5 Kandungan Berbahaya Dalam Facial Wash Yang Harus Kamu Tahu

5 Kandungan Berbahaya Dalam Facial Wash Yang Harus Kamu Tahu 1

Dalam Kehidupan kamu sehari – hari pastinya kita sering berada di luar melakukan aktifitas. Tentunya tidak terhindar dari namanya debu, polusi udara dan sinar matahari yang langsung mengenai kulit kamu. Hal itu akan membuat kulit kamu menjadi kotor, kusam dan kering, dan yang kamu butuhkan adalah pembersih wajah yang dapat mengatasi hal tersebut. Tahukah kamu bahwa pembersih wajah memilik kandungan yang berbahaya ? Tidak semua pembersih wajah memakai kandungan tersebut, tetapi untuk menghindari hal tersebut inilah 5 kandungan berbahaya dalam facial wash atau pembersih wajah yang harus kamu tahu.

5 Kandungan Berbahaya Dalam Facial Wash Yang Harus Kamu Tahu 3

1. Pewangi

Setiap facial wash memiliki wangi yang berbeda – beda, karena itu kebanyakan orang pasti akan membeli facial wash dengan wangi yang harum tentunya. Kami sarankan untuk hindari hal tersebut, karena itu dapat membuat kulit kamu menjadi iritasi, gatal dan kering. Saat membeli facial wash hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah bacalah kembali kandungan atau bahan – bahan apa saja yang ada di dalam facial wash tersebut. Jika kamu menemukan facial wash yang mengandung bahan “fragrance” itu adalah pewangi. Jadi sebelum membeli produk yang kamu inginkan sebaiknya perhatikan dan bacalah kembali kandungan di dalam facial yang ingin kamu beli.

2. Alkohol

Bahan yang satu ini pasti sering di pakai di tiap produk kecantikan atau facial wash apa pun jenisnya. Tapi tahukah kamu bahwa kandungan alkohol juga sangat berbahaya buat kulitmu ? Alkohol saat di gunakan pada kulit wajah dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah kamu. Tetapi ada efek sampingnya yaitu kulit akan lebih banyak memproduksi sebum. Manfaat sebum sendiri adalah menjaga kelembapan kulit wajah, tapi jika kulit berlebihan memproduksi sebum maka akan terjadi tumpukan dalam pori – pori yang akan menyebabkan bakteri yang berkumpul dan itulah yang menimbulkan namanya jerawat. Karena itu pilihlah dengan teliti lagi produk facial wash yang ingin kamu pakai dengan tidak adanya kandungan alkohol di dalamnya untuk menghindari kulit dan pori – pori mu menjadi tertutup dan iritasi.

3. Coconut Oil

Kebanyakan produk facial wash akan mengandung bahan – bahan seperti butylene glycol, parraffin, propylene glycol, mineral oil, petrolatum, dan pertroleum. Dari bahan – bahan kandungan yang kami sebutkan tadi sebaiknya kamu hindari, sebab itu juga akan membuat kulitmu menjadi iritasi jika tidak cocok dengan kulit wajahmu. Tapi yang harus kamu perhatikan adalah kandungan bahan dengan nama coconut oil. Coconut oil atau yang dikenal dengan minyak kelapa memiliki kandungan lauric acid yang berdampak bisa menyumbat pori – pori kamu pada kulit wajah dan akan menumpuk secara terus – menerus yang akan menyebabkan kotoran sampai minyak berlebih pada permukaan kulit wajahmu, karena itu sebaiknya kamu hindari bahan tersebut.

4. Paraben

Paraben adalah zat yang dapat membuat facial wash menjadi lebih tahan lama atau bisa di bilang adalah bahan pengawet untuk bahan pembersih wajah. Tapi tahukah kamu bahwa bahan yang satu ini adalah yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara, iritasi kulit dan itu akan berdampak waktu yang lama. Jika kamu membaca kandungan yang ada di produk facial wash dan mencari paraben tidak akan tercantum di dalamnya, nama paraben biasa mereka pakai dengan sebutan seperti, butylparaben, methylparaben, ethylparaben, dan propylparaben. Sayangnya paraben ini masih banyak di gunakan dalam produk skin care yang ada.

5. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Jika kamu sedang membersihkan wajah dengan facial wash pasti akan menghasilkan busa kan? Busa tersebut lah yang berasal dari kandungan bahan kimia sodium lauryl sulfate. Bahan ini dapat membersihkan wajah serta mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah karena itu bahan ini sangat berbahaya dan keras untuk kulit wajah. Efek keras dari kandungan bahan ini juga dapat membuat kulit terasa kering sampai menyebabkan iritasi yang cukup serius. Kebanyakan produk yang menggunakan bahan ini adalah sabun cuci tangan, shampoo dan sabun mandi.

Jadi, periksalah sebelum membeli produk facial wash yang ingin kamu pakai, apakah cocok dengan kulitmu atau tidak. Perhatikan kandungan – kandungan di dalam produk tersebut agar kamu bisa terhindar dari masalah – masalah kulit wajah seperti di atas.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng