5 Fitur dari Android 11 Ini Ternyata Mirip IPhone


5 Fitur dari Android 11 Ini Ternyata Mirip IPhone 1

Dua pesaing berat dunia teknologi, Android dan IPhone memang tak henti-hentinya berlomba untuk meneguhkan siapa yang terbaik. Semua hal dilakukan, mulai dari inovasi hingga ekspansi pasar.

Beberapa orang nampaknya memiliki karakter loyalis, yakni cinta mati pada satu produk saja, entah itu Android atau IPhone. Namun banyak juga yang memilih karena beberapa pertimbangan tertentu.

Bicara tentang inovasi, sebenarnya di awal tahun 2020 ini, Android akan meluncurkan varian terbarunya yang diberi nama Android 11. Tentu ini merupakan hal yang paling dinanti-nanti publik pecinta gadget sedunia.

Namun sayang rencana rilis versi terbaru Android 11 itu urung dilaksanakan. Beberapa faktor diduga menjadi penyebabnya, namun pernyataan resmi mengatakan bahwa hal ini terkait kondisi politik dan keamanan dalam negeri Amerika Serikat.

Seperti diketahui, Amerika Serikat sedang tenggelam dalam hingar bingar demo menolak rasisme paska kematian George Floyd yang mengalami kekerasan oleh seorang petugas kepolisian bernama Derek Chauvin.

Walau begitu, sudah ada bocoran bahwa nanti akan ada banyak fitur baru di Android 11. Nah tidak disangka, dari banyaknya fitur baru itu, beberapa diduga mirip dengan yang dimiliki Apple IPhone.

Lantas apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut adalah 5 fitur Andori 11 yang diklaim karena ternyata mirip dengan milik IPhone.

 

Fitur Perekam Layar (Screen Recorder)

Google sebagai perusahaan induk dari Android berencana akan melengkapi Andorid 11 dengan fitur perekam layar atau screen recorder.

Asal diketahui saja, ini merupakan fitur yang ditunggu-tunggu pecinta game. Para gamers selama ini menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan perekaman layar ketika mereka sedang bermain game. Fitur ini sebelumnya sudah ada di IPhone.

 

Screenshot Interface

Masih mengenai fitur rekam merekam layar, jadi nantinya di Android 11 akan ada layanan screenshot interfase. Asal tahu saja ya, metode screenshot interface ini sudah ada di IOS 11.

Apa sih kelebihan fitur ini. Jadi para pengguna nantinya bisa melakukan tindakan tangkapan layar dan hasilnya akan muncul di bagian sudut kanan bawah monitor smartphone kamu. Nah, hasil itu ternyata bisa diedit lalu pengguna bisa membagikan hasilnya ke sosial media atau perpesan.

 

OS-Level Smart Home Control

Para pengguna Apple pasti sudah paham dengan fitur HomeKit yang ada di IOS 10. Nah Google akan melengkapi Android 11 dengan fitur yang mirip dengan itu, yakni OS-Level Smart Home Control.

 

Drop Down

Nantinya Android 11 akan memiliki fitur drop down yang membuat para penggunanya mendapatkan kemudahan untuk bisa beralih ke perangkat keras lainnya.

Fitur ini sebenarnya sangat mirip dengan airplay, yang memudahkan para pengguna IOS dari Apple untuk beralih ke perangkat yang lainnya.

 

Perizinan Satu Kali (One-Time Permission)

RIbet dengan berbagai permintaan izin dari aplikasi yang Anda download. Tenang saja, semua akan menjadi sangat mudah. Ini karena di Android 11, pengguna akan dimanjakan dengan fitur perizinan satu kali alias one time permission. Ini merupakan opsi untuk menyetujui izin sementara pada layanan aplikasi untuk melakukan akses ke fitur tertentu. Misalnya, membaca pesan, data lokasi, microfon dan kamera. Asal tahu saja, fitur ini sebelumnya sudah ada di IOS.

Kehadiran fitur-fitur tersebut tentu membuat Android 11 makin bertaji menghadapi IOS. Namun apakah IOS akan diam saja? Atau jangan-jangan Apple sedang memikirkan inovasi lainnya yang mengejutkan? Kita nantikan saja pertarungan dua korporat teknologi ini.


Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap