5 Jenis Love Language, Kamu Termasuk yang Mana?

5 Jenis Love Language, Kamu Termasuk yang Mana? 1

Tiap-tiap orang pastilah memiliki cara yang berbeda dalam mengekspresikan rasa cintanya. Ada yang secara terang-terangan mengungkapkan secara lisan tentang perasaannya, ada pula yang mengekspresikan rasa cintanya melalui tindakan. Cara seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain ini disebut dengan love language atau bahasa cinta.

Konsep love language atau bahasa cinta ini dikenalkan oleh Gary Chapman melalui bukunya yang berjudul The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Melalui bukunya tersebut, Chapman banyak membahas tentang komunikasi dalam suatu hubungan yang kemudian membentuk love language.

Ada beragam love language yang mungkin juga sudah sering kita lakukan. Gary Chapman melalui bukunya tersebut membagi love language menjadi 5 jenis, yaitu words of affirmation, quality time, receiving gifts, acts of service, dan physical touch.

1. Words of Affirmation

Words of affirmation merupakan satu dari lima basic love language. Kata-kata yang membangun seperti pujian, kalimat-kalimat positif, dan apresiasi dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara mengekspresikan rasa cinta kamu kepada pasangan kamu. Hal yang perlu diingat bahwa love language words of affirmation ini bukan dimaksudkan untuk merayu pasangan kamu agar kamu mendapatkan sesuatu dari pasangan kamu atau pasangan kamu melakukan sesuatu sesuai yang kamu inginkan. Jadi, kamu tidak boleh memberikan pujian atau apresiasi kepada pasangan kamu dengan maksud tertentu. Words of affirmation ini harus benar-benar murni bahwa kamu mengekspresikan cinta kamu kepada pasangan kamu melalui kalimat-kalimat positif, pujian, atau apresiasi kepada pasangan kamu.

2. Quality Time

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Apakah kamu termasuk orang yang senang menikmati waktu bersama pasangan kamu? Jika iya, ini mungkin dapat menjadi salah satu love language kamu, yaitu quality time. Quality time dapat kamu gunakan sebagai sarana mengekspresikan rasa cinta kamu kepada pasangan kamu atau orang-orang yang kamu cintai. Contohnya, kamu menghabiskan weekend kamu dengan melakukan aktivitas-aktivitas bersama pasangan kamu atau orang-orang yang kamu cintai, dan sebagainya.

Quality time bukan hanya berarti kamu harus selalu bersama dengan pasangan kamu. Quality time berarti kamu melakukan sesuatu bersama dengan pasangan atau orang-orang yang kamu cintai yang membuat kedua pihak saling bahagia. Bukan seberapa lama kamu menghabiskan waktu bersama, tetapi seberapa berkualitas waktu yang kamu habiskan bersama pasangan kamu atau orang-orang yang kamu cintai tersebut.

3. Receiving Gifts

Basic love language yang selanjutnya adalah receiving gifts (menerima hadiah). Tapi menurut aku, love language ini bukan berarti hanya menjadikan kamu seorang yang pasif dalam hubungan, tetapi harus menjadi saling. Saling menerima hadiah antara kamu dan pasangan kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam love language ini ialah bukan hanya tentang kado yang kamu terima atau pasangan kamu terima, melainkan juga tentang makna dari penerimaan atau pemberian hadiah tersebut.

4. Acts of Service

Acts of service merupakan salah satu basic love language yang kini mungkin perlu dipelajari oleh lebih banyak orang. Orang-orang yang memiliki pemikiran yang realistis akan lebih suka dengan love language ini. Mereka tidak terlalu memedulikan tentang kata-kata romantis dari pasangan tetapi lebih suka ketika pasangan melakukan hal-hal yang menunjukkan rasa cintanya, seperti mengirim makan siang ke kantor, ada di sisi kamu 24 jam saat kamu sakit, dan sebagainya.

5. Physical Touch

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Physical touch seperti memegang tangan, merapikan rambut pasangan kamu, berpelukan dengan tulus, dapat menjadi salah satu love language yang dapat mempererat kebersamaan kamu dengan pasangan kamu, loh.

Nah, dari kelima love language tersebut, kamu termasuk yang mana?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh