5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Siapa yang tidak mengenal ? ikan yang memiliki tubuh licin dan berlendir ini banyak ditemui diberbagai daerah di indonesia. Banyak yanAg memilih untuk dibudidayakan karena ikan tersebut sangat mudah untuk dibudidayakan, bahkan ia tahan pada air yang minim sekalipun.

Selain mudah untuk dipelihara, banyak juga yang mencari untuk dijadikan hidangan makanan. Jadi tidak heran kalau yang sudah panen bisa langsung laku dipasaran dengan harga yang lumayan. Bagi kamu yang berminat untuk membudidayakan , berikut jenis yang harus kamu ketahui.

Lele Lokal

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Lele Lokal merupakan lele yang paling banyak dipelihara oleh para peternak lele, karena daging dari lele lokal sangat enak dan gurih. Untuk seukuran lele yang ukurannya sedang, lele jenis ini terbilang mahal disebabkan oleh pertumbuhannya yang lambat.

Baca juga  Kisah Sukses Petani Ciplukan Dan Manfaat Buah Ciplukan (Ceplukan) Bagi Kesehatan Manusia

Bahkan lele lokal ketika umur 1 tahun, besarnya sebanding dengan lele dombo yang berumur 3 bulan. Meskipun begitu, lele lokal masih banyak dipelihara karena memiliki daging yang enak dan harganya pun terbilang mahal.

 

Lele Dumbo

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Jenis lainnya yang banyak ditemui dipasar adalah Dumbo. Perbedaannya dumbo dengan lele lokal yaitu lele dumbo lebih mudah berkembang biak, dalam pilihan hari saja lele ini bisa tumbuh berkali-kali lipat.

Perawatannya sendiri sangat mudah, kamu bisa memberi makanan apa saja. Lele memang tidak memiliki makanan khusus, bahkan bekas-bekas makanan yang kamu makanpun bisa dijadikan pakan untuk .

Baca juga  Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah

 

Lele Sangkuriang

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Jenis ikan lele selanjutnya yang bisa kamu temukan dengan mudah yaitu Lele Sangkuriang, meskipun pada namanya terdapat legenda ‘Jawa Barat’ namun ikan lele sangkuriang tidak berasal dari jawa barat.

Ikan Lele Sangkuriang bersamaan dengan ikan lele dumbo masuk ke indonesia setelah di ekspor oleh negara Taiwan lalu dikembang biakan di indonesia. Untuk rasanya sendiri, lele sangkuriang masih kalah dengan lele lokal yang memiliki harga cenderung lebih mahal.

 

Lele Python

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Awalnya Lele Dumbo menjadi primadoma bagi para peternak lele, karena ukurannya yang besar serta kembang biak nya yang bisa dibilang cepat. Seiring berjalannya waktu, posisi lele dumbo tergeserkan oleh lele sangkuriang.

Baca juga  Bisnis Ternak Lele yang Mudah & Menguntungkan di Masa Pandemi

Namun kini yang menjadi primadona adalah Lele Phyton yang berasal dari Pandeglang, Banten. Lele Phyton memiliki banyak lemak dibutuhnya, meskipun begitu pergerakannya masih lincah dan cepat.

 

Lele Albino

5 Jenis Ikan Lele Yang Bisa Dibudidayakan

Kata siapa ikan lele hanya bisa untuk dikonsumsi saja? ada lho ikan lele yang bisa dipelihara, yaitu Ikan lele Albino. Ikan lele jenis ini banyak dicari orang untuk dijadikan , jika kamu memutuskan untuk membeli lele albino sebaiknya kamu siapkan kolam yang besar.

Karena lele albino terkenal agresif dan sering loncar keluar akuarium, ia juga dapat berjalan jauh didarat dengan memanfaatkan patil yang ia punya. Ikan lele albino sendiri berasal dari India, Filiphina, Srilanka, dan Malaysia.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R Setiawan