5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Menjadi Bridesmaid di Pernikahan Sahabatmu

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Menjadi Bridesmaid di Pernikahan Sahabatmu 1

Sahabat-sahabat kamu mulai banyak yang menikah dan kamu diminta menjadi bridesmaid? Sebelum meng-iya-kan permintannya, kamu perlu mencari tahu dulu apa yang harus dilakukan oleh seorang bridesmaid untuk calon pengantinnya.

Bridesmaid merupakan pengiring pengantin wanita yang mendampingi dan membantu calon pengantin wanita selama menyiapkan pernikahan hingga acara pernikahan berlangsung. Biasanya, orang-orang yang ditunjuk menjadi bridesmaid ini merupakan orang-orang terdekat calon pengantin, seperti saudara atau sahabat. Bridesmaid ini biasanya akan dipasangkan dengan groomsmen, pendamping pengantin laki-laki. Bridesmaid dan groomsmen ini akan bekerja sama untuk membuat calon pengantin merasa tenang dalam menyiapkan acara pernikahannya.

Untuk mengetahui apa tugas kamu sebagai seorang bridesmaid, kamu dapat bertanya secara langsung kepada calon pengantin terkait dengan jobdesc khusus yang calon pengantin inginkan dari para bridesmaid. Namun, jika calon pengantin tidak memberikan tugas khusus kepada para bridesmaid, maka kamu perlu mencari tahu dulu apa saja tugas bridesmaid supaya kamu tidak bingung nantinya. Berikut merupakan beberapa tugas bridesmaid yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu menyiapkan pernikahan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kamu perlu tahu bahwa menjadi bridesmaid bukan hanya bertugas mendampingi pengantin di hari acara pernikahan saja, melainkan juga ikut membantu calon pengantin menyiapkan acara. Ketika sahabat kamu sudah secara resmi meminta kamu menjadi bridesmaid-nya, kamu dapat mulai menawarkan bantuan untuk menyiapkan acara pernikahan. Ada banyak hal yang dapat kamu bantu sebagai bridesmaid dalam proses persiapan pernikahan, mulai dari fitting baju pengantin, mencari make-up artist, mencari souvenir, menyebar undangan pernikahan, atau persiapan-persiapan lain yang dibutuhkan oleh calon pengantin.

2. Membuat acara bridal shower

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Mengurus persiapan pernikahan akan membuat calon pengantin memiliki lebih banyak hal yang dipikirkan. Agar ketika menjelang hari acara pernikahan calon pengantin menjadi lebih rileks, kamu dapat membuatkan acara pranikah, seperti bridal shower. Bridal shower ini akan membuat calon pengantin menjadi lebih rileks dan tidak gugup menghadapi hari acara pernikahan yang semakin dekat.

3. Mendampingi pengantin saat hari acara pernikahan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tugas utama bridesmaid adalah mendampingi pengantin, terutama pengantin wanita saat hari acara pernikahan. Hal-hal yang perlu kamu lakukan saat mendampingi pengantin pada hari acara pernikahan ini diantaranya, yaitu mengiringi pengantin wanita memasuki gedung pernikahan, mendampingi foto, menjaga barang pengantin, hingga memastikan pengantin tidak kelaparan saat acara berlangsung.

4. Berbaur dengan tamu undangan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat hari acara pernikahan berlangsung, kamu tidak perlu terus-terusan berada di samping pengantin. Kamu dapat membaur dengan tamu undangan dan keluarga atau saudara-saudara pengantin, mengajak mereka mengobrol dan memastikan mereka merasa nyaman di acara pernikahan tersebut. Namun, ketika tiba-tiba pengantin membutuhkan kamu, kamu harus langsung sigap untuk membantu, ya.

5. Memberikan dukungan mental

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain mendampingi pengantin dan memastikan hal-hal yang bersifat teknis berjalan lancar, saat kamu bertugas menjadi bridesmaid kamu juga perlu memberikan dukungan mental kepada pengantin. Saat acara pernikahan berlangusng, kamu harus memastikan bahwa pengantin merasa tenang dan bahagia.

Sekarang, kamu sudah paham bukan tugas-tugas menjadi seorang bridesmaid? Saat kamu diminta menjadi bridesmaid di pernikahan sahabat kamu, lakukan dengan sepenuh hati, ya, agar pengantin merasa tenang dan bahagia melewati serangkaian proses pernikahannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.