5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya


5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 1

Orang tua adalah sosok orang yang paling dan sangat menyayangi kita dibanding apapun. Mereka telah menyayangi dan merawat kita bahkan sebelum kita lahir. Mereka telah mengajarkan banyak hal baik untuk kita sehingga kita bisa tumbuh menjadi seperti sekarang ini. Namun, yang namanya manusia, terlebih lagi orang tua tetaplah manusia biasa yang terlepas dari kesempurnaan. Mereka pastinya juga akan membuat kesalahan selama merawat kita, dan mungkin kesalahan – kesalahan tersebut masih mereka ingat sampai sekarang. Mungkin terkadang, kesalahan yang mereka buat itu berpengaruh besar terhadap hidupmu, sehingga kamu merasa kecewa terhadap mereka.

Perasaan seperti itu wajar saja terjadi, tetapi kamu perlu tahu bahwa kesalahan orangtua bisa disebabkan oleh alasan tertentu. Jika kamu mau memahami dan mengerti mengapa mereka sampai melakukan kesalahan itu, pastinya kamu akan lebih mudah memaklumi dan memaafkan. Misalnya seperti, 5 kesalahan di bawah ini.

1. Bersikap Tidak Adil Kepadamu dan Saudara – saudaramu

5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 3

Jika kamu memiliki saudara, baik itu kakak maupun adik ada kemungkinan bahwa kamu pernah merasakan perlakuan orang tua kepadamu dan kakak adikmu yang tidak sama atau setara. Mungkin kamu merasa kakak atau adikmu lebih diistimewakan, dibandingkan denganmu. Wajar saja jika kamu akan merasa sedih dan kecewa dengan hal itu. Untuk itu, dari dirimu sendiri perlu adanya kesadaran bahwa mungkin ini bisa saja hanya perasaanmu saja. Tetapi jikalau benar orang tuamu bersikap kurang adil, kamu seharusnya bisa memakluminya. Karena membagi kasih sayang dan perhatian secara adil adalah hal yang sulit.

Coba kamu bayangkan jika kamu sendiri tidak bisa membagi kasih sayang kepada ayah dan ibumu dengan kadar yang sama ? Yang dimana artinya, hal ini terjadi bukan tanpa disengaja. Mungkin mereka ingin bersikap adil tetapi sangat sulit dilakukan. Kamu juga bisa mengukapkannya secara langsung kepada mereka, karena kemungkinan juga mungkin mereka tidak secara sadar telah bersikap tidak adil terhadapmu dan saudara – saudaramu.

2. Tidak Memberikan Kepercayaan Kepadamu

5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 4

Hal yang sering terjadi juga adalah adanya rasa kecewa jika orang tuamu enggan memberikan kepercayaan kepadamu. Disaat kamu meminta izin untuk berpacaran atau pergi bersama teman – temanmu tidak diberikan izin yang dimana usiamu sudah cukup dewasa. Mengapa mereka seperti itu ? Hal ini mungkin karena adanya kesalahan terhadap dirimu sendiri karena kamu nelum bisa membuktikan selama ini kepada orang tuamu bahwa kamu sudah menjadi orang yang cukup dewasa dan bisa bertanggung jawab.

Atau bisa saja memang bawaan dari orang tuamu yang bertipe overprotektif yang dimana kamu tidak bisa melakukan apa – apa. Namun itu bukan berarti mereka tidak sayang kepadamu, justru itu adalah bukti bahwa mereka sangat sayang kepadamu sehingga tidak ingin terjadi apa – apa denganmu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu membicarakan masalah ini dengan baik – baik bersama orang tuamu dan kamu juga harus bisa membuktikan bahwa kamu bisa menjaga diri dan bertanggung jawab dengan semua yang kamu lakukan. Dengan begitu mereka tidak akan ragu memberikan kamu kepercayaan.

3. Memilihkan Jalan Hidup

5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 5

Setiap orang pastinya perlu memilih jalan hidupnya masing – masing. Kita memang ingin menghormati dan patuh kpada orangtua, tetapi pada akhirnya kita juga tetap harus mengurus hidup kita sendiri. Maka, tentu kamu juga akan merasa kecewa jika orang tuamu malah berusaha untuk memilihkan jalan hidupmu. Misalnya seperti mencari jodohmu, jurusan kuliah, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Namun di sini kamu sebenarnya tidak perlu merasa marah karena itu juga adalah bukti bahwa mereka sangat sayang kepadamu. Mereka memikirkan dan memilih hal – hal yang kedepannya bisa membuatmu berhasil dan terbaik tentunya. Namun, tidak salahnya jika kamu ingin memilih jalan hidup sendiri dengan cara memberikan pengertian kepada mereka bahwa kamu ingin menentukan jalan hidupmu sendiri. Jelaskan dengan baik dan jelas kenapa jalan hidupmu berbeda dengan apa yang mereka inginkan dan kenapa itu menjadi pilihan terbaikmu. Dengan begitu, mungkin mereka akan mengerti dan membuka hati untukmu agar kamu bisa menentukan jalan hidupmu sendiri.

4. Mendorong Kamu Berjuang Melebihi Kemampuanmu

5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 6

Setiap orang tua pastinya ingin melihat anaknya hidup bahagia dan sukses. Karena itu, mereka pasti akan mendorong anaknya untuk selalu berusaha meraih kebahagiaan serta kesuksesan tersebut. Namun terkadang, dorongan tersebut justru membuat mereka sampai terlalu keras dan melebihi batas kemampuanmu.

Misalnya, disaat kamu merasa tidak cukup cerdas di bidang akademik, tetapi orang tuamu selalu mendorongmu agar selalu mendapatkan nilai bagus di sekolah ataupun perkuliahan. Bahkan, ada dimana orang tua yang sampai memberikan hukuman kepada anaknya kalau dia tidak bisa mencapai hal tersebut. Disini kamu jangan berpikiran buruk dulu kepada orang tuamu, karena mereka ingin kamu menjadi pekerja keras dan pantang menyerah. Tetapi jika kamu merasa sudah tidak sanggup lagi, kamu bisa berkata jujur kepada mereka dan tentunya mereka pasti akan mengerti dengan keadaaanmu.

5. Jarang Mengungkapkan Perhatian dan Kasih Sayang

5 Kesalahan Orang Tua Yang Harus Kamu Maklumi, Jangan Marah Dulu ya 7

Saat berusaha menjadi anak yang baik dan membanggakan orangtua, siapapun pastinya akan merasa kecewa jika hal tersebut tidak dianggap dan dihargai oleh orang tuanya. Mungkin kamu pernah mengalami hal tersebut yang dimana kamu sudah berusaha sekeras mungkin, namun tidak ada pelukan ataupun ucapan sayang yang keluar dari mulut orang tuamu. Tentu rasa kecewa akan datang menghampirimu, namun coba kamu untuk pahami situasinya.

Ketahuilah bahwa ada beberapa orang yang memang tidak terbiasa mengungkapkan rasa sayang secara verbal maupun fisik kepada anaknya. Hal ini karena karena saat orang tuamu  masih anak – anak, mereka pun tidak pernah mendapatkan hal yang sama dari orangtuanya. Karena itu, walaupun mereka tidak terbiasa melakukan hal tersebut kepadamu, bukan berarti mereka tidak sayang dan perhatian kepadamu. Tetapi tidak ada salahnya juga kalau kamu langsung meminta pelukan dan ungkapan sayang dari orang tuamu agar kedepannya mungkin mereka akan terbiasa melakukannya demi kebahagianmu.

Itulah ke – 5 kesalahan orang tua yang harus kamu maklumi. Bagaimana menurutmu setelah mengetahui kesalah – kesalahan yang tanpa sadar itu bukan karena mereka tidak sayang kepadamu tetapi justru karena mereka sangat sayang kepadamu mereka melakukan hal tersebut. Karena itu mulai sekarang coba pahami dan maklumi kesalahan mereka ya. Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap