5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 1

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari energi nuklir yang mungkin akan membuat kamu terkejut diantaranya adalah sebagai pembangkit listrik, pertanian dan pangan, medis, eksplorasi ruang angkasa, dan desalinasi air.

Pembangkit listrik

5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 3

Ini merupakan fungsi utama dari nuklir yaitu sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir Proses mengubah nuklir menjadi listrik adalah atom akan dilepas terlebih dahulu. Dalam proses fisi nuklir, atom dibelah untuk melepaskan energi tersebut.

pembangkit listrik tenaga nuklir adalah mesin yang dapat mengontrol fisi nuklir untuk menghasilkan listrik. Bahan bakar yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir adalah pelet yang terbuat dari unsur uranium. Dalam pembangkit listrik ini, atom uranium dipaksa untuk pecah dan menghasilkan panas yang bisa menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan oleh pembangkitan listrik tenaga nuklir memliki tenaga yang sangat kuat dan besar.

Pertanian dan pangan

5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 4

banyak petani di seluruh dunia saat ini sudah menggunakan radiasi untuk mencegah hama dan serangga pemakan tanaman. Akibatnya jumlah dari serangga berkurang dan tidak ada lagi kerusakan pada tanaman

Radiasi juga membunuh bakteri dan organisme berbahaya lainnya dalam makanan. Radiasi yang diberikan tidak akan menyebabkan makanan menjadi radioaktif dan juga tidak mempengaruhi nilai gizi dari makanan. Nyatanya, radiasi merupakan satu-satunya cara paling efektif untuk membunuh bakteri pada makanan mentah dan makanan beku

Medis

5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 5

Teknologi nuklir dapat membantu manusia untuk mengobati penyakit misalnya, penelitian nuklir dapat memprediksi secara tepat jumlah radiasi yang diperlukan untuk membunuh tumor kanker tanpa merusak sel-sel sehat.

Rumah sakit juga mensterilkan alat-alat medis mengunakan radiasi sinar gamma.

Eksplorasi ruang angkasa

5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 6

Teknologi nuklir dapat memungkinkan eksplorasi ruang angkasa dengan generator pesawat tanpa awak dan menggunakan panas yang dihasilkan dari plutonium (bahan bakar nuklir) untuk menghasilkan listrik dan dapat beroperasi tanpa pengawasan selama bertahun-tahun. Sumber listrik yang sangat besar ini bisa menggerakkan pesawat luar angkasa dengan jangka waktu yang lama.

Desalinasi air

5 Fungsi Dari Energi Nuklir Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui 7

Desalinasi air adalah proses untuk menghilangkan garam dari air asin (seperti air laut) untuk membuat air yang bisa diminum. Seperlima dari penduduk dunia tidak memiliki akses air minum yang cukup. Energi nuklir yang dibutuhkan untuk mendesalinasi air minum harus besar dan pastinya membutuhkan biaya juga waktu yang cukup lama.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Bukan siapa-siapa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments