengan RDJ sebagai Iron Man, kalian harus menonton sekuel selanjutnya dari Iron Man dan film-film Marvel Comics lainnya.

Sherlock Holmes [2009]

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 5

Sherlock Holmes adalah sebuah film misteri tahun 2009 yang didasarkan pada karakter dengan nama yang sama yang dibuat oleh Sir Arthur Conan Doyle. Film ini disutradarai oleh Guy Ritchie. Robert Downey Jr. dan Jude Law masing-masing memerankan karakter Sherlock Holmes dan Dr. John Watson.

Alur film ini mengisahkan bagaiman Sherlock Holmes bersama rekannya Dr. Watson harus memberantas kasus misteri yang menyangkut sekte baru di kotanya dengan unsur mistis dan berbagai ritual di dalamnya. Sherlock Holmes memecahkan unsur mistis tersebut menggunakan ilmu sains yang ia pahami.

Diangkat dari novel terkenal dengan judul yang sama memberikan daya tarik tersendiri bagi film ini. Bagi para penikmat novel detektif dan penyuka misteri, pasti tidak asing dengan karakter bernama Sherlock Holmes. Melalui film ini, kita akan mendapatkan visualisasi secara langsung bagaimana Sherlock Holmes melakukan penyelidikannya dengan RDJ sebagai pemerannya.

Jika merasa cocok dengan film satu ini, kalian harus menonton sekuel selanjutnya yang berjudul Sherlock Holmes: A Game of Shadows. Sekuelnya menceritakan bagaimana kelanjutan Holmes membasmi kejahatan ketika Dr. Watson harus menikah dan berbulan madu meninggalkan Holmes. Film ketiga Sherlock Holmes sedang dalam proses penggarapan di tahun 2021 dengan Robert Downey Jr. menjadi tokoh utamanya.

The Judge [2014]

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 6

The Judge adalah sebuah film drama Amerika 2014 yang disutradarai oleh David Dobkin. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 10 Oktober 2014 dengan dibintangi oleh Robert Downey Jr sebagai pemeran utama.

Alur film ini mengisahkan bagaimana seorang pengacara, Hank Palmer harus kembali ke rumah masa kecilnya ketika mendengar kabar jika ibunya telah meninggal. Disamping itu, ia harus mengurus kasus yang menyeret ayahnya sebagai hakim kota tersebut atas kasus pembunuhan. Hank yang diperankan oleh RDJ harus mengungkapkan kebenaran mengenai ayahnya dan membelanya di depan hakim.

Film ini bisa menjadi selingan setelah melihat bagaimana canggihnya RDJ sebagai Tony Stark dengan berbagai macam teknologi modern yang mengelilinginya, atau sebagai Sherlock Holmes dengan berbagai misteri dan petualangannya.

Melalui film drama ini dapat melihat sisi sentiment seorang RDJ sebagai anak seorang hakim yang terdakwa bersalah atas pembunuhan. Film ini cukup menyentuh dengan ending yang mengharukan

Avengers: Endgame [2019]

5 Film Robert Downey Jr. Yang Wajib Ditonton 7

Avengers: Endgame adalah film superhero yang rilis pada tahun 2019 yang didasarkan pada tim superhero Avengers dari Marvel Comics. Film ini merupakan sekuel The Avengers 2012, film 2015 Avengers: Age of Ultron dan film 2018 Avengers: Infinity War, dan film kedua puluh dua dari Marvel Cinematic Universe (MCU). 

Film ini mengisahkan bagaimana para Avengers yang selamat dari jentikan jari Thanos berusaha mengembalikan warga yang hilang akibat ulah Thanos. Avengers yang tersisa harus menghadapi kenyataan bahwa tidak mungkin mengembalikan warga yang hilang tanpa Infinity Stone.

Avengers: Endgame sendiri merupakan lanjutan dari Avengers: Infinity War. Kedua film tersebut tidak bisa dipisahkan, jadi harus menontonnya secara urut. Film ini juga merupakan penutup dari karir RDJ sebagai Tony Stark dalam cerita Marvel Cinematic Universe. Film ini sangat tepat sebagai penutup yang paripurna dari kisah perjalanan RDJ sebagai Tony Stark. Tak sedikit yang kagum sekaligus sedih melihat pengorbanan Tony Stark di puncak film.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto