5 Langkah Merubah Sketsa Nyata Menjadi Karya Digital Menarik


5 Langkah Merubah Sketsa Nyata Menjadi Karya Digital Menarik 1

Jika kamu seorang seniman yang ingin mengembangkan bakat kamu lebih menarik dan marketeble, kamu bisa mencoba menciptakan sebuah karya seni yang sudah kamu ilustrasikan dari gambar nyata kemudian disulap menjadi karya seni digital yang menarik.

Bagi seorang ilustrator manual, tentunya dengan kecanggihan teknologi digital, mereka akan mudah memperbaiki kesalahan dengan menu undo yang tak ada di proses manual, akan mempermudah langkah menyempurnakan sebuah gambar seni nan apik.

Ilustrasi (Sumber foto : Unplash/NeonBrand)
Ilustrasi (Sumber foto : Unplash/NeonBrand)

Sebuah aplikasi dalam sebuah handphone atau notebook menjadi media menyempurnakan bahkan membuat gambar akan lebih menarik gambar nyata atau aslinya. Lalu bagaimana langkah membuat karya seni digital dari sebuah sktesa nyata :

Sketsa nyata atau manual

Langkah pertama adalah membuat sketsa awal dalam sebuah media kertas, dengan ukuran yang bebas, namun alangkah baiknya dalam kertas HVS yang tebal dan kasar. Buatlah ilustrasi mengenai sebuah potret gambar nyata atau asli dengan atau tanpa diwarnai. 

Memfoto gambar manual

Setelah ilustrasi manual dikertas, kemudian kita memfoto atau menscan sketsa tersebut dengan hp atau kamera. Untuk hasil yang lebih baik, usahakan kamera jelas, tidak blur dengan pecahayaan yang baik serta resolusi kamera besar untuk menghasilkan sketsa yang lebih tajam.

Edit gambar manual atau tracing

Setelah gambar manual sudah terecord di handphone atau kamera, barulah langkah selanjutnya melalukan tracing atau membuka aplikasi baik di handphone atau notebook. Aplikasi banyak pilihan, tergantung kalian pilih yang mana, dan biasanya yang paling mudah dengan aplikasi procreate. Setelah membuka aplikasi yang kamu pilih, barulah saatnya kamu memasukkan foto/hasil scan gambar manualmu. Buatlah layer baru didalamnya dan kemudian kamu bisa melakukan proses tracing (menyusun gambar ulang sesuai dengan sketsa manual) berawal dari garis utama sampai ke gambar detailnya.

Mewarnai

Proses berikutnya dengan melakukan pewarnaan terhadap gambar yang sudah kalian tracing tadi. Setelah proses tracing semua garis gambar manual di aplikasi kamu selesai, barulah kemudian mencoba banyak pilihan warna pada palet dengan warna-warna favorit kamu, maupun mencoba warna baru dan metode pewarnaan yang variatif pada proses ini. Secara bertahap, dan agar lebih memudahkan proses ketimbang pewarnaan secara manual, kamu bisa memilih beberapa opsi mewarnai dengan aplikasi yang berbeda-beda. Ketika proses mewarnai sudah selesai barulah langkah terakhir melakukan finishing dan detailing.

Penyempurnaan 

Setelah proses mewarnai selesai, langkah terakhir adalah penyempurnaan. Langkah Ini menjadi salah satu tahapan terpenting, itu berarti karya seni sebuah ilustrasi tersebut sudah hampir selesai. Di proses ini, kamu bisa menekankan highlight dan shadow serta mempertajam bagian-bagian detail gambar dengan teknik penyempurnaan karya digital. Setelah proses rampung, saatnya kamu bisa melihat hasil dan membandingkan sketsa manual dan versi digital kamu, bagaimana perbedaannya. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap