5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun


5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 1

Biasanya saat performa smartphone mulai menurun kamu akan langsung berpikir bahwa itu adalah tanda bahwa smartphone kamu mengalami kerusakan dan harus segera dijual karena sudah tidak layak untuk dipakai. Padahal, masih banyak cara untuk mengoptimalkan performa smartphone dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Memang wajar saja, saat menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat performa mulai menurun akibat banyak aplikasi yang digunakan atau bermain game. Karena itu, berikut ini ada 5 hal yang perlu kamu lakukan jika performa smartphone kamu mulai menurun khususnya android. Yuk simak di bawah ini.

1. Mereset Ulang

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 3

Dengan melakukan reset ulang pada smartphone maka dapat mengembalikan seperti semula semua pengaturan secara default layaknya kamu membeli smartphone baru. Selain itu, mereset ulang  juga menghapus semua riwayat penggunaan android selama ini yang telah kamu gunakan. Sebelum melakukan reset, sebaiknya kamu membackup dulu data atau file penting yang ada pada  smartphone kamu karena nantinya semua aplikas, data foto dan seisi yang ada di dalam smartphone kamu akan menghilang.

2. Hapus Beberapa Game Yang Jarang Dimainkan

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 4

Bagi kamu yang suka bermain game tentunya memiliki banyak game dismartphone kamu bukanlah hal yang asing lagi. Menyimpan berbagai macam jenis game dan mungkin tidak semuanya dimainkan adalah hal yang sebaiknya untuk tidak kamu sepelekan. Karena biasanya bagi sebagian orang hal itu akan dibiarkan saja yang ternyata dapat mempengaruhi performa smartphone kamu. Hal ini karena game memiliki banyak file data yang dimana akan memakan banyak penyimpanan memori. Selain itu dengan membuka banyak game, akan menjalankan semua background smartphone kamu yang akan mengurangi performa dari smartphone tersebut.

3. Pindahkan Semua Data Dari Memori Internal ke Memori Eksternal

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 5

Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa jika memindahkan semua data dan aplikasi dari memori internal ke eksternal akan meningkatkan performa dari smartphone itu sendiri. Hal ini karena memori internal lebih banyak digunakan oleh semua aplikasi yang ada dismartphone kamu. Mulai dari cache dan sisa – sisa installan aplikasi dan file – file yang telah kamu hapus masih tersimpan di memori internal sehingga akan memenuhi penyimpanan di ruang internal tersebut dan mempengaruhi performa dari smartphone. Karena itu ada baiknya jika ada beberapa aplikasi, foto, game yang bisa kamu pindahkan ke memori eksternal agar ruang penyimpanan di internal masih tersedia dan membuat performa smartphone kamu sedikit lega.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Smartphone Kamu Saat Mengisi Daya

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 6

Dijaman saat ini tentuya teknologi semakin maju dan canggih sehingga membuat pengguna teknologi semakin nyaman dalam menggunakan teknologi tersebut. Setiap harinya kurang lebih 8 jam penuh akan selalu dihabiskan untuk bermain smartphone dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini entah bermain sosial media, game, browsing internet dan lain sebagainya. Hal itu akan terus dilakukan yang dimana smartphone kamu juga akan semakin rentan mengalami kerusakan.

Apalagi saat dimana smartphone kamu sedang mengisi daya dan kamu masih saja menggunakannya untuk bermain game, atau sekedar bermain sosial media. Hal ini akan berdampak buruk pada performa serta daya tahan baterai smartphone tersebut. Karena itu, biarkan smartphone kamu beristirahat saat mengisi daya layaknya kamu yang butuh waktu untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas penuh seharian.

5. Kurangi Bermain Game atau Aktivitas Berat Yang Memaksa Smartphone Kamu Bekerja Lebih Keras

5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Performa Smartphonemu Mulai Menurun 7

Dengan berjalannya waktu dan membuat teknologi semakin berkembang, tentuya para pengambang game smartphone saat ini sedang bersaing dan memberikan terus inovasi – inovasi terbaru untuk para penggunanya nikmati. Saat ini, game – game yang dihadirkan memiliki spesifikasi serta memiliki tampilan grafis yang luar biasa yang dimana membutuhkan performa yang lebih kuat dari smartphone yang digunakan. Namun bagaimana jika smartphone kita hanya memiliki spesifikasi standar dan terlalu memaksakan bermain game yang memiliki spesifikasi dan standar yang tinggi ?

Hal ini akan berdampak buruk untuk performa smartphone kamu yang terlalu sering dipaksakan atau bermain game tanpa waktu istirahat maka smartphone kamu akan semakin rentan untuk mengalami kerusakan. Karena itu, jangan terlalu memaksakan smartphone kamu jika memang tidak memenuhi syarat dan standar terhadap aplikasi atau game yang tidak mendukung untuk smartphone kamu sendiri.

Itulah ke – 5 hal yang perlu kamu lakukan jika performa smartphone kamu mulai menurun. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus terburu – buru untuk menjualnya dan menggantinya dengan smartphone terbaru. Karena kamu masih bisa melakukan kelima hal diatas tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap