5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Akibat Dampak Kekurangan Trombosit


5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Akibat Dampak Kekurangan Trombosit 1

Trombosit merupakan sel darah yang memiliki peran penting dalam pembekuan darah normal. Pada umumnya, jumlah trombosit biasanya digunakan untuk melihat kondisi tubuh seseorang apakah sedang terserang penyakit tertentu atau tidak. Salah satu contoh penyakit yang paling umum yang dapat dilihat melalui jumlah trombosit adalah demam berdarah. Selain penyakit demam berdarah, masih banyak jenis penyakit lainnya yang diakibatkan karena menurunnya jumlah trombosit. Tetapi masih banyak orang – orang yang belum mengetahui akibat dari dampak kekurangan trombosit yang terjadi pada tubuhnya. Karena itu, berikut ini ada 5 dampak kekurangan trombosit yang perlu kamu ketahui.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Akibat Dampak Kekurangan Trombosit 3

1. Tubuh Menjadi Mudah Merasa Lelah

Saat trombosit pada tubuh seseorang mulai menurun, maka dampak kekurangan trombosit yang pertama kali dirasakan adalah tubuhmu akan sangat mudah merasa kelelahan dan cepat lemah. Rasa lelah yang menyerang tubuh akan mengganggu kamu melakukan aktifitasmu dengan maksimal. Tetapi, untuk gejala yang seperti ini memang belum dipastikan bahwa ini merupakan salah satu dampak kekurangan trombosti, karena itu biasanya orang – orang mengatasinya dengan istirahat yang cukup.

2. Munculnya Bintik – bintik Merah Pada Kulit

Selain mudah merasa lelah pada tubuh, dampak kekurangan trombosit lainnya yaitu munculnya bintik – bintik merah pada area kulit tubuh. Bintik – bintik merah ini memang tidak terasa gatal atau perih, tetapi cukup terlihat jelas dan akan sangat mengganggu penampilanmu.

3. Mimisan

Terjadinya pendarahanan juga merupakan salah satu akibat dari dampak kekurangan trombosit. Salah satunya adalah terjadinya Mimisan yang juga merupakan dampak karena kekurangan trombosit. Karena itu, jangan menyepelekan jika kamu sering mengalami mimisan karena akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuhmu

4. Terjadi Pendarahan Pada Area Lambung

Selain terjadinya pendarahan pada area hidung salah satu dampak kekurangan trombosit yang paling berbahaya adalah terjadinya pendarahan pada area lambung. Dan buat kamu yang punya masalah pada lambungmu, maka akan lebih mudah terkena dan terjadinya pendarahan pada lambung yang disertai dengan nyeri pada lambung, rasa mual dan perubahan warna pada feses.

5. Luka Yang Sulit Untuk Sembuh

Karena dampak kekurangan trombosit dapat memicu pendarahan, maka saat kamu sedang terluka, bagian pada area luka yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya malah akan sangat sulit untuk sembuh walaupun sudah diberi obat luka.

Itulah beberapa dampak kekurangan trombosit yang dapat memicu terjadinya pendarahan dan dampak buruk lainnya terhadap kesehatan tubuhmu. Karena itu, selalu tetap menjaga kondisi tubuhmu dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap