5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan


5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 1

Saat kamu berurusan dengan uangmu, perhatian pertama yang perlu kamu perhatikan adalah mengenali kondisi keuangan pribadimu. Ketika kamu mencoba percaya dengan keuanganmu, kamu perlu belajar tentang kebiasaan keuangan, setelah itu baru kamu bisa mengontrol keuanganmu. Bukan malah sebaliknya, uang yang mengontrol dirimu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti naiknya gaya hidup dan pemenuhan social life, kamu perlu loh membuat budget sesuai dengan kondisi keuanganmu. Dan aku udah ngerangkum 5 kebiasaan yang perlu kamu kuasai agar keuanganmu berjalan sukses. Let’s get right into it!

1. Track your money

5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 3

Pertama kali yang perlu kamu tahu dan kuasai adalah track your money. Udah sering denger kan? Ini berarti kamu tahu berapa pendapatan kamu dan juga berapa banyak pengeluaranmu. Bener-bener tahu setiap rupiah yang kamu dapat dan keluarkan. Berapa banyak yang kamu habiskan bulan lalu? Berapa banyak yang kamu habiskan saat belanja bulanan? Dan berapa yang bisa kamu simpan?

Memang sedikit berlebihan untuk tahu semua kemana uang kamu pergi. Tapi coba deh pikirkan lagi. Setiap rupiah yang kamu hasilkan itu datang dari kerja keras dan keringatmu loh. Dengan begitu kamu bisa tahu dan sadar kemana saja uang yang kamu belanjakan. Sehingga kamu ngga lupa untuk memberikan perhatian kepada uangmu juga.

2. Hiduplah sesuai dengan yang kamu mampu

5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 4

Pernah denger istilah “Live below your means“? Yap, ini berarti hidup dibawah kemampuanmu. Kenapa dibawahnya? Untuk menguasai keuanganmu, kamu perlu untuk menyimpan sebagian uangmu. Jadi kamu ngga menghabiskan semua uang yang kamu hasilkan. Artinya, kalo yang kamu hasilkan adalah 3 juta rupiah per bulan, kamu ngga bisa hidup dengan menghabiskan 3 juta rupiah untuk biaya hidupmu juga.

Biaya hidupmu harus dibawah dari total pendapatan yang kamu hasilkan. Tujuannya agar ada uang yang bisa kamu sisihkan untuk menghindari gaya hidup dari gaji ke gaji.

3. Buatlah anggaran yang sesuai dan tidak berlebihan

5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 5

Kenapa tidak berlebihan? Agar kamu bisa konsisten menjalankannya. Jangan membuat anggaran yang jelas-jelas kamu ngga bisa untuk menjalankannya. Buatlah aturan yang membuat kamu tetap pada arah yang kamu ingin capai. Tanpa memiliki anggaran yang jelas untuk setiap pos-pos pengeluaran, kamu akan kesulitan untuk mengontrol keuanganmu.

Anggaran membantumu untuk membuat batasan tentang seberapa besar sih yang bisa dan seharusnya kamu keluarkan berdasarkan berapa yang kamu hasilkan. Ada berbagai cara dalam membuat anggaran, yang paling terkenal adalah 50/30/20 rule, the reverse-budgeting method, the zero-based budget dan the cash envelope system. Gaada yang benar dan salah, hanya caranya saja yang berbeda. Jadi kamu mau pakai yang mana?

4. Pay yourself first

5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 6

Kamu perlu membayar dirimu. Bener banget. Artinya kamu mengalokasikan sejumlah uang untuk kamu tabung atau investasikan setiap bulan untuk masa depanmu dan kebebasan finansial, barulah sisanya kamu alokasikan untuk biaya hidupmu. Kebiasaan ini perlu dilakukan untuk kamu yang susah banget nabung.

Jadi kamu sudah tahu seberapa banyak yang ingin kamu alokasikan untuk nabung dan investasi di awal setelah kamu menerima penghasilan. Kebiasaan ini akan membuatmu mendahulukan masa depanmu, dan hanya membelanjakan apa yang tersisa.

5. Jangan membiasakan diri hidup dalam hutang

5 Kebiasaan Keuangan Yang Butuh Kamu Kuasai, Biar Ga Boros Terus-Terusan 7

Dalam kehidupan sehari-hari, pemakaian kartu kredit sudah menjadi hal yang biasa. Tapi hal yang harus kamu hindari adalah, dimana hidup bergantung kepada hutang dan berhutang untuk memenuhi kehidupan. Saat kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak, itu akan menjadi alat yang membantu kamu untuk membangun masa depan keuanganmu. Kalau kamu tidak punya uang di kartu debitmu untuk membayar pembelianmu yang kamu lakukan dengan kredit, maka jangan beli.

Daripada menggunakan kartu kredit untuk membayar sesuatu yang tidak bisa kamu beli sekarang, lebih baik manfaatkan sebagai alat bantumu. Bukan malah menyusahkanmu kedepannya. Saat kamu menggunakan kartu kreditmu, kamu harus membayar sebelum jatuh tempo agar terhindar dari bunga, membangun nilai kredit yang baik serta membangun kebiasaan keuangan yang disiplin.

Jadi kebiasaan mana yang sudah kamu lakukan dan kuasai? Jangan lupa sisihkan waktumu untuk review rutin keuanganmu setiap seminggu sekali. Stay committed to your goals!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap