5 Kuliner Khas Medan Yang Wajib Dicoba, Gak Bakal Nyesel

5 Kuliner Khas Medan Yang Wajib Dicoba, Gak Bakal Nyesel 1

Jika berwisata ke kota Medan, salah satu alasannya pasti karena kulinernya yang enak. Makanan yang cenderung gurih, pedas, dan asin memang sangat disukai oleh warga Indonesia. Nah, disini kami sajikan 5 kuliner khas Medan yang wajib anda coba saat anda berwisata kesana.

1. Soto Medan

gambar soto medan
gambar soto medan

Soto Medan adalah salah satu kuliner enak yang di Kota Medan. Keunikan yang ada pada soto Medan adalah kuah sotonya, kuah sotonya yang kental dan berwarna kuning mengandung bumbu rempah dan santan yang gurih dan manis.

Selain keunikan kuahnya, soto Medan juga sering disajikan bersamaan dengan suwiran ayam atau potongan daging sapi. Soto Medan juga sering menggunakan bahan pelengkap seperti jeruk nipis, cabai rawit, bihun, tauge, potongan telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, dan pastinya tidak akan lengkap jika tidak ada kerupuk.

2. Bika Ambon

gambar bika ambon
gambar bika ambon

Kue manis dan kenyal satu ini merupakan salah satu makanan khas Kota Medan, Sumatera Utara, namanya adalah Bika Ambon. Bika Ambon adalah makanan khas sejenis kue basah yang memiliki ciri khas dengan warnanya yang kuning dan memiliki rongga-rongga dibagian dalamnya.

Selain itu, kue Bika Ambon memiliki cita rasa dan aroma yang khas sehingga membuat kita ketagihan untuk menyantapnya. Bika Ambon sendiri juga sering dijadikan salah satu icon kuliner kebanggaan masyarakat kota Medan.

3. Mie Gomak

gambar mie gomak
gambar mie gomak

Meski mirip dengan mie Aceh, kuliner ini sejatinya memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar dan padat. Karena menggunakan jenis mie lidi, maka dijuluki spaghetti-nya orang Batak, nama kuliner ini adalah mie Gomak.

Salah satu daya tariknya adalah aroma rempah Andaliman, yaitu bumbu masak khas alias mericanya orang Batak. Rempah khas Medan ini berbentuk seperti lada mungil berwarna hijau dengan rasa pedas dan asam. Andaliman pulalah yang menyumbang rasa spesial dan tak akan ditemui di tempat lain.

4. Mie Balap

gambar mie balap
gambar mie balap

Kuliner yang satu ini memang memiliki nama yang sangat unik, yaitu Mie Balap. Dinamakan mie balap karena memang mie ini biasanya dimasak dan dibungkus dalam waktu yang singkat. Mie ini sering dibeli oleh orang-orang yang sibuk dan sedang lapar.

Hal yang khas dari kuliner ini adalah variannya yang banyak, ada mie balap yang menggunakan bihun, mie tiaw, dan mie kuning. Bahkan bisa dicampur ketiganya. Dimasak dengan api yang sangat panas, dan dicampur sayuran seperti sayur kol, wortel, tomat, tauge, dan lain lain. Mie balap akan sangat cocok untuk dimakan di hari sibuk yang dingin

5. Babi Panggang Karo Atau BPK

gambar babi panggang karo
gambar babi panggang karo

Babi Panggang Karo atau yang lebih populer dikenal dengan istilah BPK adalah makanan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang atau dibakar. Kuliner ini adalah masakan khas Suku Karo, sehingga akan banyak ditemukan di berbagai kota yang banyak ditinggali oleh orang Karo, seperti di Medan dan Berastagi.

Yang unik dari masakan ini adalah rasa dan aroma rempah-rempahnya yang meresap sampai ke dagingnya. Dan babi panggang karo juga sering ditemani dengan daun ubi tumbuk yang menambah kenikmatannya. Tidak rugi deh kalau ingin mencoba kuliner satu ini.

Nah, itu dia teman-teman. 5 kuliner khas Medan yang wajib anda coba. Terima kasih sudah membaca 😊☕.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

yukiomc_