5 Kegiatan di Danau Situ Gunung, Sukabumi

5 Kegiatan di Danau Situ Gunung, Sukabumi

Situ gunung merupakan tempat wisata alam di Kabupaten Sukabumi. Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, tempat ini menawarkan keindahan alamnya.

Salah satu yang terkenal yaitu Situ Gunung Suspension Bridge  yang dijuluki sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Namun sebelum berdirinya jembatan gantung ini, Situ Gunung terkenal dengan danau buatannya yang cocok untuk berbagai kegiatan. 

Danau Buatan di Situ gunung ini termasuk salah satu daerah konservasi yang harus dijaga dan dilestarikan. Danau ini dikelilingi pepohonan hijau yang lebat sehingga jika cuaca cerah akan memantulkan bayangan nan indah.

Konon, danau ini sudah ada sejak zaman penjajahan dahulu. Suasana asri, jauh dari hiruk pikuk kemacetan di jalan, dan udara yang masih segar membuat situ gunung menjadi objek wisata masyarakat sekitar maupun turis lokal.

Apa aja sih yang bisa dilakuin di danau buatan ini? Berikut Informasinya!

Baca juga  Rekomendasi Wisata Kebun Strawberry di Sawangan, Magelang

1. Camping ceria bersama keluarga atau teman 

Sudah dipastikan, jika kita berkunjung saat weekend akan banyak tenda warna warni yang berdiri di sekitar danau.

Banyak pengunjung menghabiskan waktu akhir pekannya untuk mencharge energi dengan melakukan camping ceria di tempat ini.

Selain mudah di akses, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah lengkap termasuk warung dan toilet umum.

Tidak perlu risau, jika ingin menghabiskan waktu di danau ini. Selain itu, sinyal untuk telepon genggam pun sudah terdeteksi di tempat ini.

Jadi pengunjung dapat membagikan momen bersama sembari camping di tempat ini. 

2. Piknik di Sekitar Danau Buatan

Tidak ingin menginap di danau ini, tapi mau menghabiskan waktu di danau ini, Piknik menjadi pilihannya.

Dalam KBBI, piknik dapat diartikan sebagai bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang – senang dengan membawa bekal dan sebagainya.

Baca juga  Pesona Pulau Pari: Surga Kecil di Dekat Jakarta

Piknik tidak hanya dilakukan oleh keluarga, namun dapat dilakukan untuk bersama teman, atau kerabat yang lainnya. Membawa tikar dan makanan menjadi ciri khas piknik. 

3. Gathering suatu acara

Tempat yang mendukung untuk melakukan aktivitas outdoor membuat tempat ini cocok untuk melakukan gathering acara.

Umumnya kegiatan ini melibatkan banyak orang sehingga membutuhkan perizinan dari pihak pengelola. Selain dapat menjaga kekompakkan team, gathering juga diperlukan untuk merefresh pikiran.

Udara yang masih bersih memang dibutuhkan oleh banyak orang sebelum kembali ke rutinitas yang padat. 

4. Mengelilingi danau buatan menggunakan rakit

Para pengunjung juga dapat menggunakan rakit jika ingin mengelilingi danau buatan. Rakit yang digunakan terbuat dari bambu yang terdapat tempat duduk untuk pengunjung dan dijalankan dengan cara tradisional menggunakan bambu.

Baca juga  Menikmati Keindahan Laut Indonesia

Harga yang terjangkau untuk mencoba menaiki rakit dan mengelilingi danau buatan membuat wahana ini banyak dicoba oleh pengunjung. 

5. Menikmati makanan sederhana dari warung lokal di pinggir danau

Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal. Banyak warung lokal yang menjajakan makanan dan minuman.

Harganya pun masih terjangkau dengan variasi makanan yang beragam. Masyarakat sekitar merasa terbantukan oleh pengunjung dalam segi ekonomi, pengunjung terbantukan oleh masyarakat sekitar dalam hal masalah perut. Hubungan mutualisme yang sangat baik. 

Untuk menuju Danau Situ Gunung, Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena akses kendaraan umum tidak sampai di pintu masuk danau.

Walaupun demikian, masih tersedia jasa ojek pengkolan oleh masyarakat sekitar. Jadi jangan lupaa untuk berlibur ke danau situ gunung yaaa!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Alicha Nurlaili