5 Jenis Ras Anjing Mirip Serigala yang Aman Dipelihara, Salah Satunya Siberian Husky

5 Jenis Ras Anjing Mirip Serigala yang Aman Dipelihara, Salah Satunya Siberian Husky 1

Selama ribuan tahun, keberadaan serigala selalu membuat banyak orang tertarik. Mulai dari cara mengintai, berburu, hingga bersosialisasi bersama kawanan mereka. Maka tidak heran jika cerita rakyat dan legenda yang mengangkat kisah tentang kehidupan serigala.

Namun, serigala tidak boleh dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini karena perilaku serigala yang tidak bisa diprediksi. Selain itu, serigala adalah hewan liar yang memiliki naluri ganas dan bisa menyerang kapan saja. Maka akan sangat berbahaya jika kita memelihara serigala.

Jika masih ingin memelihara serigala kita bisa memilih alternatif lain. Misalnya memelihara anjing yang mirip dengan serigala. Mirip di sini hanya mirip dari segi penampilan saja, tetapi sifat dan nalurinya tidak sama dengan serigala.

Tahukah kalian bahwa serigala adalah nenek moyang dari setiap jenis ras anjing, mulai dari Pudel, Great Dane, hingga Chihuahua?

Hal ini terbukti dari kesamaan genetik antara anjing dan serigala. Maka tidak heran jika anjing memiliki kemiripan fisik dan perilaku seperti serigala.

Hanya saja, perilaku anjing lebih mudah untuk dikendalikan dan dilatih. Berikut ini adalah beberapa ras anjing yang mirip dengan serigala.

1. Saarloos wolfdog

Foto oleh Francesco Bazzani dari Unsplash
Foto oleh Francesco Bazzani dari Unsplash

Memiliki tubuh yang tegap, fitur wajah dan bentuk kepala yang mirip serigala, saarloos wolfdog juga memiliki tenaga dan energi yang tinggi. Jenis anjing ini membutuhkan latihan dan olahraga setiap hari.

Maka jenis anjing ini sangat direkomendasikan untuk orang yang sudah berpengalaman atau orang suka berolahraga. Selain itu, saarloos wolfdog juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga. Hal yang perlu diketahui adalah sama seperti serigala, saarloos wolfdog juga menghindari kontak langsung dengan orang dan lingkungan asing.

2. Samoyed

Foto oleh Alex Russell-Saw dari Unsplash
Foto oleh Alex Russell-Saw dari Unsplash

Bulunya yang tebal dan halus membuat Samoyed terlihat seperti serigala Arktik. Mulai dari bulunya yang putih lebat hingga perawakannya. Samoyed merupakan jenis anjing pekerja yang biasanya digunakan oleh orang Samoyedic di Siberia untuk menarik kereta luncur. 

Warna bulunya yang putih lebat dan wajah yang menggemaskan membuat anjing jenis ini dikira beruang kutub oleh sebagian orang. Namun, tahukah kalian, bahwa ternyata Samoyed adalah jenis anjing favorit Ratu Alexandra? Hal ini membuat popularitas Samoyed mulai tersebar ke seluruh dunia pada akhir tahun 1800-an. 

Samoyed adalah jenis anjing yang cerdas, penyayang, dan suka bersosialisasi. Ekspresi dan senyum samoyed yang menggemaskan membuat jenis anjing ini terlihat sangat menyenangkan jika dijadikan hewan peliharaan. Anjing Samoyed mudah bersosialisasi dan menyukai semua orang, mulai dari keluarga hingga orang asing.

3. German Shepherd

Foto oleh Adam Kontor dari Pexels
Foto oleh Adam Kontor dari Pexels

German Shepherd memiliki tampilan yang sangat mirip dengan serigala. Namun, German Shepherd merupakan jenis anjing yang mudah bersahabat dengan manusia. German Shepherd juga merupakan jenis anjing yang cerdas. Mereka dapat belajar beberapa trik dengan cepat. 

Selain itu German Shepherd juga unggul di bawah tekanan persaingan. Maka tidak heran jika, jenis anjing ini banyak dijadikan sebagai anjing polisi. Anjing polisis memiliki tugas untuk membantu kepolisian dalam mengungkap kasus kriminal. Selain itu, German Shepherd juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga.

4. Siberian Husky

Foto dari kateryna babaieva dari Pexels
Foto dari kateryna babaieva dari Pexels

Pernahkah kalian melihat jenis anjing Siberian Husky? Bagaimana kelihatannya? Sangat mirip dengan serigala kan? Mulai dari, tatapan mata yang tajam, telinga yang tegak, hingga tubuh yang besar dan tegak sangat mirip dengan serigala. 

Namun, Siberian Husky memiliki perilaku yang jauh berbeda dengan serigala. Husky sangat ramah, cepat berteman dengan siapa saja, dan sangat menyenangkan. Hal perlu diingat adalah Husky memiliki energi yang besar jadi anjing ini sangat cocok untuk orang yang suka berolahraga. 

5. Alaskan Malamute

Foto oleh Daniel Tuttle dari Unsplash
Foto oleh Daniel Tuttle dari Unsplash

Alaskan Malamute merupakan bagian dari Husky. Alaskan Malamute sering digunakan sebagai anjing penarik kereta yang mengangkut beban berat dalam jarak jauh. Namun Alaskan Malamute adalah jenis ras anjing yang penyayang. Maka tidak heran jika mereka sering dijuluki sebagai ‘raksasa’ berhati lembut. 

Hal ini karena meski memiliki badan yang besar, Alaskan Malamute memiliki sifat yang lembut. Alaskan Malamute lebih suka berada di dekat pemiliknya dan mereka akan merasa cemas jika berpisah terlalu lama dengan pemiliknya.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.