5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vaksin Covid-19


5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vaksin Covid-19

Perlu disyukuri pada tahun baru ini mengenai penemuan 19 didunia. Ketika tahun lalu di awal tahun umat manusia mulai disibukan dengan munculnya 19, maka di awal tahun 2021 ini mulai disebarkan di berbagai negara didunia. Bahkan penemuan 19 masih di akhir tahun 2020 dan di beberapa negara seperti Inggris dan Amerika Serikat sudah melakukan vaksinasi.

Munculnya 19 ini ternyata juga menimbulkan berbagai perbincangan warga masyarakat, termasuk berbagai kekhawatiran mengenai efektivitas, keamanan, dan berbagai kekhawatiran lainnya. Berikut ada 5 hal yang sebaiknya anda ketahui mengenai ini.

Mengapa penemuan begitu cepat, sedangkan penyakit berbahaya lainnya tidak?

19 ditemukan dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun, sedangkan penyakit-penyakit lainnya lebih lama atau bahkan tidak ditemukan vaksinnya. 

Perkembangan teknologi menjadi salah satu alasan mengapa 19 ditemukan dengan begitu cepat. Dan untuk penyakit yang lain bisa disebabkan karena memang penyakit itu tidak bisa divaksinasi karena tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, atau juga virus penyebab penyakit tersebut bermutasi dengan begitu cepat yang menyebabkan para ahli kesulitan untuk mendeteksinya.

Apakah memiliki efek samping yang berbahaya?

Hampir semua vaksin memiliki efek samping. Namun efek samping tersebut tidak membahayakan bagi kehidupan manusia. Meski untuk orang-orang tertentu yang memiliki alergi disarankan untuk tidak melakukan vaksinasi. Efek samping tersebut malah menjadi tanda jika sistem kekebalan tubuh merespon setelah adanya vaksin.

Apakah vaksin akan menyebarkan virus sar-Cov-2?

Tujuan dari vaksin adalah untuk mengajari tubuh agar kebal terhadap suatu penyakit. Dan vaksin tidak mengandung virus sar-Cov-2 yang akan menyebarkan . Dan jika ada efek samping seperti demam, maka itu merupakan respons dari sistem kekebalan tubuh kita.

Apakah setelah di vaksin tidak perlu memakai masker dan cuci tangan lagi?

Belum ada jaminan jika setelah divaksinasi maka akan benar-benar kebal dari 19. Jadi panduan kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan panduan kesehatan lainnya masih harus tetap dilakukan sebelum adanya kepastian jika virus ini sudah menghilang.

Apakah vaksin akan mengakhiri 19?

Setiap manusia wajib untuk berusaha, termasuk dalam menyelesaikan masalah ini. Namun semua ketentuan itu milik Tuhan, manusia tidak bisa memastikan. Keberadaan vaksin ini tentu wajib disyukuri, namun persoalan yang akan datang dalam waktu-waktu kedepan tentu tidak bisa dipastikan oleh manusia. Jika vaksin ini bisa menghilangkan , maka itulah yang diharapkan seluruh umat manusia.

Itulah 5 hal mengenai vaksin yang mungkin sebentar lagi juga akan disebarkan di Indonesia. Kita memang harus berharap dan berdoa semoga vaksin ini merupakan jawaban dan solusi dari ini. Dan semoga semuanya akan kembali seperti sedia kala.

Baca Juga

Exit mobile version