5 langkah ampuh untuk mengatasi rasa malas


5 langkah ampuh untuk mengatasi rasa malas 1

“Rasa Malas” merupakan hal wajar kiranya yang sering terjadi pada manusia pada umumnya. Rasa malas biasanya muncul karena tidak adanya tujuan (goals) dalam jangka waktu tertentu ataupun kurangnya hal yang harus dilakukan untuk memacu kegiatan tertentu. Selain itu juga banyak sekali faktor penyebab rasa malas, diantaranya adalah rasa bosan, pengaruh lingkungan, penat, banyak pikiran, dan sebagainya.

Upaya untuk mengatasi rasa malas ini, sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab rasa malas itu dan mengakuinya. Jika kamu berusaha untuk mencari cara untuk mengatasi rasa malasmu itu, itu tandanya kamu telah membulatkan tekad untuk mengakhiri roda kemalasan itu. Nah, jika sudah begitu berikut ini cara-cara untuk mengatasi rasa malas yang sangat menarik untuk kamu coba:

  • Menghitung mundur dari 5 sampai 1.

Eh..eh aku nggak bercanda loh, beneran gitu. Cara ini dilakukan saat bangun tidur, yaitu ketika bangun tidur coba kamu mulai menghitung 5,…4,…3,…2,…1. setelah hitungan ke-1 kamu harus bergegas bagun. Lalu ulangi lagi besoknya trik ini.

Kenapa trik ini ampuh?

Karena dengan menghitung mundur kamu akan langsung fokus terhadap apa yang akan dilakukan dan tidak sempat berpikir yang aneh-aneh. Semudah 5,…4,…3,…2,…1. Mulai!

  •  Memahami konsep waktu.

Mari kita pahami terlebih dahulu mengenai pentingnya waktu. Ingat ya kalau watu itu tidak bisa diputar, sekali lagi bahwa waktu itu tidak bisa diputar. Kenapa saya tegaskan lagi karena, waktu itu hal yang paling misteri di muka bumi ini. Tidak ada manusia yang bisa menjamin waktu. 

Ketika seharian kamu hanya bermalas-malasan, kemudian kamu merasa menyesalinya sebelum tidur, maka cobalah untuk merenungkan kembali mengenai waktumu saat ini. cara ini dapat digunakan untuk berhenti sejenak, merenung, dan mencoba memahami diri sendiri (healing) untuk melakukan apa yang akan kamu lakukan setelahnya. coba renungkanlah waku yang tidak terasa ini,

“Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu  pagi hari dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah waktu sehatmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu. (HR Imam Bukhari)

“Hiduplah seakan kamu akan mati esok, dan belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya” (Mahatma Gandhi)

  •  Mengerjakan sesuatu yang paling dekat denganmu.

Dengan mengerjakan sesuatu hal dari yang paling disenangi atau paling dekat denganmu akan menumbuhkan rasa motivasi dan lega setelahnya, sehingga efektivitas kamu akan lebih naik ke tingkat berikutnya dan akan lebih mudah melakukan step selanjutnya. 

Misal nih, saat bangun tidur telah selesai menghitung dari 5 sampai 1, setelah benar-benar siap kamu rapikan terlebih dahulu tempat tidur hingga selimutmu. Lalu mengerjakan hal yang menyenangkan terlebih dahulu barulah melakukan planning harianmu.

  •  Kontrol dan disiplinkan diri sendiri.

Mungkin ini bagian yang sulit yaitu mendisiplinkan diri sendiri. Maksudnya adalah tahu batasan-batasan saat rasa malas itu menguasaimu. 

Kenapa harus begitu? 

Karena jika tidak terkontrol dengan sesuai nantinya akan menghambat pekerjaanmu selanjutnya. Misal nih, jika sudah memulai suatu hal yang dikerjakan maka usahakan selesaikan terlebih dahulu. Jangan tergoda untuk melakukan sesuatu yang menghambat selesainya pekerjaanmu, atau tiba-tiba saja ada notice WhatsApp lalu kamu yang tanpa kontrol malah menghabiskan waktu hingga tak terasa telah menjelang malam dan akhirnya pekerjaanmu tidak selesai padahal masih ada pekerjaan selanjutnya hingga akhirnya tugas-tugasmu jadi menumpuk. 

Cara mendisiplinkan diri bisa menggunakan alarm saat mengerjakan sesuatu agar terkoordinir dengan baik dan tidak crash dengan tugas berikutnya.

  •  Berilah Reward pada dirimu sendiri.

Setelah kamu selesai melakukan hal-hal yang memberatkanmu dengan waktu yang tepat, maka inilah waktunya kamu harus membahagiakan diri sendiri. Hal ini akan memicu diri sendiri supaya termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan selanjutnya. Contohnya, dengan membeli makanan kesukaanmu atau melakukan hal menyenangkan menurutmu, misal main game, nonton film, jalan-jalan, dan sebagainya. 

Eits.. meskipun sedang memberikan reward untuk diri sendiri, jangan kebablasan hingga lupa waktu ya.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang ampuh untuk mengatasi rasa malasmu. apalagi disaat pandemi seperti ini yang mengharuskan kita berada di rumah, pastinya akan membuat kita Mager (malas gerak), padahal disaat tidak melakukan banyak gerak tubuh kita akan secara otomatis pasti merasa bosan dan akhirnya muncullah rasa malas itu dan dan itu sulit dikendalikan jika sudah terbiasa malas.

     Tanda bahwa kamu tidak peduli dengan masa depan adalah menghabiskan hari demi hari tanpa adanya progres, kemudian menyesalinya setiap malam sebelum tidur. namun terus melakukannya tanpa mengubah perilaku tersebut, dan niat untuk berubah hanya tertahan saja. jika kamu lelah, jangan berhenti! ketika kamu lelah dan merasa kurang bersemangat, istirahat saja lalu perlambat prosesnya. tapi kumohon jangan berhenti.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

vionira

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap