5 Hal Tentang VTuber Yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Hal Tentang VTuber Yang Wajib Kamu Ketahui!

atau yang biasa disingkat sebagai  merupakan istilah yang beberapa tahun belakangan ini sangat ramai diperbincangkan di internet.

sendiri sebetulnya sama dengan lainnya yang membuat variatif yang di upload di situs .

Namun yang membedakannya adalah mereka digambarkan sebagai karakter atau untuk berinterkasi dengan para penontonnya.

kebanyakan digambarkan dengan karakter anime yang kawaii dan ikonik dengan kepribadian dan setting yang sudah ditentukan sebelumnya.

Mereka biasanya menggunakan identitas baru dengan nama, umur, , dan latar belakang yang berbeda.

Namun, tidak sedikit juga ada yang menggunakan nama asli bahkan menampilkan wajah asli di channel mereka.

Kebanyakan dari mereka berinteraksi dengan penonton melalui live streaming. yang mereka bagikan bisa berbagai macam seperti gaming, free talk, bernyanyi, cover lagu, bahkan memasak.

Untuk kamu yang tertarik dengan industri yang bisa dibilang cukup baru ini, maka kamu juga harus tahu beberapa hal penting ini agar kamu tidak ketinggalan informasi.

Paling Populer

Gawr Gura
Gawr Gura

Pada tahun 2016 Kizuna AI bisa dibilang yang paling populer dan merupakan salah satu pelopor dalam industri .

semakin populer pada tahun 2020, tercatat sudah ada lebih dari 10.000 dari berbagai negara yang membuat mereka di

Baca juga  Facebook dan Instagram Berpengaruh Kuat Terhadap Karir

. Pada tahun 2020 juga, Gawr Gura debut di bawah agensi Hololive dan menjadi VTuber dengan subscriber terbanyak yaitu 3.920.000 subscriber, dan disusul oleh Kizuna AI sebanyak 3.090.000 subscriber.

Pendapatan Yang Fantastis

Usada Pekora
Usada Pekora

Perkembangan VTuber yang sudah bertumbuh dengan sangat pesat ini, memberikan banyak keuntungan terhadap perusahaan, brand, dan VTuber itu sendiri.

Mereka mendapatkan pendapatan dari berbagai macam cara yaitu Adsense, superchat atau donasi, partnership dengan brand, sampai menjual merchandise mereka sendiri.

Pendapatan yang mereka dapatkan juga tidak main-main. Contoh pendapatan yang bisa kita lihat adalah dari superchat atau fitur donasi saat VTuber melakukan live streaming.

Tercatat VTuber dengan pendapatan superchat  terbanyak adalah Uruha Rushia (Retired) dari agensi Hololive yang sudah medapatkan sebanyak 47 miliar rupiah, disusul oleh Kiryu Coco (Retired) dari Hololive sebanyak 42 miliar rupiah, lalu Usada Pekora dari Hololive sebanyak 31 miliar rupiah.

Mayoritas VTuber dengan donasi terbanyak merupakan VTuber wanita dari agensi Hololive.

Namun pada posisi ke-8 ada Kuzuha, seorang VTuber pria dari agensi Nijisanji dengan superchat sebanyak 22 miliar rupiah.

VTuber Agensi Dan Independen

Video kolaborasi Hololive dan Nijisanji
kolaborasi Hololive dan Nijisanji

VTuber bisa memulai membuat dengan membuat karakter dan channel mereka sendiri ataupun bisa berdiri dibawah naungan agensi yang sudah besar, contohnya seperti Hololive, Nijisanji, dan banyak lainnya.

Baca juga  5 Hal Yang Harus Diperhatikan Jadi Youtuber

Hololive merupakan agensi VTuber Jepang dari perusahaan entertainment  COVER Corporation.

Pada tahun 2022, ada sekitar 68 VTuber yang aktif di bawah agensi ini dengan total subscriber mencapai 58 juta.

Hololive sendiri memiliki beberapa cabang seperti Hololive Japan, Hololive English, Hololive Indonesia, dan Holostars (VTuber pria).

Nijisanji merupakan agensi VTuber Jepang dari perusahaan ANYCOLOR Inc. yang berdiri pada tahun 2018.

Pada tahun 2022, ada sekitar 200 lebih VTuber yang aktif di bawah agensi ini. Nijisanji juga sudah berkembang ke pasar luar seperti Cina, Indonesia, Korea Selatan, dan Inggris.

VTuber independen atau indie juga tidak kalah dengan para VTuber dari agensi besar. Ada banyak VTuber indie yang populer seperti Bao The Whale, Uto, Kson, dan banyak lainnya.

Komunitas Yang Besar

Contoh potongan video yang dibuat
Contoh potongan yang dibuat

Jika kamu sudah masuk ke dalam rabbit hole dunia VTuber, maka kamu akan susah keluar dari sana.

Mereka yang tertarik dari sebuah potongan klip lucu atau menarik dari satu VTuber, akan terus mencari lainnya dan menjadi penggemar yang loyal.

Kebanyakan orang baru, tertarik dari potongan klip yang sudah di-edit dan diterjemahkan oleh penggemar lama.

Baca juga  Intip! Berapa Penghasilan Youtuber Konten Makanan Berikut

Bahkan sekarang sudah banyak channel yang memotong bagian lucu dari sebuah livestream menerjemahkannya ke berbagai bahasa.

Beberapa channel juga sudah terbilang cukup besar dengan subscriber mencapai ratusan ribu. 

Banyak juga penggemar yang mendukung dengan cara membuat animasi pendek, fanart, cover, bahkan meme yang mereka bagikan ke lainnya.

Perkembangan VTuber Indonesia

MAHA5
MAHA5

Besarnya minat VTuber di Indonesia bisa dilihat dari banyak agensi luar yang membuka cabang mereka di Indonesia.

Contoh VTuber dari agensi luar yang sudah populer adalah Kobo Kanaeru, Kureiji Ollie, dan Moona Hoshinova dari Hololive ID dengan subscriber yang sudah mencapai jutaan.

Tidak hanya agensi luar, ada juga agensi VTuber Indonesia seperti MAHA5 dan Yume Reality.

Contoh VTuber dari agensi ini adalah Andi Adinata dari MAHA5 dengan 617.000 subscriber dan Nekoyama Sena dari Yume Reality.

Itulah beberapa hal dari VTuber yang perlu kamu ketahui. Industri yang sudah semakin besar ini harus kita perhatikan dan antisipasi karena bisa jadi tren yang lebih besar di masa yang mendatang.

Apakah kalian tertarik pada dunia VTuber atau ingin menjadi salah satu dari mereka?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lim Chan