5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya


5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 1

Memiliki kebiasaan buruk memang bukanlah hal yang mudah untuk dihilangkan. Jika ingin menjadi seseorang yang memiliki kepribadian yang baik, tentunya kita harus segera meninggalkan kebiasaan serta aktivitas yang berbau negatif dan buruk agar hidup kita menjadi lebih baik kedepannya. Karena itu, kita membutuhkan motivasi, dukungan dari orang – orang terdekat kita serta tekad yang kuat untuk merubah semua itu.

Terutama untuk anak – anak yang masih di bawah umur, para orang tua sudah harus mengajarka mereka dengan hal – hal yang positif serta meninggalkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kaerna itu, berikut ini ada 5 kebiasaan buruk yang ternyata bisa membuat anak – anak menjadi pemalas loh. Apa saja ? Yuk simak di bawah ini.

1. Selalu Ketergantungan Bersama Orang Tua

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 3

Memang benar bahwa orang tua harus selalu ada saat anak sedang membutuhkan pertolongan. Tetapi tahukah kamu, jika anak – anak yang terlalu sering bergantung pada orang tua, hal itu merupakan salah satu faktor yang membuat anak bisa menjadi pemalas. Jika sang anak sudah merasa nyaman dan tidak ada beban yang dipikirkan, maka untuk melakukan hal kecil saja sang anak akan malas dan selalu bergantung pada orang tua. Hal ini akan memperburuk sifatnya saat dia dewasa nanti.

2. Semua Keinginan dan Fasilitas Selalu Terpenuhi

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 4

Salah satu faktor kenapa anak bisa menjadi pemalas bukan saja dari anak itu sendiri, melainkan dari orang tua. Misalnya saat anak yang selalu menginginkan sesuatu hal atau fasilitas yang selalu dipenuhi akan membuat anak bisa menjadi malas. Memang tidak salah bahwa memberikan semua fasilitas untuk kebaikan dan masa depan anak yang lebih baik.

Namun jika itu terus dilakukan secara berlebihan, terlebih lagi saat anak sedang beranjak ke usia remaja. Karena dari itu, para orang tua harus mengajarkan mereka apa itu arti kerja keras dan usaha untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Bisa dimulai dari hal yang kecil seperti membersihkan kamar tidur setelah bangun dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang bisa dikerjakan.

3. Memilih Jalan Yang Lebih Praktis Ketimbang Usaha

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 5

Anak – anak pada dasarnya memang memiliki tingkat rasa penasaran yang tinggi serta kreativitas yang cukup banyak. Jika kemampuan mereka tidak diasah dengan benar, maka bisa menyebabkan anak menjadi pemalas. Terlebih lagi di jaman modern saat ini, biasanya orang tua sering melepaskan anak – anak mereka untuk mengeksplor sendiri semua tentang kecanggihan teknologi di jaman saat ini.

Jika mereka sudah menemukan sesuatu yang menyenangkan seperti game online atau sosial media, maka hal itu akan membuat mereka susah fokus untuk belajar. Karena itu, memilih jalan yang praktis dibandingkan melakukan usaha yang membuahkan hasil jerih payah sendiri merupakan hal yang salah untuk anak – anak. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah untuk mendapatkan sesuatu sehingga tidak ada usaha darinya yang membuat dia menjadi mudah dan malas.

4. Kurangnya Rutinitas Kegiatan Anak

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 6

Mengatur rutinitas kegiatan anak secara teratur dan disiplin akan membuat anak menjadi sosok pekerja keras saat beranjak dewasa nanti. Namun, jangan salahkan anak – anak bila mereka sukanya menghabiskan waktu berdiam diri di kamar bermain gadget atau sekedar tiduran bila orang tua mereka sendiri tidak memberikan kegiatan yang membuat mereka lebih produktif lagi dalam belajar. Anak – anak memang perlu dibimbing dan diberi arahan yang jelas untuk melakukan runitias kegiatan yang bisa membantu dia mengembangkan kemampuan serta mandiri dalam melakukan segala sesuatu.

5. Tidak Ada Figur Yang Memberi Contoh

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Pemalas, Jangan Diabaikan ya 7

Anak akan menjadi seperti apa saat dewasa nanti merupakan panutan dari apa yang dia pelajari melalui sosok figur yang selalu memberikan contoh yang baik untuknya. Anak yang rajin, tentunya mereka bisa seperti itu karena didikan dari orang tuanya yang memang pada dasarnya sudah rajin dan memberikan contoh – contoh positif dan baik untuk mereka kedepannya. Karena anak – anak selalu mencontohi apa yang ada disekitar mereka. Karena itu, para orang tua harus selalu memperhatikan dan mengawasi setiap apa yang akan anak pelajari dan contoh dari orang tua itu sendiri.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat anak menjadi pemalas. Memang banyak hal sepele yang secara tidak langsung dan tanpa sadar membuat anak menjadi pemalas. Karena itu, para orang tua harus memahami serta mengawasi selalu agar kedepannay tidak merugikan masa depan sang anak. Semgoa bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap