5 Jenis Tepung yang Banyak Digunakan dalam Olahan Makanan Keseharian

5 Jenis Tepung yang Banyak Digunakan dalam Olahan Makanan Keseharian

Tepung merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk memasak dan dapat diolah menjadi berbagai macam sajian. Tepung memiliki beragam jenis yang dapat digunakan dan menghasilkan makanan yang beragam pula.

Berikut merupakan beberapa jenis tepung yang perlu kamu tahu agar tidak salah ketika akan mengolahnya menjadi suatu sajian.

1. Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan jenis tepung yang paling umum kita temui dan paling banyak digunakan dalam berbagai macam jenis olahan atau hidangan. Tepung terigu ini terbuat dari bahan dasar biji gandum. Tekstur tepung terigu adalah halus dan memiliki elastisitas yang tinggi.

Tepung terigu memiliki warna putih yang sedikit gelap. Tepung terigu biasa digunakan untuk membuat aneka jenis kue, mulai dari cake, donat, pie, cookies, hingga aneka macam jenis gorengan.

Baca juga  Nikmatnya Terasi Indonesia dibanding Negara Lain

2. Tepung Tapioka

Tepung tapioka dikenal juga dengan tepung kanji. Tepung ini terbuat dari bahan dasar pati singkong. Dibandingkan dengan tepung terigu, tepung tapioka ini memiliki warna yang lebih putih bening. Ketika diolah, tepung ini memiliki tekstur yang lebih kental dan lengket.

Oleh karena itu, tepung jenis ini biasa ditambahkan dalam adonan bakso, cilok, cimol, hingga pengental aneka jenis tumisan karena memiliki sifat yang lengket dan mengentalkan.

Baca juga  Apakah Madu Akan Menjadi Busuk Bila Disimpan Terlalu Lama?

3. Tepung Beras

Sesuai dengan namanya, tepung ini terbuat dari bahan dasar beras yang ditumbuk atau digiling hingga menjadi tepung. Tepung beras ini biasa digunakan untuk membuat aneka jenis makanan atau kue tradisional, seperti nagasari, kue serabi, rempeyek, kue mochi, dan sebagainya.

Selain itu, tepung beras juga biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat bihun. Tepung beras ini memiliki warna yang putih bersih dan beraroma harum seperti beras pada umumnya.

Hindari menggunakan tepung beras yang berbau apek dan warnanya sudah tidak putih bersih meskipun tanggal kadaluarsa masih lama. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Baca juga  5 Keunggulan Nasi Merah Dibandingkan Nasi Putih

4. Tepung Ketan

Tepung ketan ini terbuat dari beras jenis ketan yang ditumbuk atau digiling hingga menjadi tepung. Tepung ketan ini memiliki warna yang putih bersih dan memiliki tekstur yang mirip dengan tepung beras biasa.

Bedanya, jika diperhatikan secara detail, tepung ketan terasa lebih berat dan melekat di tangan ketika diraba. Penggunaan tepung ketan pun biasa digunakan untuk membuat kue yang memiliki tekstur yang lebih lengket, seperti onde-onde, klepon, dan sebagainya.

5.  Tepung Jagung

Tepung jagung dikenal juga dengan sebutan tepung maizena. Sesuai dengan namanya, tepung jenis ini terbuat dari saripati jagung yang diolah hingga menjadi tepung.

Tepung jagung ini memiliki fungsi untuk mengentalkan sup ataupun saus. Selain itu, tepung jagung ini juga biasa digunakan pada adonan sponge cake untuk memberikan tekstur yng lebih lembut pada kue.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh