5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 1

Seringkali kita merasa bingung dengan banyaknya kaleng bekas di rumah, terutama setalah hari raya. Kaleng-kaleng tersebut biasanya bekas kemasan makanan. Pada akhirnya kaleng yang sebenarnya bisa lebih bermanfaat tersebut hanya berakhir di tempat sampah.

Mengingat bumi semakin tua dan semakin dipenuhi oleh sampah, maka kita harus lebih bijak terhadap barang bekas. Daripada dibuang, lebih baik dimanfaatkan agar lebih berguna. Kaleng, termasuk benda yang sangat fleksibel untuk dimanfaatkan kembali. Dengan sedikit sentuhan maka kaleng bekas akan berubah menjadi benda yang lebih cantik dan berguna.

Jam dinding adalah benda yang bisa dibuat dari kaleng bekas. Caranya relatif mudah dan bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit didapat. Jam dinding dari kaleng bekas ini tampak unik dan lucu, lho. Selain untuk dipakai sendiri, jam ini bisa untuk kado atau hadiah, bahkan mungkin bisa dijual. Penasaran, kan? Simak, ya  5 langkah mudah dalam membuatnya di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 3

Sebelum memulai, siapkan dahulu bahan-bahan seperti di bawah ini :

  • Kaleng bekas, pilih kaleng berbentuk lingkaran dan pendek.
  • Kain perca.
  • Lem.
  • Stiker jam. Bisa dibeli di toko online atau mendesain dan mencetak sendiri dengan kertas stiker.
  • Mesin jam yang sudah dilengkapi baterai. Banyak dijual di toko jam dengan harga murah.
  • Bor atau paku untuk melubangi.
  • Hiasan.
  • Kardus tebal.

2. Olesi kaleng dengan lem

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 4

Oleskan lem pada bagian badan kaleng tetapi tidak sampai atas supaya nanti kalengnya tetap bisa ditutup. Setelah itu, rekatkan kain perca secara melingkar. Kain yang akan direkatkan ke bagian bawah kaleng bisa digunting-gunting agar tidak melipat ketika direkatkan. Setelah itu, tutup dengan kain perca berbentuk lingkaran supaya rapi.

3. Tempelkan mesin jam pada tutup kaleng

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 5
  • Guntinglah kardus berbentuk lingkaran untuk mengganjal bagian tutup kaleng yang agak cekung ke dalam agar rata atau datar sehingga memudahkan dalam memasang stiker jam.
  • Tempelkan potongan kardus tersebut pada tutup kaleng lalu tempelkan stiker jam diatasnya. Hati-hati dalam menempel stiker supaya tidak kusut.
  • Lubangi bagian tengah tutup kaleng dengan bor atau paku.
  • Pasang mesin jam di lubang tersebut dengan hati-hati. Perhatikan susunan jarum pendek, jarum panjang, dan jarum detik, jangan sampai salah memasangnya. Supaya tidak salah dalam memasang jarum jam, bisa melihat contoh jam yang sudah ada atau melihat gambar jam di internet.

4. Hias

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 6

Hias bagian atas badan kaleng dengan renda atau pita. Selain agar terlihat cantik, hiasan ini juga untuk menutupi bagian atas kain perca yang merekat pada badan kaleng.

Setelah dihias, pasangkan badan kaleng dengan tutupnya. Untuk hiasannya bisa sesuai selera. Bisa menggunakan bunga-bunga kecil, pita, kain perca yang dipotong, dan lain-lain.

5. Jam siap dipasang

5 Langkah Mudah Membuat Jam Unik dari Kaleng Bekas 7

Jam ini bisa dipasang di meja tamu, meja belajar atau bahkan di dapur. Digantung di dinding pun cocok. Jika ingin digantung di dinding, bagian belakang kaleng harus dilubangi terlebih dahulu dengan paku atau bor.

Demikianlah cara mudah membuat jam dari kelang bekas. Semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti