5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jurusan PGSD

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jurusan PGSD 1

PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) merupakan jurusan yang cocok buat anda yang memang bercita-cita ingin menjadi seorang guru sekolah dasar.

Untuk menjadi seorang guru sekolah dasar pastinya bukan hanya materi pelajaran sekolah dasar yang harus dikuasai tetapi ada banyak hal lagi yang harus dipahami oleh calon guru sekolah dasar.

Nah, untuk mengetahui tentang jurusan PGSD dibawah ini 5 Hal-hal yang anda perlu ketahui Tentang Jurusan PGSD

Belajar Psikologi

Karakter setiap anak berbeda-beda karena mereka memiliki latar belakang yang berbeda inilah alasan mengapa calon guru sekolah dasar harus belajar menguasai psikologi anak.

Dengan belajar psikologi maka seorang calon guru sekolah dasar akan lebih terbantu dalam memahami setiap anak. Dengan mengerti setiap karakter anak yang akan diajari seorang guru akan lebih mudah untuk mendidik mereka.

Bayangkan di dalam kelas terdapat 20 orang siswa dan guru harus bisa menghadapi semua anak dengan baik itulah mengapa seorang mahasiswa PGSD belajar tentang ilmu psikologi anak.

Kreatif

Calon guru sekolah dasar juga harus kreatif. Kreativitas sangat diperlukan oleh seorang calon guru sekolah dasar baik dalam hal mengelola kelas maupun proses dalam pembelajaran.

Hal ini sangat penting ketika mengembangkan pembelajaran seorang guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.

Kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Kreativitas dalam mengelola kelas sehingga setiap anak merasa aman dan tentram ketika suasana berada di dalam kelas.

Selalu Ceria dan Menyenangkan

Tidak hanya pintar, seorang mahasiwa yang ingin menjadi calon guru sekolah dasar juga harus memiliki kepribadian yang ceria dan menyenangkan hal ini akan membuat anak-anak menyukai anda ketika sedang mengajar.

Bayangkan ketika anda mengajari anak sekolah dasar seperti mengajari anak sma dengan kepribadian yang menyeramkan atau jauh dari kata tersenyum bisa jadi semua anak yang anda ajari akan menangis bahkan kabur dari ruang kelas.

Harus Mengetahui Banyak Permainan

Alasan mengapa calon guru sekolah dasar harus mengetahui banyak permainan, karena karakter anak-anak salah satunya adalah senang bermain. Bukan berarti dengan mengetahui banyak permainan maka siswa di sekolah akan lebih banyak bermain.

Anak-anak pada umumnya tidak mau diam sehingga seorang calon guru sekolah dasar harus bisa memanfaatkan keadaan ini dengan baik untuk belajar mengajar.

Calon guru harus  bisa membuat sebuah permainan ketika proses belajar mengajar berlangsung bukan tidak mungkin dengan bermain sambil belajar akan membuat siswa lebih mudah mengerti karena berinteraksi secara langsung dan pastinya pembelajaran akan lebih menyenangkan.

Sabar

Yang terakhir adalah sabar apapun yang terjadi bersabar adalah kunci utamanya. Calon guru sekolah dasar harus memiliki segudang kesabaran ketika menghadapi anak-anak sekolah dasar.

Karna anak sekolah dasar tidak sama seperti anak sma yang paham dan mengerti ketika mengatakan sesuatu kepada mereka. Anak sekolah dasar belum peka secara aktif terhadap hal yang terjadi di sekitarnya sehingga calon guru sekolah dasar harus sabar dalam mendidik dan mengarahkan mereka.

Demikian, 5 hal yang anda harus ketahui tentang jurusan PGSD. Melalui penjelasan di atas anda tentunya sudah mengerti betapa menyenangkan berada di jurusan PGSD. Banyak hal yang akan anda pelajari dan anda pahami tentang dunia anak-anak. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus