5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 1

Memang sudah banyak kasus yang terjadi bahwa penyebab kematian tertinggi di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Dan biasanya sebelum di diagnosis terkena penyakit jantung, akan ada gejala – gejala yang mungkin kamu tidak ketahui atau beranggapan sepele yang tidak diduga bisa menyebabkan kematian mendadak. Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung seperti cara atau pola hidup yang tidak sehat, diet tidak sehat, kurang olahraga, dan selalu merasa stres. Dengan melakukan gaya hidup seperti itu sebaiknya kamu mulai waspada, karena berikut ini ada 5 gejala awal yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

1. Sesak Nafas

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 3

Gejala awal yang paling umum terjadi oleh penderita penyakit jantung adalah sesak nafas. Menurut studi yang dilakukan oleh Circulation Research: Journal of the American Heart Association, menjelaskan bahwa ada lebih dari 40 persen perempuan yang cenderung mengalami sesak nafas di saat sebelum terjadinya serangan jantung. Contohnya seperti saat kamu tiba – tiba merasa lelah dan ngos – ngosan naik tangga, menyapu halaman, atau melakukan aktivitas yanglain, namun belum pernah terjadi sebelumnya, maka gejala – gejala seperti ini perlu kamu waspadai.

2. Sering Merasa Cepat Lelah

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 4

Jika kamu merasa cepat lelah saat melakukan aktivitasmu maka ini mungkin gejala dari penyakit jantung karena terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Dan ketika kamu merasa cepat lelah bahkan saat bangun tidur, sebaiknya kamu segera untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jantung.

3. Merasa Mual

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 5

Gejala seperti sering merasa mual dan pusing juga bisa menjadi faktor bahwa kamu memiliki penyakit jantung, yang dimana diawali dengan pembengkakan di area perut. Rasa mual yang berlebihan juga akan sangat mempengaruhi nafsu makanmu. Menurut penelitian yang melakukan sebuah riset mengatakan bahwa wanita akan lebih sering mengalami rasa mual, muntah serta gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang terserang penyakit jantung.

4. Nyeri Dada

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 6

Sering merasa nyeri di dada juga merupakan salah satu gejala penyakit jantung, namun tidak menutup kemungkinan bahwa semua gejala nyeri di dada adalah gejala untuk penyakit jantung. Biasanya untuk penyakit jantung sendiri akan terasa di dada bagian kiri. Munculnya gejala seperti rasa nyeri ini juga bisa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah arteri yang membuat darah tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh secara normal. Karena itu, penderita akan merasa lemah dan mati rasa.

5. Sakit Kepala

5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai 7

Ketika kamu mengalami rasa sakit kepala saat terkena paparan sinar, maka kamu harus waspada karena mungkin itu merupakan tanda bahwa kamu memiliki masalah pada jantung. Denyut jantungmu akan bisa terasa lebih cepat atau lambat. Sakit kepala juga bisa terjadi karena adanya penyimpanan sirkulasi darah akibat tersumbatnya pembuluh darah arteri yang dimana sirkulasi darah di dalam tubuh tidak mengalir dengan baik dan menjadi tidak normal.

Itulah ke – 5 gejala penyakit jantung yang harus kamu ketahui dan waspada. Jika merasa mengalami gejala – gejala seperti di atas, sebaiknya segeralah konsultasi ke dokter. Jangan sampai terlambat. Semoga bermanfaat ya !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng