5 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Bekas Jerawat

5 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Bekas Jerawat 1

Pasti kalian sudah tidak asing dong dengan kata ‘jerawat’. Jerawat seringkali menjadi boomerang bagi anak usia remaja maupun usia 20an keatas. Jadi, apa sih jerawat itu? Jerawat adalah suatu kondisi dimana folikel rambut pada kulit tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati.

Nah, setelah jerawat itu kering, pasti kita akan berurusan dengan masalah bekas jerawat. Bekas jerawat biasanya muncul pada daerah yang mudah terlihat, dimana hal ini cukup mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri.

Untuk menyamarkan bekas jerawat secara cepat dan efektif, pasti kita membutuhkan kandungan yang efektif juga. Apa saja sih kandungan skincare yang ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat? Check this out.

1. Niacinamide

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Niacinamide adalah salah satu jenis vitamin B3 yang cukup populer akhir-akhir ini. Banyak brand kecantikan yang menggunakan niacinamide sebagai bahan utama produk mereka. Niacinamide banyak ditemukan pada produk serum, pelembab, maupun essense.

Niacinamide memiliki banyak manfaat, salah satu manfaatnya adalah menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat. Ini karena niacinamida merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat bisa tersamarkan.

Eit, penggunakan niacinamide tidak bisa secara instan. Hasil penggunakan niacinamide akan terlihat jika kamu rutin menggunakan selama 4 minggu.

Contoh produk dengan kandungan niacinamide yaitu, Wardah Lightening Serum Ampoule dengan 10X Advanced Niacidamide, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum.

2. Retinol

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Retinol adalah bahan aktif dari vitamin A yang digunakan untuk kandungan skincare. Manfaat dari retinol cukup banyak, misalnya mencegah penuaan, menjaga kulit agar tetap terhidrasi, dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Retinol bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat karena retinol bisa meningkatkan kolagen serta produksi sel dalam kulit. Eit, Jangan lupa menggunakan sunscreen atau tabir surya setelah penggunaan retinol, ya. Karena setelah penggunaan retinol, kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Untuk hasilnya sendiri, retinol membutuhkan waktu antara 8-12 minggu dengan penggunaan rutin.

Skincare dengan kandungan retinol, misalnya Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, Erto’s Retinol Serum, Somethinc Level 1% Retinol.

3. Vitamin C

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Vitamin C bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat juga, lho. Itu karena kandungan vitamin C bersifat antiinflamasi, vitamin C juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang diakibatkan oleh jerawat.

Nah, vitamin C membutuhkan waktu antara 2-4 minggu pemakaian agar terlihat hasilnya. Skincare dengan kandungan vitamin C yang dapat kamu coba nih, Wardah C Defense Serum, Sensatia Botanicals Facial C-Serum.

4. Glycolic Acid

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Glycolic acid merupakan salah satu senyawa yang termasuk ke dalam golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Glycolic acid bersifat eksfoliator yang dapat memicu pengelupasan sel kulit mati.

Glycolic Acid bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat juga, lho. Hal itu disebabkan karena glycolic acid dapat memecah sel kulit mati dan mendorong mengelupasan kulit sehingga regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat. Jadi, kulit akan terasa lebih halus dan meratakan bekas luka akibat bekas jerawat.

Skincare yang memiliki kandungan glycolic acid di dalamnya, The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution, Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash.

5. Alpha Arbutin

Sumber : Pinterest 
Sumber : Pinterest 

Alpha arbutin adalah senyawa yang sering ditemukan pada produk kecantikan kulit. Penggunaan alpha arbutin berfungsi untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan menjadikan kulit lebih sehat. Selain itu, skincare dengan kandungan alpha arbutin juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Karena cara kerja alpha arbutin yang dapat menghambat produksi melanin sehingga kulit lebih cerah dan tampak merata.

Jika menggunakan alpha arbutin, hasil pemakaian dapat kalian lihat antara 1-2 bulan, lho.

Contoh skincare dengan kandungan alpha arbutin di dalamnya seperti, The Aubree Brightening Serum Concentrate, Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum, Maharis Skin Care Sublime Serum.

Nah, itulah 5 kandungan yang ada di dalam skincare yang efektif untuk menyamarkan bekas jerawat. Kamu bisa mencoba sesuai jenis kulitmu, ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Safania Elda