5 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan


5 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan 1

Tidak sedikit dari kita yang apabila setelah makan selalu melakukan kegiatan-kegiatan berat sebagai bagian dari rutinitas. Contohnya membersihkan rumah dengan mengepel lantai, ataupun memindahkan barang-barang berukuran besar ke tempat lain dengan alasan kita sudah mendapatkan cukup energi dari makanan untuk bekerja.

Namun sebenarnya ada hal-hal yang harus dihindari dan sebaiknya jangan dilakukan setelah makan. Dilansir dari Brightside, berikut 5 hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

1. Mandi

Sebaiknya hindari langsung mandi setelah makan, karena suhu tubuh kita akan meningkat saat mandi dibandingkan saat kita makan, karena sel-sel dalam tubuh kita mengirimkan lebih banyak darah ke kulit dari biasanya. Hal inilah yang mengganggu proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Sebaiknya kita tunggu setidaknya 30 menit jika ingin membersihkan diri.

2. Minum Teh

Minum teh setelah makan memang memberi kenikmatan dan kesegaran tersendiri. Ditambah lagi jika teh itu manis dan beraroma melati atau teh herbal lainnya, pasti terasa menenangkan. Tapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum teh setelah makan ternyata berbahaya bagi tubuh kita. Teh yang masuk ke tubuh kita setelah makan bisa mengganggu zat besi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika kita ingin meminum teh setelah makan, alangkah baiknya jika kita tunggu minimal satu jam. Atau akan lebih baik lagi jika kita minum air putih biasa terlebih dulu setelah makan sebelum akhirnya kita meminum teh.

3. Tidur

Yang sebaiknya dihindari selanjutnya setelah makan adalah tidur.  Tidur dalam keadaan perut kenyang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti mulas atau sakit perut, dan naiknya asam lambung yang mengakibatkan kita lebih sering bersendawa dengan perut yang terasa tidak nyaman. Selain itu tidur setelah makan siang atau malam dapat meningkatkan resiko terserang stroke. Karena aliran darah dari tubuh ke otak tidak lancar saat kita berbaring dengan perut penuh makanan, sedangkan pencernaan kita masih sibuk mengolah makanan itu sendiri agar bisa diserap tubuh dengan sempurna. Para ahli mengatakan sebaiknya kita tidur tidak kurang dari 2 jam setelah makan.

4. Berolahraga

Makan memang memberi kita tenaga lebih untuk melakukan banyak  pekerjaan, termasuk olahraga. Tapi hal itu bukan berarti kita bisa langsung berolahraga setelah selesai makan. Berolahraga setelah makan dalam keadaan perut penuh dapat menyebabkan cegukan berkepanjangan dan mual. Sementara untuk gejala yang lebih serius, berolahraga setelah makan dapat menyebabkab kejang-kejang dan trauma pada otak. Untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya kita berjalan-jalan santai setelah makan selama lebih kurang 1 atau 2 jam sebelum berolahraga.

5. Merokok

Merokok setelah makan dapat menghambat proses penyerapan vitamin dan mineral, termasuk juga kalsium, vitamin C dan D. Hal ini disebabkan nikotin dan tembakau dalam rokok diserap paksa oleh tubuh kita, dan 2 zat tersebut mengikat zat-zat yang berguna dalam tubuh kita. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita menghentikan kebiasaan merokok, atau kalau memang belum bisa, beri waktu setidaknya 20 menit bagi tubuh kita untuk mencerna makanan tersebut sebelum kita menghisap rokok.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap