5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 1

Bersepeda merupakan kegiatan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tahukah kamu, di beberapa kota di dunia, bersepeda keliling kota bisa menjadi paket wisata yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Kota – kota yang telah mendukung kebersihan lingkungan, bersepeda sudah menjadi pilihan transportasi yang paling nyaman. Hal ini karena alat transportasi ini tidak menghasilkan polusi. Tetapi, beberapa kota lain, kegiatan bersepeda bisa menjadi kegiatan yang sulit dilakukan karena harus berhadapan langsung dengan polusi, serta jalanan yang macet. Karena itu perlu kamu ketahui, ada beberapa kota di dunia yang telah mendukung aktifitas bersepeda ini yang sangat ramah akan lingkungan dan tetap membuat para pengguna sepeda ini tetap nyaman dalam melakukan aktifitas mereka. Kota apa saja ? yuk simak berikut ini.

1. Kota Utrecht, Belanda

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 3

Kota Utrecht merupakan kota yang memiliki infrastruktur kelas dunia khusus untuk pengendara sepeda. Kota ini adalah surganya bagi pengguna sepeda. Utrecht bahkan memiliki tempat parkir sepeda terbesar di dunia. Parkiran sepeda yang menyediakan ruang parkir untuk 12.656 sepeda, termasuk 480 ruang parkir untuk sepeda dengan beragam jenis dan ukuran yang lebih besar seperti sepeda kargo, atau sepeda jenis lainnya.

2. Kota Munster, Jerman

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 4

Kota yang terletak di bagian utara Jerman ini memang di sebut – sebut sebagai kota sepeda karena sudah cukup banyak penduduk yang telah menggunakan transportasi ini. Kota ini juga memiliki banyak bangunan gereja tua sehingga bagi pengguna sepeda di kota ini akan semakin bersemangat bersepeda mengelilingi kota ini karena ditemani dengan pemandangan yang memukau.

3. Kota Antwerp, Belgia

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 5

Kota kecil di Belgia ini termasuk kota yang bisa kamu nikmati kenyamanan untuk pengguna sepeda. Masyarakat di kota ini juga sangat disiplin dalam hal bersepeda. Hal ini karena 95 persen kawasan di kota ini, masyarakat Antwerp melakukan bersepeda dengan kecepatan rata – rata hanya 30 km/jam.

4. Kota Copenhagen, Denmark

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 6

Di kota Cpenhagen ini, sekitar 62 persen warganya memilih menggunakan alat transportasi sepeda daripada kendaraan bermotor sebagai alat transportasinya. Dilaporkan pada tahun 2018,  kota Copenhagen ini memiliki 675 ribu pengguna sepeda. Selain itu, Copenhagen juga memiliki ratusan penyewaan sepeda yang bisa diakses oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang datang berkunjung. Cara penyewaanya juga sudah termasuk cukup mudah yaitu dengan melalui aplikasi yang ada di smartphone.

5. Kota Amsterdam, Belanda

5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda 7

Selain kota Utrecht, kota lainnya di Belanda yang ramah bagi pengguna sepeda adalah kota Amsterdam. Karena lewat pemerintah kota Amsterdam yang semakin berkomitmen untuk membuat kota ini nyaman untuk para pengguna sepeda. Kota ini bahkan berniat untuk menghilangkan 11 ribu area parkir mobil pada tahun 2025  mendatang dan akan menggantinya dengan pohon, jalur sepeda, dan jalur pejalan kaki.

Itulah beberapa kota di dunia yang ramah khusus untuk pengguna sepeda. Hal ini sebenarnya cukup baik untuk lingkungan karena mengurangi polusi yang ada dan dapat manfaatnya karena bersepeda sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng