tidak hanya dapat dinilai dari nilai IQ yang kamu miliki, di mana orang-orang dengan tingkat tinggi memiliki yang mampu membedakan diri mereka dengan yang lainnya. 

Nah, beberapa sifat di bawah ini seringkali dapat kamu lihat dan temukan pada diri orang-orang dengan tingkat yang tinggi. Yuk, lihat apa saja!

1. Beradaptasi dengan mudah

Ilustrasi kerja sama (pexels.com/Fox)

Orang-orang dengan tingkat yang tinggi cenderung memiliki kepribadian yang fleksibel dan mampu menyesuaikan diri mereka pada berbagai situasi yang tidak terduga.

Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tingkat bergantung pada sebuah kemampuan yang mampu mengubah perilaku seseorang dalam mengatasi lingkungan yang berada di sekitar mereka secara efektif. Selain itu, orang dengan tingkat yang tinggi mampu membuat sebuah perubahan pada lokasi lingkungan tersebut. 

2. Punya rasa penasaran yang tidak terbatas

Ilustrasi pemecahan masalah (pexels.com/Christina Morillo)

Sebuah penelitian berjudul Journal of Individual Differences yang diterbitkan pada tahun 2013 ini menyebutkan bahwa hubungan antara manusia pada masa kanak-kanak dan keterbukaan terhadap pengalaman memiliki dampak yang besar terhadap keingintahuan manusia secara intelektual di masa dewasa.

Selain itu, rasa penasaran yang tidak terbatas dapat membantu kamu dalam mengetahui berbagai informasi baru dari aspek kehidupan masyarakat sehari-hari. Bahkan, kamu dapat menemukan sudut pandang yang berbeda mengenai sebuah permasalahan, lho. 

3. Open minded

Ilustrasi pekerjaan (pexels.com/Moose Photos)

Selain memiliki tingkat penasaran dalam jumlah besar, orang-orang dengan yang tinggi cenderung akan terbuka terhadap berbagai kesempatan dan peluang dalam aspek kehidupannya. Bahkan, orang tersebut akan selalu menemukan ide dan sudut pandang yang baru ketika melakukan sebuah pekerjaan. 

Namun, orang-orang dengan tingkat yang tinggi seringkali akan berhati-hati terhadap pemilihan perspektif dan ide yang akan diaplikasikan pada sebuah permasalahan. 

4. Mampu mengontrol diri

Ilustrasi pekerjaan (pexels.com/mentatdgt)

Dengan tingkat yang tinggi, orang-orang tersebut akan berhasil menghindari melakukan tindakan yang impulsif dengan mempertimbangkan rencana, tujuan, strategi alternatif dan konsekuensi sebelum mereka memulai sebuah pekerjaan.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu area yang terletak di otak bernama anterior prefrontal cortex memiliki peran yang besar dalam membantu menyelesaikan sebuah permasalahan yang sulit sehingga dapat membantu manusia dalam mengontrol diri sebelum melakukan sebuah tindakan. 

5. Mengetahui batasan

Ilustrasi percakapan (pexels.com/Christina Morillo)

Orang-orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi seringkali tidak akan menunjukkan kemampuan mereka dalam mengetahui berbagai macam informasi dalam bentuk tindakan dan berperilaku.  

Sebaliknya, orang-orang tersebut akan mengetahui batasan diri mereka sehingga mampu mendapatkan informasi penting dalam jumlah yang lebih besar dari lingkungan dan orang-orang yang berada di sekitar mereka.

Nah, beberapa kepribadian di atas seringkali dapat kamu temukan dan lihat secara langsung pada orang-orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Wah, keren banget, yah!