5 Film Space Opera Sebelum Nonton Dune 2021

5 Film Space Opera Sebelum Nonton Dune 2021 1

Space Opera adalah sub genre sci fi yang memadukan imaji masa depan futuristik dengan drama heroik nan epik. Biasanya film bertema space opera menggambarkan manusia sebagai peradaban dominan di luar angkasa. 

Mengutip Warner Bros ID, Dune 2021 siap mengguncang bioskop Indonesia mulai 13 Oktober. Sambil menunggu rilis, yuk nonton 5 film space opera berikut ini. 

1. Valyrian And The City Of A Thousand Planets (2017)

Poster Valyrian And The City Of A Thousand Planets (2017)Sumber: Syfy, 2017
Poster Valyrian And The City Of A Thousand Planets (2017)Sumber: Syfy, 2017

Film ini menggambarkan zaman keemasan umat manusia sebagai titik pusat peradaban semesta. Dengan bantuan teknologi, manusia membangun hunian untuk berbagai makhluk luar angkasa. 

Berabad-abad manusia telah menjaga kedamaian semesta, mendadak diserang oleh kekuatan jahat yang tak dikenal. Dua agen polisi, Laureline (Cara Delevingne) dan Valerian (Dane DeHaan) Harus bekerja sama untuk menjaga kedamaian semesta.

2. Serenity (2005)

Summer Glau dalam Film Serenity (2005)Sumber: thatfilmguy, 2012
Summer Glau dalam Film Serenity (2005)Sumber: thatfilmguy, 2012

Film ini menceritakan Malcolm Reynolds (Nathan Fillion), seorang veteran perang antariksa dan nahkoda kapal bajak laut bernama Serenity. Reynolds menjalani kehidupan yang relatif damai, menyelundupkan obat-obatan dan mengais kapal karam. Namun kedamaian ini terusik ketika seorang agen rahasia tiba-tiba membuntuti Reynolds.

Serenity merupakan debut Joss Whedon sebagai sutradara. Dilansir MTV, Disney jatuh hati melihat potensi bakat Whedon. Dia mampu menciptakan berbagai macam karakter yang unik, sebuah talenta yang krusial saat menyutradarai Avengers.

3. Stargate (1995)

Tangkapan Layar Film Stargate (1995)Sumber: Ultrakillblast, 2019
Tangkapan Layar Film Stargate (1995)Sumber: Ultrakillblast, 2019

Bagaimana kalau piramida mesir benar-benar dibangun oleh alien? Daniel Jackson (James Spader) dan Jack O’Neill (Kurt Russell) memimpin ekspedisi militer melewati portal antar galaksi yang dinamai stargate. Setelah menyeberang, mereka menemukan peradaban manusia yang menyembah dewa mesir kuno.

Dilansir Box Office Mojo, Stargate meraup keuntungan sebesar $125 juta dalam pasar internasional. Saking suksesnya, Metro-Goldwyn-Mayer atau MGM memberikan lampu hijau untuk memproduksi tiga serial televisi.

4. Starship Troopers (1994)

Tangkapan Layar Film Starship Troopers (1995)Sumber: MUBI
Tangkapan Layar Film Starship Troopers (1995)Sumber: MUBI

Starship Troopers menceritakan Juan Rico (Casper Van Dien), seorang alumni SMA yang mendaftarkan dirinya sebagai taruna militer. Nahasnya, Rico tak habis pikir kalau dia akan terlibat dalam perang besar-besaran antara manusia dengan serangga raksasa.

Bagi generasi 1990-an pasti tak asing dengan hidden gem satu ini. Film space opera ini digarap oleh Paul Verhoeven, sutradara legendaris di balik Total Recall dan RoboCop.

5. Dune (1984)

Kyle McLachlan dalam Film Dune (1984)Sumber: Gizmodo, 2020
Kyle McLachlan dalam Film Dune (1984)Sumber: Gizmodo, 2020

Dune menceritakan perebutan sengketa antara dua klan bangsawan atas Arrakis. Arrakis merupakan planet penghasil “the spice”, zat yang dapat memperpanjang hidup manusia. 

Film ini mengajak penonton untuk membayangkan rumitnya dunia politik manusia di masa depan. Ketegangan antara klan tersebut mewarnai film Dune dengan drama kolosal yang epik. 

Dune adalah buku yang terkesan sulit diadaptasi. Cerita ini membutuhkan seseorang yang paham dengan kompleksitas plot hingga tema filosofisnya. 

Dilansir Fansided, fans optimis ketika David Lynch diumumkan sebagai sutradara. Saat itu Lynch dipilih karena memiliki gaya visual yang cocok untuk Dune.

Itulah lima rekomendasi film space opera yang bisa kamu tonton sebelum menyaksikan Dune 2021 tanggal 13 Oktober nanti.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.