5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 1

Memasak makanan dengan panci presto sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Berbagai jenis makanan bisa dimasak dengan panci presto, mulai dari daging hingga nasi. Namun, tidak sedikit orang yang masih enggan memakai panci presto dengan berbagai alasan padahal memasak dengan panci presto mempunya banyak manfaatnya, lho

Panci presto adalah sebuah alat memasak yang menggunakan panas dan tekanan uap untuk mematangkan makanan. Uap yang terkunci di dalam panci menyebabkan suhu di dalam panci sangat tinggi yaitu di atas 100 derajat Celcius, maka memasak makanan lebih cepat hingga 70% namun penggunaan energi menjadi lebih kecil hingga 50%.

Untuk menambah wawasan dalam dunia masak memasak, di bawah ini adalah beberapa kelebihan panci presto untuk memasak yang harus kalian tahu. Simak, ya!

1. Memasak lebih cepat

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 3

Proses memasak dengan menggunakan panci presto lebih cepat karena tingginya temperatur di panci presto yang disebabkan oleh uap yang terkunci di dalam panci presto tersebut. Tentu hal ini jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan memasak menggunakan panci biasa karena panci biasa tidak mengunci uap di dalam sehingga temperatur panci tidak setinggi panci presto.

Terkadang kita menghadapi satu situasi yang membutuhkan tersedianya makanan dengan cepat, misalnya nasi. Memasak menggunakan penanak nasi listrik atau dikukus, membutuhkan waktu paling tidak 30 menit. Ini waktu yang tidak sebentar untuk menunggu maka memanfaatkan panci presto untuk memasak nasi bisa menjadi solusi katena memasak nasi dengan panci presto hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja.

2. Menghemat bahan bakar

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 4

Proses memasak menggunakan panci presto yang berlangsung cepat memungkinkan kita menghemat bahan bakar paling tidak 50%. Untuk makanan-makanan tertentu bahkan memungkinkan untuk menghemat bahan bakar lebih dari 50 %.

Memasak daging dengan panci biasa membutuhkan waktu 2 jam sampai daging empuk, sedangkan dengan panci presto cukup 20-30 menit saja. Kemudian, memasak nasi menggunakan pengukus biasa atau penanak nasi listrik membutuhkan waktu paling tidak 30-45 menit, namun bila dimasak menggunakan panci presto waktu bisa dipangkas hingga hanya membutuhkan 10 menit saja untuk mendapatkan nasi yang matang. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan maka bahan bakar yang dibutuhkan juga semakin besar, begitu juga sebaliknya, memasak cepat berarti menghemat bahan bakar. Dengan kemampuannya memasak cepat maka panci presto membuat kita berhemat bahan bakar.

3. Nutrisi terjaga

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 5

Proses memasak yang cepat dan terkuncinya uap di dalam panci membuat vitamin dan zat gizi pada makanan tetap terjaga, tidak banyak hilang ketika proses memasak. Bila memasak dengan cara biasa, vitamin dan zat gizi nasi akan banyak terbuang melalui uang air yang tidak terkunci di dalam panci.

4. Lebih tahan lama

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 6

Dengan panci presto, makanan dimasak pada suhu tinggi yang memungkinan membunuh mikroorganisme seperti bakteri yang berbahaya. Dengan demikian makanan yang dimasak dengan panci presto tidak akan mudah basi, Sebaiknya setelah uap panas hilang, tutup panci presto dibuka agar sisa uap air yang menempel ditutup tidak menetes ke makanan atau makanan segera dipindahkan ke wadah lain.

Untuk nasi, memasaknya menggunakan panci presto menjadi solusi masalah yang kadang dihadapi ketika memasak nasi dengan cara dikukus atau dengan penanak nasi listrik, yaitu nasi menjadi cepat basi bahkan ketika hari belum berganti. Nasi setelah dimasak dengan penanak nasi listrik cepat basi biasanya karena terkena uap air sisa memasak. Uap air sisa memasak sangat disuka bakteri maka nasi menjadi cepat basi. Dengan panci presto, nasi akan lebih tahan lama karena bakteri penyebab basi sudah mati oleh pemanasan yang tinggi ketika proses memasak.

5. Khusus untuk nasi, lebih pulen

5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto 7

Kelebihan ini khusus untuk nasi yang dimasak menggunakan panci presto. Karena menggunakan suhu yang tinggi maka nasi yang dimasak menggunakan panci presto akan lebih pulen dibanding dengan bila dimasak dengan cara biasa. Penampakkannya pun mengkilap dan kenyal. Apabila dimakan hangat akan sangat lebih enak.

Setelah membaca kelebihan-kelebihan dalam menggunakan panci presto untuk memasak makanan, apakah kalian berminat? Sebelum menggunakan, astikan mempelajari cara menggunakan panci presto terlebih dahulu, ya. Selamat memasak!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti