5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 11

Ada begitu banyak hewan yang kita tahu diantara mereka tentunya terdapat beberapa jenis hewan yang bisa membawa virus dan bakteri yang ada dalam tubuh mereka. Hewan – hewan tersebut juga dipercaya sebagai sumber penyakit dan harus dihindari jika bertemu atau dekat dengan mereka. Selain itu, hewan – hewan ini juga ternyata bisa kebal akan virus dan bakteri yang ada pada tubuh mereka. Apa saja hewan tersebut ? Yuk simak di bawah ini 5 hewan pembawa virus dan bakteri yang sebaiknya juga kamu hindari dan waspadai.

1. Tikus

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 13

Tikus merupakan salah satu jenis hewan yang paling sering kita temukan di rumah atau tempat – tempat yang memiliki kebersihan tidak terawat atau kotor. Hewan pengerat ini juga dikenal orang sebagai hewan yang sangat jorok dan suka dengan tempat kotor. Karena itu, memang tidak heran bahwa tikus termasuk salah satu hewan pembawa virus dan bakteri karena menyukai tempat – tempat yang tidak higienis atau kotor. Oleh sebab itu, kamu juga harus secara rutin membersihkan lingkungan rumahmu, agar hewan yang satu ini tidak mendatangi rumahmu untuk dijadikan tempat atau sarang baginya.

2. Nyamuk

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 14

Nyamuk adalah hewan kecil yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia. Penyakit tersebut berupa demam berdarah, malaria dan lain sebagainya. Berbagai macam penyakit tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Karena itu, nyamuk juga termasuk salah satu hewan pembawa virus dan bakteri yang sangat mematikan dan bisa menular kemana saja. Sebaiknya kamu juga harus memperhatikan kondisi kebersihan serta kesehatan tubuhmu agar tidak terserang dari hewan yang satu ini.

3. Lalat

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 15

Siapa yang tidak merasa risih jika melihat hewan yang satu ini. Yah, lalat merupakan hewan yang telah diklaim juga membawa berbagai macam virus dan bakteri yang sangat mematikan. Menurut studi yang dilakukan mengatakan bahwa lalat bisa membawa lebih dari 200 virus dan bakteri sekali dia terbang. Selain itu, penyakit – penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan ini seperti penyakit disentri, typoid, kolera, dan diare. Karena itu, segera hindari hewan yang satu ini, dan selalu perhatikan kebersihan lingkunganmu agar lalat tidak datang menghampiri.

4. Kera Liar

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 16

Selain kera liar, masih ada beberapa hewan lain yang bisa membawa penyakit berupa virus dan bakteri pada manusia yaitu semua hewan primata yang diklaim juga bisa menularkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia. Seperti dilansir dari laman Science Daily juga mengatakan bahwa penyakit HIV/AIDS telah dikonfirmasi bisa berasal dari hewan primata gorila sebagai awal mula munculnya penyakit tersebut. Selain itu ada beberapa penyakit lain yang bisa disebabkan oleh kera diantaranya rabies, cacar monyet, tuberculosis, hepatitis dan leptospirosis.

5. Kelelawar

5 Hewan Pembawa Virus dan Bakteri, Hindari Agar Tetap Aman ya 17

Kelelawar juga diklaim sebagai hewan yang bisa membawa banyak virus dan bakteri yang ada di dalam tubuhnya. Salah satu kasus terbaru yang terjadi saat ini adalah infeksi virus Corona (COVID-19), yang di mana hewan tersebut diduga sebagai awal mula dari munculnya virus tersebut. Selain itu, kelelawar juga merupakan hewan dengan pembawa virus rabies, yang bisa mengakibatkan kematian bagi manusia. Di Amerika Serikat sendiri, kelelawar merupakan hewan yang dianggap sebagai hama mematikan karena telah diklaim sebagai penyebab terbesar kematian akibat penyakit rabies.

Itulah ke – 5 hewan pembawa virus dan bakteri yang harus kamu hindari. Jika bertemu dengan hewan – hewan tersebut, ada baiknya kamu menjaga jarak dan selalu perhatikan kebersihan serta kesehatan di lingkunganmu ya. Semoga bermanfaat !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng