5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Salah satu cara agar terhindar dari serangan kanker pada leher rahim adalah dengan tidak mengkonsumsi . Sebab tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan, usia, hamil dan melahirkan diusia muda, berat badan berlebihan, dan beberapa faktor yang lain, tapi juga disebabkan oleh makanan.

Itu sebabnya para ahli kesehatan menyarankan agar makanan  disimpan dengan cara yang benar, senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan menghindarimakanan penyebab berikut ini.

1. Makanan yang Mengandung Banyak Lemak

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, seperti makanan cepat saji, gorengan, daging olahan serta yang lain dapat memicu serangan , baik langsung maupun tidak langsung.

Serangan secara langsung disebabkan karena lemak dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang apabila diproduksi dalam jumlah berlebih secara terus menerus dapat membuat leher rahim terpapar dan memicu pertumbuhan sel kanker.

Sedang serangan secara tidak langsung disebabkan karena makanan berlemak menyebabkan berat badan berlebih, sementara obesitas dapat membuat orang malas untuk bergerak. Hal tersebut dapat membuat lemak tertimbun dan menyebabkan penyakit diabetes, sedang penyakit diabetes dapat memicu risiko serangan kanker.

2. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia dan Pestisida

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Salah satu dampak buruk dari pesatnya perkembangan teknologi adalah diproduksinya makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan kimia, seperti pengawet  makanan, pemanis dan pewarna buatan serta bahan kimia lainnya yang terdapat pada banyak jenis makanan, seperti makanan kaleng, sosis, mie instan serta yang lain.

Tidak hanya itu, sayuran dan buah-buahan yang dihasilkan para petani pun tidak luput dari penggunaan bahan kimia, salah satu diantaranya adalah pestisida untuk membasmi dan mengendalikan hama. Padahal, makanan yang mengandung bahan kimia dan pestisida merupakan salah satu jenis .

3. Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Tidak disangsikan lagi bahwa gula merupakan salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika gula dikonsumsi secara berlebihan justru akan berdampak buruk bagi tubuh, salah satu diantaranya dapat menyebabkan .

Untuk itu, pahami seberapa besar kebutuhan tubuh Anda terhadap gula dan pahami pula kadar gula yang terkandung pada makanan yang akan dikonsumsi. Lebih aman lagi jika menghindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi, seperti minuman bersoda, situp, snack dan kue-kue yang berasa manis.

4. Makanan yang Dibakar

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Berbagai jenis makanan yang dibakar, apalagi dibakar sampai menghitam, merupakan salah satu jenis , karena lemak yang terkandung pada makanan tersebut pada saat dibakar akan memproduksi senyawa HPA (Hidrokarbon Polisiklik Aromatik) yang tidak berbeda dengan zat karsinogen yaitu zat pembawa kanker.

Untuk itu hindari memasak makanan dengan cara dibakar atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan yang dibakar agar terhindar dari .

5. Makanan dan Minuman Beralkohol

5 Jenis Makanan yang Jadi Penyebab Serangan Kanker Serviks

Mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko serangan , apalagi jika alkohol tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama ditambah lagi dengan kebiasaan merokok.

Sebab alkohol dan rokok yang dikonsumsi dapat membuat fungsi organ tubuh melemah sehingga sel-sel kanker pada mulut rahim berkembang dengan sangat cepat. Untuk itu hindari makanan dan minuman beralkohol serta jauhi rokok dengan menerapkan pola hidup sehat serta memperbanyak konsumsi air minum.

Demikian beberapa jenis yang harus dihindari agar risiko terkena serangan kanker leher rahim dapat diminimalisir. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan