5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker


5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 1

Bus sekarang ini banyak menggunakan double decker, apa itu arti double decker? double decker sendiri menurut kamus bahasa inggris berarti  dua tingkat, itu berarti bus menggunakan dua tingkat atau lebih dikenal bus tingkat. Alasan mengapa mereka saat ini lebih memiliki double decker, karena Double Decker memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak ketimbang Bus Single Deck (satu lantai). 

Selain itu, bus SDD juga memiliki pandangan yang lebih luas dan juga lebih banyak mengangkut padat penumpang. Namun kelemahannya ketika berada dijalanan yang banyak pepohonan dan kabel listrik akan sangat terhambat, selain itu bus jenis ini juga kurang cocok pada tempat yang banyak belokan dan menanjak.

Namun di indonesia sendiri keberadaan bus double decker mulai banyak ditemui di berbagai daerah Indonesia, lalu karoseri bus apa saja di Indonesia yang sudah memproduksi double decker ini ?

Adiputro

5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 3

Karoseri  Adi Putro asal Malang ini bisa dikatakan yang pertama membuat bus dengan jenis bus tingkat di Indonesia. Namun akhirnya banyak perusahaan otobus (PO) yang mempergunakan bus tingkat dari Adi Putro untuk armadanya.

New Armada

5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 4  

Karoseri asal Kota Magelang ini bisa dibilang yang memiliki banyak tipe bus double decker. Untuk model terbaru yang dibuat oleh New Armada yaitu Skylander Double Decker.  Skylander ini merupakan penerus dari generasi Evolander. Karoseri New Armada ini bisa dikatakan memiliki bentuk yang unik. Mulai dari tampilan depan dengan lampu utama yang unik dan menarik, kemudian di bagian samping sendiri memiliki desain dengan sudut tajam.

Laksana

5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 5

Laksana memperkenalkan kepada publik produk terbarunya, Legacy SR2 Double Decker, dengan segala kemewahannya, punya desain terbaik dan berkelas, baik dari sisi eksterior maupun interior, serta mempergunakan teknologi canggih.  Beberapa Perusahaan Otobus yang menggunakan bodi double decker dari Laksana ini meliputi Bus Harapan Jaya, Borlindo, Rosalia Indah.

Rahayu Sentosa

5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 6

Rahayu sentosa memperkenalkan produk bus double decker bernama  Jetliner Double Deck.  Ukuran dari bus ini memiliki tinggi 4,15 meter, lebar 2,5 meter dan panjang 13,5 meter. Bodi Jetliner Double Deck yang digunakan Perusahaan Otobus Pelita Paradep, Sumatera Utara.

Nusantara Gemilang

5 Karoseri Bus Indonesia yang Memproduksi Double Decker 7

Karoseri Nusantara Gemilang ini memiliki perbedaan sendiri yakni pada bodi double deckernya memakai sasis yang langka dipergunakan di Indonesia, yakni sasis bermerek MAN. Untuk bodinya sendiri bernama Conqueror Double Decker, yang mirip dengan bus-bus yang ada di Eropa. Ini termasuk bus double decker terkeren di Indonesia buatan karoseri Nusantara Gemilang sesuai dengan namanya yang gemilang, tampilannya pun juga sangat gemilang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap