5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 1

Payung menjadi benda yang harus selalu ada di setiap rumah, terlebih bila menjelang musim hujan. Payung memang tidak hanya digunakan di musim hujan saja tetapi biasanya permintaan payung di pasaran meningkat ketika musim hujan tiba. Berbagai jenis payung akan banyak dicari orang ketika tanda-tanda musim hujan akan tiba. Karena banyak permintaan payung ketika musim hujan menjelang maka penjual payung pun bermunculan di berbagai tempat.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 3

Biasanya kita akan kebingungan memilih payung yang bagus karena banyaknya pilihan yang ditawarkan penjual. Oleh penjual, semua payung biasanya diklaim sebagai payung yang bagus.

Nah, supaya tidak salah membeli payung yang akhirnya membuat kecewa, kita harus paham ciri-ciri payung yang bagus, kuat, dan awet serta berfungsi secara maksimal yaitu untuk melindungi diri dari panas dan hujan.

Di bawah ini adalah 5 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih payung. Simak, ya!

1. Gagang payung  tidak licin

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 4

Gagang payung yang licin membuat tidak nyaman dan tidak aman ketika dipegang. Gagang yang licin seringkali meleset bila dipegang. Untuk itu, ketika ingin membeli payung, pastikan gagang payung tidak terbuat dari bahan yang licin. Bahan yang tidak licin biasanya terbuat dari bahan karet. Gagang payung yang terbuat dari bahan karet cenderung keset, tidak licin jadi nyaman dan aman untuk dipegang.

2. Ukuran dan berat payung

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 5

Ukuran dan berat payung penting sekali untuk diperhatikan. Ukuran dan berat payung harus disesuaikan dengan ukuran postur tubuh kita agar tidak terlihat kekecilan atau kebesaran. Payung yang kekecilan tidak akan melindungi secara maksimal, sedangkan payung yang ukurannya terlalu besar dari postur tubuh akan memberatkan ketika dibawa.

Selain itu, dalam memilih ukuran dan berat payung harus disesuaikan juga dengan kegiatan kita. Payung yang diperlukan untuk bepergian dengan kendaraan umum, maka payung lipat bisa menjadi pilihan. Payung lipat relatif lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana karena bisa dimasukan ke dalam tas.

3. Bahan payung

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 6

Bahan payung juga tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika membeli payung. Pastikan bahan kain payung halus, tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Idealnya, kain payung yang bagus memiliki lapisan anti UV. Bila bahan payung terlalu tebal biasanya kaku dan hal itu akan membuatnya mudah sobek bila sering dibuka dan ditutup.

4. Warna payung

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 7

Sebenarnya memilih warna payung tergantung selera pemakainya. Namun, harus memperhatikan juga adat kebiasaan masyarakat sekitar. Di masyarakat yang menganggap warna pink identik dengan warna perempuan, maka bila lelaki memilih payung berwarna pink, tentu akan mengundang bisik-bisik atau menjadi bahan tertawaan.

Selain itu, bila payung akan difungsikan juga sebagai pelindung dari panas matahari ,maka sebaiknya jangan memilih warna hitam karena warna hitam menyerap panas matahari. Hal ini akan membuat kita malah kepanasan.

5. Rangka payung

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Payung 8

Rangka payung yang tidak kuat akan mudah sekali patah terlebih bila terkena angin. Rangka payung yang bagus adalah yang susunan rangkanya makin ke atas makin besar. Jika susunan rangka payung makin ke atas makin kecil maka kurang kuat bila tertepa angin. Akibatnya payung mudah sekali patah.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan ketika hendak memilih payung agar tidak salah beli. Semoga membantu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti