5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil


5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 1

Pada umumnya anak – anak memang sangat suka jika dimanjakan, hal ini karena anak akan merasa lebih senang dan bahagia karena dimanjakan oleh orang tuanya dan tentunya membuat para orang tua bahagia melihat anaknya selalu tersenyum. Tetapi tahukah kamu bahwa memanjakan anak bisa berdampak buruk untuk waktu ke depannya ? Memang kondisi seperti ini bukanlah hal yang salah, namun terlalu mudah mendapatkan sesuatu akan membuat anak – anak akan terus menerus bergantung pada orang tua. Karena itu, berikut ini ada 5 hal yang akan terjadi jika anak selalu dimanjakan.

1. Dia Akan Sangat Manja Meskipun Sudah Beranjak Dewasa

5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 3

Perlakuan manja yang sering dia dapatkan waktu masih kecil bisa berlanjut hingga dia dewasa. Terlebih lagi sang anak akan menjadi seseorang yang sangat manja dan selalu bergantung pada kedua orang tuanya. Dan kondisi seperti ini tentu saja bukanlah hal yang baik, karena sebagai orang dewasa dia sudah harus bisa hidup mandiri dan menghilangkan sifat kekanak – kanakannya seperti selalu dimanjakan agar kelak dia akan bisa menjalani hidup sendiri walaupun orang tuanya sudah tidak ada.

2. Dia Akan Selalu Kecanduan Untuk Terus Dimanjakan Sesuai Dengan Usianya

5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 4

Perlakuan manja yang terus diberikan kepada anak akan secara terus – menerus bisa membuat dia menjadi ketagihan, dan hal ini membuat sifat manjanya akan mengikuti sesuai dengan usianya yang semakin bertambah. Jika waktu kecil dia hanya dimanjakan dengan meminta dibelikan barang – barang seperti mainan anak, namun saat dewasa nanti sang anak mungkin ingin dimanjakan dengan membelikannya motor bahkan mobil. Dengan perlakuan sepertia ini, membuat para orang tua akan semakin berpikir bagaimana menghilangkan sifat manjanya yang sudah terbawa dari masa kecil.

3. Dia Tidak Akan Mendapatkan Pelajaran Yang Berharga Dalam Hidupnya Bahwa Segala Sesuatunya Harus Didapatkan Dimulai Dengan Bekerja Keras

5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 5

Sebagai orang tua tentunya harus bisa mendidik dan mengajarkan anak dengan baik yaitu salah satunya dengan menanamkan pada anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan, harus dimulai dengan bekerja keras dan tidak pantang menyerah. Jika dari kecil sudah mendapatkan perlakuan seperti selalu dimanjakan dengan membelikan apa saja yang dia inginkan, tentu semuanya akan terasa sangat mudah baginya dan tidak akan pernah tahu bahwa ada sebuah pengorbanan dan usaha kerja keras di balik apa yang harus didapatkan.

4. Dia Hanya Akan Tahu Meminta Tetapi Tidak Mau Untuk Berusaha dan Bekerja Keras

5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 6

Jika sang anak selalu dituruti apa yang dia inginkan, apa jadinya kelak saat beranjak dewasa nanti ? Dia hanya akan memiliki keahlian untuk meminta tanpa harus tahu bagaimana mau untuk berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Oleh sebab itu, mulai dari dini, anak – anak harus diajarkan bagaimana segala sesuatunya harus dilakukan dengan mandiri dan mau bekerja keras agar kedepannya dia mengerti bahwa hidup ini tidak harus bergantung pada orang lain.

5. Dia Tidak Akan Memiliki Pendirian Sama Sekali, dan Hanya Bergantung Pada Orang Lain

5 Hal Yang Akan Terjadi Jika Anak Selalu Dimanjakan Dari Kecil 7

Terlalu memanjakan anak akan membuat dia tidak memiliki pendirian sama sekali, dan hanya akan mengikuti perkataan atau pendapat orang lain dibandingkan dengan dirinya sendiri. Kondisi seperti ini jika terus berlanjut akan sangat buruk untuk dia kedepannya, dia akan merasa dirinya selalu tidak mampu untuk mempertimbangkan sesuatu karena dari kecil sudah selalu dimanjakan dan bergantung pada orang lain.

Itulah ke – 5 hal yang akan terjadi jika anak selalu dimanjakan dari kecil, bagaimana menurut para orang tua ? apakah hal ini sangat perlu diperhatikan lagi atau memang sudah sewajarnya memanjakan anak waktu masih kecil ? Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap