5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 1

Kamu sedang berada di solo atau sedang liburan mudik ke solo ? Pastinya kamu tidak lupa untuk mencoba berwisata kuliner dikota solo kan. Kuliner yang berada di kota solo memang selalu dikatakan unik dan bikin ngangenin.

Yang menjadi makanan khas atau simbol kota solo adalah sego liwetnya yang sudah diakui dengan rasanya yang gurih dan enak tentunya. Tetapi ada beberapa makanan lain yang wajib kamu coba saat berada di kota solo, Yuk simak ini dia 5 makanan terenak yang wajib kamu coba di kota solo.

1. Timlo

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 3

Makanan yang satu ini terlihat mirip dengan sup atau soto ayam yang di dalamnya terdapat suwiran daging ayam, wortel, jamur kuping, telur pundang, ati ampela dan sosis. Rasanya yang begitu pedas tapi sedikit manis jika kamu campurkan dengan sambal dan kecap manis. Nikmat rasanya bila kamu makan dengan nasi dan masih panas.

Inilah beberapa tempat yang bisa kamu coba :
1. Timlo Sastro di ujung timur Pasar Gede, kawasan Balong, Purwodiningratan, Jebres, Solo
2. Timlo Maestro di Jalan Ahmad Dahlan no 60, Kebrabon, Banjarsari, Solo
3. RM Timlo Solo di Jalan Urip Sumoharjo no 94, Purwodiningratan, Jebres, Solom

2. Selat Soto

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 4

Selat soto adalah makanan dari perpaduan antara belanda dan jawa. Campuran sayur dan daging ini menjadi satu yang membuat cita rasanya manis dan gurih. Adapun campuran di dalam selat soto ini seperti irisan daging, buncis, wortel yang direbus dan kentang goreng. Ditambah bahan pelengkap seperti daun selada, telur rebus dan saus mustard membuat rasanya semakin tidak ingin berhenti memakannya.

Beberapa rumah makan selat Solo yang enak bisa kamu datangi :
1. Selat Mbak Lies di Serengan RT 03 RW 02, Solo
2. Selat Vien’s di Jalan Hasanudin no 99, Punggawan, Banjarsari, Solo

3. Sate Kere

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 5

Dari namanya saja pasti membuat kamu penasaran kan. Sate yang dulunya tidak bisa di konsumsi oleh kalangan menegah ke bawah ini karena harga daging yang begitu mahal membuat sate kere ini menjadi laris pada jaman itu. Sate yang terbuat dari bahan ampas tahu yang difermentasikan atau tempe gembus ini sangat laris di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau dan tentunya enak. Namun selain bahan ampas tahu dan tempe tadi, kuliner ini juga di hidangkan dengan jeroan sapi dan daging yang di iris menjadi kecil.

Kamu bisa temui sate kere ini di :
1.Sate Kere Yu Rebi di Jalan Kebangkitan Nasional, kios belakang Sriwedari, Laweyan, Solo
2.Sate Kere Mbak Tug atau Yu Ngatmi di Jalan Arifin, 50 meter utara perempatan Widuran, Solo

4. Serabi

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 6

Mendengar kata serabi sudah tidak asing di telinga para pemburu kulineran. Tetapi serabi di kota solo ini sangat khas dan sedikit berbeda dengan serabi yang berada di daerah lain tepatnya di jawa tengah. Serabi solo ini dibuat dari tepung beras dan santan yang dicetak melalui cetakan serabi dari tanah liat dengan bentuk bulat melebar. Yang membuat rasanya juga berbeda yaitu diberi topping santan kental yang membuat rasanya semakin gurih.

Kamu bisa membelu serabi Solo di tempat-tempat yang terkenal seperti :
1. Serabi Notosuman di Jalan Moh Yamin, Serengan, Solo
2.Serabi H Oemar di Jalan Gatot Subroto, Kratonan, Serengan, Solo
3. Atau bisa ditemukan di tepi sepanjang Jalan Slamet Riyadi

5. Tengkleng

5 Kuliner Terenak Yang Wajib Kamu Coba Saat Di Kota Solo 7

Tidak jauh – jauh dari daging kambing lagi yaitu tengkleng. Kuliner satu ini paling wajib kamu cicipi saat berada di kota solo. Makanan yang berkuah bening ini dibuat dari bahan tulang kambing, jeroan dan kepala kambing ini direbus dengan api yang kecil sampai daging dan tulangnya pun terasa empuk jika di makan.

Kamu bisa temui tengkleng berkuah kuning segar ini di :
1. Tengkleng Bu Edi di Taman Parkir Pasar Klewer, kawasan Masjid Agung Surakarta

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng